Mohon tunggu...
Sendy Andriansyah
Sendy Andriansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti

Mahasiswa KIP Institut Pariwisata Trisakti Jurusan Sarjana Pariwisata 2021.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembagian Departemen Hotel

13 Februari 2024   12:05 Diperbarui: 15 Februari 2024   14:34 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber Rencanamu.id)

Hotel adalah usaha di bidang jasa yang menyewakan kamar per kamar serta restoran yang buka 24 jam untuk memenuhi kebutuhan tamu dan terdapat struktur organisasi yang berbeda sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Bagian-bagian hotel di bagi menjadi 2 yaitu Back Office dan Operasional.Back office adalah bagian yang bekerja di office dan biasanya tidak bertemu langsung dengan tamu yaitu : Sales & Marketing, Human Resource, dan Finance. Sedangkan Operasional adalah bagian yang berhubungan dan bertemu langsung dengan tamu yaitu : Front Office, Housekeeping, Kitchen, Engineering, Security, dan Food & Beverage Service.

Berikut adalah tugas dan wewenang bagian Operasional yang terdapat di hotel :

1.Kantor Depan (Front Office)

Bagian ini adalah bagian yang paling penting karena yang paling pertama bertemu dengan tamu. Front Office harus bersih, rapi, wangi untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada tamu. Sebagai kantor depan Front Office bertugas untuk Check In dan Check Out tamu. Oleh karena itu, harus memiliki sifat ramah dan bisa membantu permasalahan yang dihadapi oleh tamu.


2.Makanan dan Minuman (Food & Beverage)

Memiliki tugas untuk menyiapkan penyediaan makan dan minum yang ada di restoran untuk siap di hidangkan ke tamu. Terdapat juga layanan Room Service yaitu antar makanan langsung ke kamar bagi tamu yang tidak mau turun ke restoran.

3.Tata Graha (Housekeeping)

Bagian ini memiliki tugas untuk menjaga, merawat dan membersihkan seluruh area hotel dari bagian luar maupun dalam hotel. Kebersihan kamar dan  area hotel menjadi tugas utama housekeeping.

4.Pemeliharaan (Engineering)

Menjaga dan merawat fasilitas, peralatan dan seluruh bagian hotel menjadi tugas utama engineering mulai dari perbaikan kecil maupun yang besar. Biasanya engineering memiliki proyek harian untuk bagian yang rusak agar di perbaiki berdasarkan informasi departemen lain atau tamu.

5.Keamanan (Security)

Memiliki fungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban area hotel untuk memberikan rasa nyaman untuk tamu dan semua karyawan. Beberapa orang mungkin mengira security memiliki pekerjaan yang santai dan enak tetapi memiliki tanggung jawab yang besar.

6.Dapur (Kitchen & Pastry)

Bagian ini memiliki tugas memasak untuk disajikan di restoran di hotel. Kitchen memasak untuk main course, dessert Sedangkan Pastry membuat kue-kue appetizer untuk tamu. 

Sedangkan bagian Back Office yang terdapat di hotel adalah :

1.Sumber Daya Manusia (Human Resource)

Memiliki tugas untuk merekrut karyawan baru, mempertahankan karyawan lama yang loyalitas, perencanaan karier, membuat asuransi karyawan, mengurus absensi karyawan, dan mengurus pelatihan yang akan dilaksanakan untuk karyawan.

2.Keuangan (Finance)

Memiliki tugas untuk mencatat pengeluaran, pendapat, memeriksa, dan memantau kegiatan keuangan hotel. Bagian ini juga memiliki tugas untuk memesan dan memeriksa semua kebutuhan bahan dan barang yang dibutuhkan oleh hotel.

3.Penjualan dan Pemasaran (Sales & Marketing)

Mencari dan mendatangkan tamu sebanyak-banyaknya ke hotel dengan cara promosi. Bagian ini biasanya yang bertemu langsung dengan klien untuk memasarkan sebelum melakukan transaksi di hotel.

Ini dia bagian-bagian Operasional dan Back Office di departemen hotel, karyawan bekerja sesuai dengan porsi dan tugasnya. Semua bagian-bagian ini saling berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Kira-kira kalian mau berkarier di bagian apa?

Penulis : Sendy Andriansyah Mahasiswa KIP ITP Trisakti 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun