Optimalisasi Pemasaran Parut Kelapa di Media Sosial Saat  Pandemi Covid-19 Di Desa Mrawan
Seftian Fir Rizqiyah¹ dan drg. Rendra Chriestedy Prasetya, M.DSc²
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Jember
Kampus Tegalboto, Jl. Kalimantan No. 37, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur
fhirarizqiyah99@gmail.com Â
Abstrak
Parutan kelapa merupakan alat yang berfungsi untuk memarut kelapa menjadi butiran dan bentuk yang lembut untuk selanjutnya diperas dan diambil santanya.Kelapa parut adalah bahan utama pembuatan santan,selain itu juga biasanya kelapa parut bisa dijadikan adonan sebagai bahan campuran kue dan serundeng. Kegiatan inovasi dalam pengembangan umkm parut kelapa  yang terdampak covid-19 di Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember. KKN BTV III dimulai pada tanggal 10 Agustus 2021 – 09 September 2021. Kegiatan KKN dimulai dengan observasi atau pengumpulan data permasalahan yang ada. Parutan kelapa dapat diberikan inovasi pemasaran dikarenakan pelaku usaha hanya menjual parut kelapa melalui pelanggan lama. Inovasi pemasaran yang dilakukan kepada masyarakat melalui media sosial(digital marketing) mengingat daya beli masyarakat pada saat ini meningkat melalui media sosial.
Kata Kunci: Covid-19,Parutan kelapa,Desa Mrawan, Pemasaran
Abstract
Grated coconut is a tool that serves to grate coconut into soft granules and shapes for further squeezing and taking the santa. Innovation activities in the development of coconut grated SMEs affected by COVID-19 in Mrawan Village, Mayang District, Jember Regency. KKN BTV III begins on August 10, 2021 – September 09, 2021. KKN activities begin with observation or data collection of existing problems. Grated coconut can be given marketing innovation because business actors only sell grated coconut through old customers. Marketing innovations that are carried out to the public through social media (digital marketing) considering that people's purchasing power is currently increasing through social media.
Keywords: Covid-19, Grated Coconut, Mrawan Village, Marketing