Berikut ini adalah hasil telaah modul ajar yang saya buat berdasarkan prinsip understanding by design
Kompetensi Awal
Peserta didik mampu memahami langkah-langkah melakukan praktikum sesuai instruksi
Peserta didik mampu mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat dan desimal
Peserta didik mampu menarik simpulan dari tujuan melakukan kegiatan praktikum
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
Bergotong royong
Mandiri
Bernalar kritis
Sarana Prasarana
Ruang kelas/laboratorium dengan pengaturan tempat duduk berkelompok
Papan tulis
Media Teka teki silang gelommbang bunyi
Lembar kerja peserta didik
Alat tulis
Target Peserta Didik
Peserta didik regular/tipikal umum, tidak ada kesulitan dalam memahami materi ajar
Peserta didik dengan pencapaian tinggi yang mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin
Model Pembelajaran
Pembelajaran kooperatif
Team Games Tournament (TGT)
KOMPETENSI INTI
Tujuan Pembelajaran
Menghitung cepat rambat gelombang
Mendeskripsikan penerapan gelombang bunyi pada makhluk hidup
Asesmen
Formatif
melakukan aktivitas tertulis pada lembar kerja peserta didik
Sumatif
peserta didik melakukan penyelidikan melalui kegiatan praktikum
Pemahaman Bermakna
Peserta didik menerapkan konsep getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik mengidentifikasi penerapan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Pertanyaan Pemantik
Bagaimana kita bisa mendengar?
Apakah hewan di dalam laut dapat mendengar bunyi?
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucap salam, berdoa, mengecek kehadiran, dan menyapa peserta didik
Mengingatkan peserta didik untuk menjaga kebersihan, membuang sampah sesuai jenisnya
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi untuk belajar
Inti
Peserta didik mengingat kegiatan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
Peserta didik diberikan pertanyaan mengenai gelombang dan penerapannya dalam proses merambatnya bunyi
Peserta didik berdiskusi untuk mencari tahu mengenai jenis-jenis bunyi dan penerapannya dalam kehidupan
Peserta didik melakukan turnamen mengerjakan teka teki silang gelombang bunyi
Peserta didik menyampaikan diberikan penghargaan
Penutup
Peserta didik bersama guru merefleksi kesimpulan kegiatan hari ini. Antara lain:
Apa yang telah kamu pelajari hari ini? (membuat kesimpulan)
Adakah yang belum kalian pahami pelajaran hari ini? (mengkomunikasikan)
Apa manfaat yang kalian dapat dari pembelajaran hari ini?
Guru memberikan umpan balik dengan peserta didik melakukan analisis kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (umpan balik)
Guru menyampaikan sekilas rencana pertemuan selanjutnya. (Rencana Tindak Lanjut
Guru menutup pembelajaran dengan salam penutup
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H