Mohon tunggu...
Selamet
Selamet Mohon Tunggu... Wiraswasta - Indonesia

Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

"One Day Service" Dispendukcapil Kabupaten Malang Pudar Hari Ini?

24 Oktober 2019   22:56 Diperbarui: 24 Oktober 2019   23:33 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang memiliki jargon yang sudah dikenal khalayak ramai. Yakni, One Day Service? Apa itu?

"One Day Service", Berikan jaminan layanan

One Day Service adalah pelayanan yang akan selesai dalam satu hari. Ini bisa jadi jaminan yang akan membuat masyarakat terbantu lebih cepat. Cocok dengan slogan Kerja cepat dan pemotongan birokrasi yang ribet ala Reformasi Birokrasi Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang merupakan dinas yang mengurusi administrasi kependudukan di lingkup kabupaten Malang. Jargon "One Day Service" menjadi hal yang ditonjolkan.

Ini terlihat dari berbagai tulisan yang tertera di kantor pelayanan. Mulai dari masuk mengambil antrian sudah ditemui tulisan ini.

Mengantri diperiksa dokumen, Dispendukcapil Kabupaten Malang (dok. pribadi)
Mengantri diperiksa dokumen, Dispendukcapil Kabupaten Malang (dok. pribadi)
"One Day Service" yang pudar

Layanan di DispendukCapil seperti biasanya. Banyak masyarakat yang mengantri dengan tertib. Kesadaran mengurus administrasi kependudukan masyarakat terlihat disini. Ramai, dan rupanya mereka sudah mulai paham pentingnya memiliki mengurus administrasi kependudukan.

Namun, tak disangka layanan selesai satu hari atau "One Day Service" Dispendukcapil hari ini memudar atau bisa dibilang lumpuh. Jadi, masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan misalnya akta akan menunggu waktu selesai cetak atau jadinya.

Ini tentunya belum termasuk apabila saat mengambil ada hal yang harus dibetulkan lagi. Namun, jika sudah beres dikoreksi petugas, maka hal itu tak terjadi. Seperti beberapa kejadian, sudah tinggal mengambil berkas yang sudah jadi ternyata saat di pengambilan ada hal yang perlu dibetulkan lagi.

Tulisan (dok. pribadi)
Tulisan (dok. pribadi)
Nah, pudarnya layanan selesai satu hari ini ada banyak alasan rupanya. Masyarakat yang hadir mendapat banyak jawaban, misalnya karena jaringan yang error atau pula adanya pembagian petugas di tempat lain. Menurut informasi, ada acara dispendukcapil di daerah kabupaten Malang.

Jaringan telekomunikasi sepertinya menjadi penting di jaman digital ini. semuanya serba cepat dan praktis. Mungkin karena hal itulah pula membuat layanan semakin cepat atau juga jadi terkendala/tersendat di layanan masyarakat seperti dispendukcapil ini.

Alasan-alasan di atas menjadikan "One Day Service" pudar adanya. Perlu kajian atau perbaikan lebih lanjut di pemerintahan Kabupaten Malang terkhusus pada layanan masyarakat seperti administrasi kependudukan ini. Masyarakat ingin cepat dengan beragam hal yang ditawarkan, namun perlu waktu untuk menunggu hal itu.

Semoga saja ada perbaikan lebih baik. Cepat antrinya, cepat jadinya dokumen yang dibutuhkan masyarakat. Lalu, anda mengurus sendiri atau masih lewat nitip-nitip kalau mengurus dokumen administrasi kependudukan? :)

[SH]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun