Mohon tunggu...
Selvi Andini
Selvi Andini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa_Ilmu Pemerintahan_Universitas Islam 45 Bekasi

Believe in the competence we have.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN UNISMA Bekasi: Sosialisasi dan Pendampingan Implementasi Website Sitepak

20 Maret 2022   21:38 Diperbarui: 20 Maret 2022   21:43 722
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelayanan Publik terus berinovasi dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan tersebut dilatar belakangi atas usaha yang dilakukan dalam menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Perkembangan tersebut memiliki tujuan supaya terciptanya pelayanan publik yang berorientasi pada masyarakat dan menjadikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

Beberapa upaya atau kebijakan telah dilakukan Pemerintah agar terus berkembang mengikuti perkembangan jaman, pada era digitalisasi ini bentuk inovasi pelayanan publik yaitu salah satunya dengan menyediakan layanan yang bisa diakses secara online/daring. 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi (Disdukcapil) juga tak mau ketinggalan jaman dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dan catatan sipil kepada masyarakat kabupaten Bekasi, kini pelayanan bisa di akses secara online melalui website Sistem Terpadu Pelayanan Administrasi Kependudukan (Sitepak).

Pelayanan berbasis online Sitepak ini dihadirkan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Bekasi dalam melakukan pendaftaran administrasi kependudukan secara efektif dan efisien, khususnya masyarakat-masyarakat yang rumahnya berjarak jauh dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi ini akan sangat membantu masyarakat. Namun di samping kemudahan yang ditawarkan oleh pelayanan berbasis online Sitepak ini masih kurangnya pemahaman masyarakat dan kurangnya sosialisasi terkait pelayanan online Sitepak ini pada masyarakat Desa Muara Bakti.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan masih sangat rendah terutama Kartu Identitas Anak (KIA) pasalnya angka Presentase kepemilikan KIA dengan Wajib KIA di Kabupaten Bekasi Pada Tahun 2021 yaitu hanya sebesar 23,51% (Sumber : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, 2021).

Dokpri
Dokpri

Maka hal ini yang mendasari pemilihan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Saya Selvi Andini sebagai Mahasiswa Ilmu Pemerintahan memilih program yaitu "Sosialisasi dan Pendampingan Implementasi Website Sitepak" dan Program Wajib dari Universitas yaitu "Pencegahan Kekerasan Seksual". 

Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Domisili Tinggal (KKN-DT) di wilayah RT 014 RW 008 Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi pada hari Senin, 21 Februari 2022 s/d Rabu, 23 Februari 2022 dengan pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan pengunaan website Sitepak yang dilakukan secara offline dengan metode sosialisasi dari rumah kerumah (Home To Home), dengan mendatangi kediaman warga dari satu ke rumah lainnya.

Materi sosialisasi yang di berikan yaitu terkait pentingnya tertib administrasi kependudukan dan terkait pelayanan Adminduk website Sitepak serta pendampingan bagaimana cara pengoperasian atau pengunaan website Sitepak dalam pelayanan adminduk kepada masyarakat sekitar.

Kenapa sih harus tertib administrasi kependudukan?

Karena Setiap penduduk itu memiliki hak untuk mendapatkan dokumen kependudukan dimana amanat tersebut tertuang dalam UU No 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. Administrasi kependudukan juga penting dimana dokumen kependudukan merupakan bukti identitas diri, bukti pengakuan negara bagi warganya dan dokumen kependudukan juga digunakan sebagai sarana pendukung dalam akses pelayanan publik serta data kependudukan juga sangat penting bagi negara sebab data kependudukan dipergunakan sebagai salah satu dasar perencanaan pembangunan, alokasi anggaran dan pembangunan demokrasi.

Bagaimana Pelayanan Adminduk melalui website Sitepak ?

Untuk mengakses pelayanan Sitepak masyarakat dapat diakses di internet dengan cara sebagai berikut :

1.Buka Internet/Google klik www.sitepak.bekasikab.go.id

2.Login akun, dengan memasukan nama email dan password kemudian klik masuk dan akan langsung masuk ke halaman utama.

3.Jika belum memiliki akun, maka harus mendaftarkan akun.

Daftar akun dengan mengisi data : No HP, NIK, NO KK, Email, dan password dan klik daftar akun

4.Lakukan aktivasi akun dengan memasukan kode aktivasi yang dikirim ke email anda.

5.Upload Foto Kartu Keluarga

6.Kemudian pilih menu layanan yang dibutuhkan.

Pilihan layanan : Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk elektronik, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran dan Surat Pindah.

7.Ikuti petunjuk pengajuan.

Selain untuk melakukan permohonan pengajuan pembuatan dokumen administrasi kependudukan dan catatan sipil pada website Sitepak dapat memantau status permohonan yang telah dilakukan serta melakukan validasi nik yang bermasalah atau NIK tidak aktif.

Untuk melihat keberhasilan dari program sosialisasi dan pendampingan ini maka setiap warga yang akan di berikan sosialisasi harus mengisi Pre-Test yang disediakan melalui Google Form dan mengisi Post-Test setelah diberikannya penjelasan materi dan pendampingan dengan jumlah pertanyaan 8 pilihan ganda dan 2 essay. 

Pengisian Pre-Test dan Post-Test bertujuan sebagai bahan perbandingan dan untuk melihat sejauh mana perkembangan pemahaman masyarakat terkait materi yang di berikan. Berdasarkan Pre-Test dan Post-Test yang di isi warga sebagai peserta sosialisasi dan pendampingan menunjukan hasil perkembangan yang sangat luar biasa berdasarkan hasil skor jawaban, dimana skor jawaban Pre-Test yang diisi warga memiliki rata-rata skor 35 poin dan skor jawaban Post-Test yang diisi warga memiliki rata-rata skor 90 poin.

Warga sangat antusias dengan pelaksanaan program Sosialisasi dan Pendampingan terutama pendampingan pendaftaran yang dilakukan secara online melalui website Sitepak ini jadi masyarakat tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk mengurus pendaftaran cukup dirumah aja. Antusias dan semangat warga semakin tinggi karena Output sosialisasi ini yaitu Kartu Identitas Anak dan Dokumen KIA ini diantar via POS kerumah jadi sangat efektif dan efisien waktu serta biaya karena pelayanan secara Gratis tanpa adanya ongkos kirim meskipun diantar kerumah warga.

Sosialisasi dan Pendampingan diberikan kepada 25 warga sekitar Domisili saya tinggal dan pada pelaksanaan pendampingan ini berhasil membantu pendaftaran dan pencetakan sebanyak 27 KIA anak-anak sekitar domisili tinggal dan diharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya tertib administrasi kependudukan, dengan masyarakat yang tertib administrasi dan data kependudukan diharap dapat membantu menjadi Indonesia yang lebih baik lagi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun