Mohon tunggu...
Setyo Haryono
Setyo Haryono Mohon Tunggu... Guru - Guru / Kepala Sekolah

Saya berfprofesi sebagai pendidik atau guru, dan sejak tahun 2023 saya memperoleh tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah di jenjang pendidikan SMA. Hobi bidang seni. Menulis karya sastra, artikel ilmiah menjadi hal menarik untuk saya. Namun kepercayaan diri yang kurang terhadap karya tulis saya tersebut membuat saya jarang mempublikasikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar Biologi SMA (Diferensiasi bermuatan KSE)

31 Oktober 2024   16:20 Diperbarui: 11 November 2024   10:16 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berikut contoh modul ajar mata pelajaran Biologi, SMA kelas X, materi Keanekaragaman Hayati.

MODUL AJAR BIOLOGI

 KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP, INTERAKSI, DAN PERANANNYA DI ALAM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun

: Setyo Haryono, S.Pd., M.Pd

Institusi

: SMAN 1 Tayu

Tahun

: 2024

Jenjang Sekolah

: SMA

Kelas/Semester

: X/Ganjil

Alokasi Waktu

: 12 x @45 Menit

KOMPETENSI AWAL

  • Murid telah mempelajari ciri-ciri makhluk hidup.
  • Murid telah mempelajari organisasi kehidupan.
  • Murid cenderung mengalami miskonsepsi pada keanekaragaman hayati tingkat gen .

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri,  dan kreatif.

SARANA & PRASARANA

Komputer, LCD, Sumber Belajar (KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN

TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA, 2021 Buku Panduan Siswa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA Kelas X Penulis: Ayuk Ratna Puspaningsih, Elizabeth Tjahjadarmawan, Niken Resminingpuri Krisdianti & Internet), Lembar kerja murid

TARGET MURID

  • Murid reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Murid dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.

MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan project based learning (PjBL) terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi berbasis SEL ( social emotional learning ).

KOMPONEN INTI

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan pembelajaran pada materi keanekaragam makhluk hidup, interaksi dan peranannya dapat dirumuskan sebagai berikut.

  • mengidentifikasi tingkatan keanekaragaman hayati,
  • mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia dan peranannya,
  • merumuskan upaya pelestarian keanekaragaman hayati,
  • mengelompokkan makhluk hidup, dan
  • menganalisis interaksi makhluk hidup dalam ekosistemnya

PEMAHAMAN BERMAKNA

  • Keberagaman makhluk hidup memiliki peranan penting dalam keseimbangan ekosistem.
  • Keanekaragaman hayati adalah keberagaman yang terjadi pada mahkluk hidup yang menunjukkan adanya variasi gen, spesies dan ekosistem pada suatu daerah.
  • Keanekaragaman hayati bermanfaat untuk sandang, pangan, papan, obat-obatan, kecantikan, plasma nutfah dan keseimbangan eksositem
  • Pengelompokan mahkluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri morfologi, anatomi dan isiologi dari mahkluk hidup.
  • Interaksi antar komponen ekosistem secara dinamis akan mempertahankan keseimbangan ekosistem. * Pemanfaatan keanekaragaman hayati dengan bijak adalah salah satu upaya dalam melestarikan keanekaragaman hayati.

PERTANYAAN PEMANTIK

Cobalah Kalian memperhatikan tanaman di taman. Amati bentuk daun, bentuk bunga, warna bunga, bentuk batang tanaman yang Kalian lihat. Apa yang Kalian temukan? Apakah semua tanaman yang Kalian lihat memiliki ciri-ciri yang sama? Mengapa ada keanekaragaman pada tumbuhan?

PERSIAPAN PEMBELAJARAN

  • Guru menyiapkan komputer, speaker, dan sambungkan ke link youtube greetings
  • Guru menyiapkan stik karakter
  • Guru menyiapkan LKPD
  • Guru menyiapkan lembar asesmen

    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Guru menyapa murid  dengan mengucapkan salam pembuka dan mengajak murid berdoa sebelum pelajaran sebagai implementasi nilai religius.

  Guru mengecek kehadiran murid dan menyiapkan kondisi kelas disertai pembiasaan nilai disiplin, agar murid tertib mengikuti proses pembelajaran

Apersepsi

Mengaitkan dengan materi sebelumnya (dalam bentuk pertanyaan)

Memotivasi

 murid diminta mengingat tentang tumbuhan yang ada di taman sekolah atau taman rumahnya.

 menanyakan kepada murid tentang:

a. Apa saja tanaman yang Kalian lihat?

b. Apakah bentuk, daun, bentuk bunga, warna daun dan warna bunganya sama?

3. Ajak murid berpikir bahwa makhluk hidup beranekaragam. Kemudian ajak mereka membayangkan bagaimana jika semua burung seragam, tekankan bahwa keanekaragaman itu indah.

Guru juga menunjukan kepada murid video berikut,  diawali menonton video misalnya pada link...

Guru mengajak murid berdiskusi dan beropini tentang masalah yang terjadi dalam masyarakat / sekolah (KSE : Pengelolan diri - mengelola emosi dan fokus )

Kegiatan Inti

Guru mengeksplorasi pengetahuan awal murid melalui  pertanyaan tentang "materi keanekaragam makhluk hidup, interaksi dan peranannya "

Saat menjelaskan guru menggunakan banyak gambar atau alat bantu visual. (murid visual )

Guru juga menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan murid secara lisan. (murid auditori )

Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat- tempat berbeda untuk memberikan kesempatan murid bergerak saat mengakses informasi. (murid kinestetik) ( Guru melakukan diferensiasi proses)

Melatih kesadaran diri : Bernafas dengan kesadaran penuh ( KSE : Kesadaran diri -pengenalan emosi )

Guru memberikan penjelasan tentang virus dan peranannya melalui paparan presentasi (KSE : Keterampilan relasi )

Guru membagikan LKPD dan menjelaskan teknis LKPD dalam implementasinya.

Melaksanakan tutor sebaya dalam belajar kelompok (KSE : Kesadaran sosial - keterampilan berempati )

Murid mengerjakan project produk yang akan dibuat secara berkelompok di luar jam pelajaran

Guru meminta murid untuk mendemonstrasikan semua gagasan atau ide, proses, dan hasil project

Murid diperbolehkan memilih cara mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang project. Boleh dalam bentuk PPT, gambar, video, rekaman wawancara maupun performance.

( Guru melakukan diferensiasi produk )

Guru meminta murid untuk mempresentasikan rancangan produk disertai kesulitan dan kemudahannya.

Masing-masing murid dalam kelompok,mengkomunikasikan rancangan produk yang telah dibuatnya.

Murid menyiapkan produk untuk bahan pameran dan presentasi.

Murid berkelompok mempresentasikan produk yang telah dibuat.

Murid secara berkelompok melakukan perbaikan produk yang telah dibuat berdasarkan masukan yang membangun dari kelompok lain.

Sebagai Produk pembelajaran, murid membuat produk tentang Laporan Proyek.

Guru menekankan kembali proses desain rekayasa dalam proyek yang akan dibuat murid.

Murid dapat mengirimkan hasil karya mereka dalam bentuk PPT/gambar/video/pesan suara/ yang dikirim melalui google classroom/ google kelas.

Memberikan fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang disukainya terlebih dahulu dan memberi kesempatan waktu memperbaiki tugas ( KSE : Pengelolan diri - mengelola emosi dan fokus )

Penutup

Refleksi hasil kegiatan pembelajaran Memberikan kesempatan pada murid untuk merefleksi proses Pembelajaran yang sudah diikuti (apa yang disukai/mudah/ menantang/ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan Pembelajaran berikutnya dengan mengisi lembar refleksi setelah melakukan pembelajaran sesuai petunjuknya pada link....

Menginformasikan kegiatan pembelajaran berikutnya

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun