Â
Materi: sistem PENCERNAAN MAKANAN
Â
INFORMASI UMUM
Â
A. Â IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun           :  Setyo Haryono      Â
Satuan Pendidikan        :  SMAN 1 Tayu
Kelas / Fase               :  XI (Sebelas) / F
Mata Pelajaran            :  Biologi
Tema                     :  Sistem Pencernaan Makanan
Alokasi Waktu            :  2 X 45 menit JP
Tahun Ajaran             :  2024 / 2025
Â
Capaian Pembelajaran FASE F
Elemen
Capaian Pembelajaran
Pemahaman Biologi
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel serta bioproses yang terjadi seperti transpor membran dan pembelahan sel. Peserta didik menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. Peserta didik memahami fungsi enzim dan mengenal proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Selanjutnya peserta didik memiliki kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan sehari-hari dan mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi.
Keterampilan proses
1. Mengamati
Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang diamati.
2. Â Mempertanyakan dan memprediksi
Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.
3. Â Merencanakan dan melakukan penyelidikan
Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya, mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat.
4. Â Memproses, menganalisis data dan informasi
Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi. Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan.
5. Â Mengevaluasi dan refleksi
Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan selanjutnya.
6. Â Mengomunikasikan hasil
Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.
Â
B. Â Â KOMPETENSI AWAL
Pada modul ini akan mempelajari sistem pencernaan yang terjadi pada tubuh manusia, tentunya kalian sudah mempelajari tentang bagaimana zat makanan itu diproses dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembeluh darah. Zat makanan yang kita makan harus dicerna atau dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana Agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Proses pencernaan tersebut berlangsung di dalam saluran pencernaan atau organ-organ pencernaan. Makanan dapat diserap oleh saluran pencernaan makanan dan diedarkan ke seluruh tubuh setelah berbentuk molekul-molekul yang kecil.
Secara umum, pencernaan dibagi menjadi pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanik merupakan proses pencernaan makanan menjadi molekul yang lebih kecil tanpa melibatkan enzim. Contoh pencernaan secara mekanik yaitu gigi yang sedang mengunyah makanan dengan bantuan enzim. Adapun pencernaan secara kimiawi adalah proses pemecahan makanan dengan bantuan enzim. Organ-organ pencernaan terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkong (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus (intestinum), usus besar (kolon), dan anus.
Gangguan sistem pencernaan adalah masalah yang terjadi pada saluran atau organ yang terlibat dalam pencernaan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi hingga naiknya asam lambung. Dalam modul ini akan dipelajari juga bagaimana keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada system pencernaan manusia. Selain dapat mempelajari berbagai kelainan/penyakit dalam kehidupan sehari-hari yang terkait sistem pencernaan manusia termasuk berbagai teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasinya.
Â
C. Â PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bernalar kritis, dan  mandiri.
D. Â SARANA DAN PRASARANA
- Papan tulis/White Board       - Akses Internet        - Referensi lain yang mendukung
- Laptop/Komputer PC          - Lembar kerja         - Infokus/Proyektor/Pointer
Â
E. Â Â TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/umum; tidak ada kesulitan dalam memahami materi ajar.
F. Â Â MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan saitifik, model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL), metode diskusi
KOMPONEN INTI
A. Â TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa dapat menganalisis struktur dan fungsi organ penyusun sistem pemcernaan makanan pada manusia.
Â
B. Â Â PEMAHAMAN BERMAKNA
- Manusia dapat mensyukuri nikmat sehat yang diberikan oleh Allah SWT
- Manusia dapat menjaga organ pencernaan agar selalu sehat
Â
C. Â PERTANYAAN PEMANTIK
- Kenapa kita bisa merasa lapar?
- Apa yang terjadi jika manusia tidak mempunyai gigi untuk mengunyah makanan ?
Guru membandingakan jawaban peserta didik satu dengan jawaban peserta didik lainnya.
Â
D. Â KEGIATAN PEMBELAJARAN
Â
- Pendahuluan (15 menit)
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. (Orientasi)
- Guru meminta ketua kelas memimpin doa.
- Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari dengan beberapa pertanyaan dasar (Apersepsi)
- Guru menampilkan tujuan pembelajaran melalui PPT.
- Guru memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, dan bergotong royong
- Kegiatan Inti (60 menit)
Langkah 1. Stimulus
- Guru bertanya tentang
- Kenapa bisa kita lapar?
- Apa yang terjadi jika manusia tidak mempunyai gigi untuk mengunyah makanan ?
- Guru menyajikan gambar organ organ  pencernaan makanan pada manusia.
- Guru menstimulasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar sistem pencernaan makanan pada manusia yang ditayangkan.
- Apabila peserta didik tidak menemukan masalah yang diharapkan maka guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati tabel yang terdapat pada  LKPD yang kemudian akan dibagikan. Apabila pertanyaan yang diharapkan telah ditemukan oleh peserta didik maka data yang terdapat pada LKPD diharapkan menjadi data penunjang dalam menjawab pertanyaan yang muncul.
Langkah 2. Mengidentifikasi Masalah
- Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 5 orang.
- Guru membagikan LKPD pada peserta didik
- Peserta didik mendiskusikan dengan teman kelompok pertanyaan yang terdapat pada LKPD
- Guru mendampingi peserta didik menyelesaikan permasalahan dan menjawab soal pada LKPDÂ
Langkah 3. Mengumpulkan Data atau Informasi
- Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang valid dan berdiskusi tentang struktur anatomi dan fungsi organ-organ penyusun sistem pencernaan makanan pada manusia.
- Setiap anggota kelompok akan menggambar atau memotong organ pencernaan makanan pada manusia yang akan dibahas
- Siswa berdiskusi dimasing masing kelompoknya yang dirangkaiakan dengan lengkap dengan fungsinya
- Rongga mulut
- Kerongkongan
- Lambung
- Usus halus
- Usus besar
- Rektum dan anus
- Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan dan berbagai informasi yang sudah diperoleh.
- Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Verifikasi atau Membuktikan
- Peserta didik memverifikasi hasil pengumpulan informasi tersebut dengan data atau teori dari berbagai sumber lain.
- Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mengenai struktur anatomi dan fungsi organ-organ penyusun sistem pencernaan makanan pada manusia.
- Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 5. Menarik Kesimpulan atau Generalisasi
- Guru meminta semua peserta didik saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
- Guru memberikan penguatan apabila ada pernyataan peserta didik yang kurang sesuai mengenai sistem pencernaan makanan pada manusia.
- Kegiatan Penutup(15 menit)
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran hari ini
- Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu sistem pencernaan makanan pada manusia.
- Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
- Guru menyampaikan motivasi hidup
- Guru menyampaikan salam penutup dan diakhiri denga doa yang dipimpin oleh ketua kelas.
E. Â Â ASESMEN / PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a) Â Â Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila
Selama proses mengajar berlangsung guru mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif
b) Â Â Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes tertulis
c) Â Â Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek
Penilaian Diri
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jujur, sesuai dengan kemampuan kalian, cara menjawabnya adalah dengan memberikan centang () di kolom yang disediakan.
No
Pertanyaan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Apakah Anda telah mampu mengidentifikasi organ- organ penyusun saluran pencernaan?
2
Apakah Anda telah mampu menjelaskan fungsi organ pada saluran pencernaan?
3
Apakah Anda telah mampu membedakan organ penyusun saluran pencercaan dengan kelenjar pencernaan?
4
Apakah Anda telah mampu mengidentifikasi kelenjar pencernaan?
5
Apakah Anda telah mampu mengidentifikasi enzim dalam system pencernaan?
6
Apakah Anda telah mampu menghubungkan nama enzim, organ pengasl enzim dan fungsi enzim?
Catatan:Â
- Jika ada jawaban "Tidak" maka segera lakukan review pembelajaran.
- Jika semua jawaban "Ya" maka dapat melanjutkan kegiatan pembelajaran berikutnya
F. Â Â PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Remedial
Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target, guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dengan memberikan tugas individu tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan
Pengayaan
Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah diajarkan guru.
- Â
- Program Remedial dan Pengayaan
Sekolah          :                .................................................................
Mata Pelajaran    :                .................................................................
Kelas / Semester   :   ......... / .........
No
Nama Peserta Didik
Rencana Program
Tanggal Pelaksanaan
Hasil
Kesimpulan
Remedial
Pengayaan
Sebelum
Sesudah
1
2
3
4
5
dst
G. Â REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Lembar Refleksi Guru
No
AspekÂ
Refleksi GuruÂ
Jawaban
1
Penguasaan Materi
Apakah saya sudah memahami cukup baik materi dan aktifitas pembelajaran ini?
2
Penyampaian Materi
Apakah materi ini sudah tersampaikan dengan cukup baik kepada peserta didik?
3
Umpan balik
Apakah 100% peserta didik telah mencapai penguasaan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?
Lembar Refleksi Peserta Didik
No
AspekÂ
Refleksi GuruÂ
Jawaban
1
Perasaan dalam belajar
Apa yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
2
Makna
Apakah aktivitas pembelajaran hari ini bermakna dalam kehidupan saya?
3
Penguasaan Materi
Saya dapat menguasai materi pelajaran pada hari ini
a. Baik
b. Cukup
c. kurang
4
Keaktifan
Apakah saya terlibat aktif dan menyumbangkan ide dalam proses pembelajaran hari ini?
5
Gotong Royong
Apakah saya dapat bekerjasama dengan teman 1 kelompok?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H