Berikut contoh modul ajar mata pelajaran Biologi, SMA kelas X, materi Keanekaragaman Hayati.
MODUL AJAR BIOLOGI
 KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP, INTERAKSI, DAN PERANANNYA DI ALAM
A. Â IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun
: Setyo Haryono, S.Pd., M.Pd
Institusi
: SMAN 1 Tayu
Tahun
: 2024
Jenjang Sekolah
: SMA
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Alokasi Waktu
: 12 x @45 Menit
KOMPETENSI AWAL
- Murid telah mempelajari ciri-ciri makhluk hidup.
- Murid telah mempelajari organisasi kehidupan.
- Murid cenderung mengalami miskonsepsi pada keanekaragaman hayati tingkat gen .
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, Â dan kreatif.
SARANA & PRASARANA
Komputer, LCD, Sumber Belajar (KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN
TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA, 2021 Buku Panduan Siswa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA Kelas X Penulis: Ayuk Ratna Puspaningsih, Elizabeth Tjahjadarmawan, Niken Resminingpuri Krisdianti & Internet), Lembar kerja murid
TARGET MURID
- Murid reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Murid dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan project based learning (PjBL) terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi berbasis SEL ( social emotional learning ).
KOMPONEN INTI
TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran pada materi keanekaragam makhluk hidup, interaksi dan peranannya dapat dirumuskan sebagai berikut.
- mengidentifikasi tingkatan keanekaragaman hayati,
- mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia dan peranannya,
- merumuskan upaya pelestarian keanekaragaman hayati,
- mengelompokkan makhluk hidup, dan
- menganalisis interaksi makhluk hidup dalam ekosistemnya
PEMAHAMAN BERMAKNA
- Keberagaman makhluk hidup memiliki peranan penting dalam keseimbangan ekosistem.
- Keanekaragaman hayati adalah keberagaman yang terjadi pada mahkluk hidup yang menunjukkan adanya variasi gen, spesies dan ekosistem pada suatu daerah.
- Keanekaragaman hayati bermanfaat untuk sandang, pangan, papan, obat-obatan, kecantikan, plasma nutfah dan keseimbangan eksositem
- Pengelompokan mahkluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri morfologi, anatomi dan isiologi dari mahkluk hidup.
- Interaksi antar komponen ekosistem secara dinamis akan mempertahankan keseimbangan ekosistem. * Pemanfaatan keanekaragaman hayati dengan bijak adalah salah satu upaya dalam melestarikan keanekaragaman hayati.
PERTANYAAN PEMANTIK
Cobalah Kalian memperhatikan tanaman di taman. Amati bentuk daun, bentuk bunga, warna bunga, bentuk batang tanaman yang Kalian lihat. Apa yang Kalian temukan? Apakah semua tanaman yang Kalian lihat memiliki ciri-ciri yang sama? Mengapa ada keanekaragaman pada tumbuhan?
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
- Guru menyiapkan komputer, speaker, dan sambungkan ke link youtube greetings
- Guru menyiapkan stik karakter
- Guru menyiapkan LKPD
- Guru menyiapkan lembar asesmen
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru menyapa murid  dengan mengucapkan salam pembuka dan mengajak murid berdoa sebelum pelajaran sebagai implementasi nilai religius.
 Guru mengecek kehadiran murid dan menyiapkan kondisi kelas disertai pembiasaan nilai disiplin, agar murid tertib mengikuti proses pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan dengan materi sebelumnya (dalam bentuk pertanyaan)
Memotivasi
 murid diminta mengingat tentang tumbuhan yang ada di taman sekolah atau taman rumahnya.
 menanyakan kepada murid tentang:
a. Apa saja tanaman yang Kalian lihat?
b. Apakah bentuk, daun, bentuk bunga, warna daun dan warna bunganya sama?
3. Ajak murid berpikir bahwa makhluk hidup beranekaragam. Kemudian ajak mereka membayangkan bagaimana jika semua burung seragam, tekankan bahwa keanekaragaman itu indah.
Guru juga menunjukan kepada murid video berikut, Â diawali menonton video misalnya pada link...
Guru mengajak murid berdiskusi dan beropini tentang masalah yang terjadi dalam masyarakat / sekolah (KSE : Pengelolan diri - mengelola emosi dan fokus )
Kegiatan Inti
Guru mengeksplorasi pengetahuan awal murid melalui  pertanyaan tentang "materi keanekaragam makhluk hidup, interaksi dan peranannya "
Saat menjelaskan guru menggunakan banyak gambar atau alat bantu visual. (murid visual )
Guru juga menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan murid secara lisan. (murid auditori )
Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat- tempat berbeda untuk memberikan kesempatan murid bergerak saat mengakses informasi. (murid kinestetik) ( Guru melakukan diferensiasi proses)
Melatih kesadaran diri : Bernafas dengan kesadaran penuh ( KSE : Kesadaran diri -pengenalan emosi )
Guru memberikan penjelasan tentang virus dan peranannya melalui paparan presentasi (KSE : Keterampilan relasi )
Guru membagikan LKPD dan menjelaskan teknis LKPD dalam implementasinya.
Melaksanakan tutor sebaya dalam belajar kelompok (KSE : Kesadaran sosial - keterampilan berempati )
Murid mengerjakan project produk yang akan dibuat secara berkelompok di luar jam pelajaran
Guru meminta murid untuk mendemonstrasikan semua gagasan atau ide, proses, dan hasil project
Murid diperbolehkan memilih cara mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang project. Boleh dalam bentuk PPT, gambar, video, rekaman wawancara maupun performance.
( Guru melakukan diferensiasi produk )
Guru meminta murid untuk mempresentasikan rancangan produk disertai kesulitan dan kemudahannya.
Masing-masing murid dalam kelompok,mengkomunikasikan rancangan produk yang telah dibuatnya.
Murid menyiapkan produk untuk bahan pameran dan presentasi.
Murid berkelompok mempresentasikan produk yang telah dibuat.
Murid secara berkelompok melakukan perbaikan produk yang telah dibuat berdasarkan masukan yang membangun dari kelompok lain.
Sebagai Produk pembelajaran, murid membuat produk tentang Laporan Proyek.
Guru menekankan kembali proses desain rekayasa dalam proyek yang akan dibuat murid.
Murid dapat mengirimkan hasil karya mereka dalam bentuk PPT/gambar/video/pesan suara/ yang dikirim melalui google classroom/ google kelas.
Memberikan fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang disukainya terlebih dahulu dan memberi kesempatan waktu memperbaiki tugas ( KSE : Pengelolan diri - mengelola emosi dan fokus )
Penutup
Refleksi hasil kegiatan pembelajaran Memberikan kesempatan pada murid untuk merefleksi proses Pembelajaran yang sudah diikuti (apa yang disukai/mudah/ menantang/ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan Pembelajaran berikutnya dengan mengisi lembar refleksi setelah melakukan pembelajaran sesuai petunjuknya pada link....
Menginformasikan kegiatan pembelajaran berikutnya
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI