Mohon tunggu...
Sasi Oka
Sasi Oka Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis pemula

Penulis pemula di usia pertengahan, untuk mendapatkan ilmu baru

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengapa Analisis Media Sosial Itu Penting

10 Desember 2022   15:45 Diperbarui: 10 Desember 2022   15:50 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada banyak jalan untuk dijelajahi melalui wawasan analitik sosial. Ini seperti mengupas jeruk untuk menemukan buah yang tersegmentasi di dalamnya.

Faktanya, wawasan yang ditemukan melalui analitik media sosial dapat menginformasikan setiap bagian dari operasi merek. Berikut adalah enam contoh:

  1. Meningkatkan Akuisisi Pelanggan

Pelanggan Anda adalah sumber kehidupan merek Anda. Dengan hati-hati mengelola perjalanan mereka dari kesadaran awal ke pelanggan mapan melalui analitik media sosial sangat penting untuk retensi, dan untuk kesehatan jangka panjang merek Anda.

Terlibat secara konsisten dengan konsumen Anda sangatlah penting, seperti halnya mengembangkan rekam jejak untuk hadir bagi mereka dengan inovasi baru saat kebutuhan baru muncul.

 

  1. Lindungi Kesehatan Merek

Merek adalah keseluruhan kolektif dari semua kontak dan interaksi yang dimiliki konsumen dengan merek, dan ini termasuk pesan yang datang langsung dari perusahaan.

Pada akhirnya, konsumen memegang kunci persepsi merek dengan merek yang terus berusaha untuk memengaruhi sentimen konsumen yang positif. Persepsi merek memengaruhi banyak hal, dengan dampak terbesar adalah neraca Anda. Merek-merek cerdas berfokus untuk membuat konsumen senang. Tindakan cepat dan fokus seperti inilah yang menangkap cinta konsumen setiap saat.

  1. Biaya Layanan Pelanggan Lebih Rendah

Layanan pelanggan membutuhkan perhatian khusus, dan saat ini layanan pelanggan adalah situasi 'selalu aktif'. Konsumen tidak ragu-ragu menghubungi merek saat masalah muncul, dan mereka mengharapkan jawaban.

Faktanya, konsumen mengetahui bahwa merek memiliki data tentang mereka, dan mereka berharap perusahaan akan menggunakannya untuk membangun dan memperdalam hubungan.

Pemantauan analitik media sosial yang konsisten membantu merek menyatukan potongan teka-teki kebutuhan konsumen untuk menginformasikan inovasi guna mengatasi masalah yang sering terjadi dengan cara yang paling hemat biaya.

  1. Maksimalkan Peluncuran Produk

Analitik media sosial membantu merek mengikuti tren yang sedang berkembang dengan memberi tahu mereka tentang produk dan layanan yang diinginkan konsumen. Selain itu, wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dihasilkan membantu menentukan peluang pasar sehingga meminimalkan risiko untuk memastikan peluncuran produk Anda berhasil.

Misalnya, lihat bagaimana Ugg for Men memaksimalkan lini baru mereka dengan memberikan beberapa sandal kepada pemberi pengaruh yang tepat, menjangkau lebih dari 3 juta konsumen.

  1. Tingkatkan Performa Kampanye

Analitik media sosial memungkinkan merek untuk mempelajari apa yang dipedulikan audiens mereka dan apa yang memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Wawasan ini memungkinkan departemen pemasaran untuk membuat pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan relevan. Peluang di sini untuk merek sangat besar dengan manfaat tambahan umpan balik waktu nyata yang memungkinkan penyesuaian di tengah kampanye.

Cara merek menggunakan intel analitik media sosial mereka hanya dibatasi oleh kreativitas. Dengan menciptakan inisiatif pemasaran yang bijaksana dan menarik, merek dapat membangun hubungan emosional dengan pelanggan yang meningkatkan kinerja kampanye.

  1. Meningkatkan Manajemen Krisis

Wawasan analitik media sosial menawarkan merek ketika krisis melanda sepadan dengan harga tiket masuk saja, karena menghemat biaya dan kerusakan reputasi dari kecepatan reaksi.

Pelanggan yang tidak senang akan memberi tahu antara 9-15 orang tentang pengalaman mereka. Dengan semua orang online hari ini, 9-15 orang itu bisa berubah menjadi ratusan dan ribuan dalam waktu yang sangat singkat.

Parahnya krisis dan lamanya krisis itu merana tanpa dikurangi, atau lebih buruk lagi, tidak terlihat, dapat membawa konsekuensi kritis bagi merek yang dapat bertahan selama bertahun-tahun. Sifatnya yang tiba-tiba menunjukkan perlunya analitik media sosial dalam membantu menyempurnakan protokol respons manajemen krisis Anda.

 

Baca artikel lainnya berkaitan dengan pengelolaan media sosial di: Sociosight 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun