Mohon tunggu...
Septia Nurkhalisa
Septia Nurkhalisa Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA SMPN 2 Karangtengah Demak

i'm learner teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Telaah Modul Rancangan Pembelajaran berdasarkan Prinsip Understanding by Design

30 Agustus 2024   23:08 Diperbarui: 30 Agustus 2024   23:18 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berikut ini adalah hasil telaah modul ajar yang saya buat berdasarkan prinsip understanding by design

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu memahami langkah-langkah melakukan praktikum sesuai instruksi

Peserta didik mampu mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat dan desimal

Peserta didik mampu menarik simpulan dari tujuan melakukan kegiatan praktikum

Profil Pelajar Pancasila

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

Bergotong royong

Mandiri

Bernalar kritis

Sarana Prasarana

Ruang kelas/laboratorium dengan pengaturan tempat duduk berkelompok

Papan tulis

Media Teka teki silang gelommbang bunyi

Lembar kerja peserta didik

Alat tulis

Target Peserta Didik

Peserta didik regular/tipikal umum, tidak ada kesulitan dalam memahami materi ajar

Peserta didik dengan pencapaian tinggi yang mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

Model Pembelajaran

Pembelajaran kooperatif

Team Games Tournament (TGT)

KOMPETENSI INTI

Tujuan Pembelajaran

Menghitung cepat rambat gelombang

Mendeskripsikan penerapan gelombang bunyi pada makhluk hidup

Asesmen

Formatif

melakukan aktivitas tertulis pada lembar kerja peserta didik

Sumatif

peserta didik melakukan penyelidikan melalui kegiatan praktikum

Pemahaman Bermakna

Peserta didik menerapkan konsep getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik mengidentifikasi penerapan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari

Pertanyaan Pemantik

Bagaimana kita bisa mendengar?

Apakah hewan di dalam laut dapat mendengar bunyi?

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Mengucap salam, berdoa, mengecek kehadiran, dan menyapa peserta didik

Mengingatkan peserta didik untuk menjaga kebersihan, membuang sampah sesuai jenisnya

Menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi untuk belajar

Inti

Peserta didik mengingat kegiatan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya

Peserta didik diberikan pertanyaan mengenai gelombang dan penerapannya dalam proses merambatnya bunyi

Peserta didik berdiskusi untuk mencari tahu mengenai jenis-jenis bunyi dan penerapannya dalam kehidupan

Peserta didik melakukan turnamen mengerjakan teka teki silang gelombang bunyi

Peserta didik menyampaikan diberikan penghargaan

Penutup

Peserta didik bersama guru merefleksi kesimpulan kegiatan hari ini. Antara lain:

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? (membuat kesimpulan)

Adakah yang belum kalian pahami pelajaran hari ini? (mengkomunikasikan)

Apa manfaat yang kalian dapat dari pembelajaran hari ini?

Guru memberikan umpan balik dengan peserta didik melakukan analisis kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (umpan balik)

Guru menyampaikan sekilas rencana pertemuan selanjutnya. (Rencana Tindak Lanjut

Guru menutup pembelajaran dengan salam penutup

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun