A. Kinerja
Kinerja adalah hasil yang dicapai seseorang dalam suatu organisasi/perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan organisasi/perusahaan yang bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral atau etika (Busro, 2018).
1. Penilian Kinerja Karyawan
Penilaian kinerja merupakan proses atau kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam suatu perusahaan untuk mengevaluasi dan mengkomunikasikan bagaimana karyawan melakukan pekerjaannya dengan cara membandingkan hasil pekerjaannya dengan seperangkat standar yang telah dibuat dalam periode tertentu yang digunakan sebagai dasar pertimbangan sebuah kegiatan.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja
Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sumber daya manusia meliputi:
a. Kompetensi
Kompetensi merupakan panduan bagi organisasi untuk menentukan tugas pokok dan fungsi seorang pegawai. Dimensi kerja yang dimiliki seorang pegawai tercermin pada kompetensinya. Dalam dunia kerja diharapkan seorang pegawai memiliki kompetensi khusus tertentu atas jabatan kerja mereka.
b. Motivasi
Motivasi yang berarti dorongan atau daya penggerak. Pencapaian atas sasaran kinerja membutuhkan adanya stimulus atau rangsangan yang disebut dengan motivasi. Dengan motivasi yang tinggi seorang pegawai akan lebih bersemangat dan bergairah dalam bekerja.
c. Lingkungan Kerja