Mohon tunggu...
Septya Mutiara
Septya Mutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Psikologi, Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apakah Siswa Sudah Memiliki Motivasi Belajar?

3 Januari 2022   17:00 Diperbarui: 3 Januari 2022   17:09 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Oleh

Azahra Khaerunnisa, Septya Mutiara dan Laila Meiliyandrie Indah Wardani

Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana

“Setiap manusia memiliki kemampuan yang unik dalam dirinya. Kemampuan tersebut akan dieksplor dengan baik jika timbul motivasi dalam diri siswa. Motivasi belajar ini lah yang akan mendorong siswa untuk meraih prestasi dan hasil belajar yang terbaik”

-Abraham Maslow

Pentingnya Sebuah Motivasi Belajar  

Motivasi belajar merupakan salah sau faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang pelajar dalam menempuh pendidikan. Dalam setiap aktivitasnya siswa memiliki tujuan, yang mana tujuan itulah yang nantinya akan menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar. Siswa juga akan menggunakan segala hal untuk mengupayakan tercapainya impian dari siswa tersebut. 

Namun, jika seorang anak tidak mempunyai suatu motivasi belajar dalam hidupnya, maka akan sangat jelas bahwasanya anak tersebut tidak akan melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan belajar, akibatnya guru juga tidak akan mendapatkan keberhasilan dalam mendidik siswa juga tidak menjamin keberhasilan belajar siswanya. Hakikatnya, motivasi belajar ini akan membuat siswa untuk giat dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal. 

Siswa yang dalam hidupnya memiliki motivasi belajar yang tinggi, maka tingkat keberhasilannya pun juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki motivasi belajar. Dalam memberikan sebuah motivasi kepada siswa harus sangat diperhatikan karena jika terjadi kesalahan dalam menyalurkan motivasi belajar, maka akan berdampak negatif bagi pembelajaran yang kurang maksimal (Saptono, 2016).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun