Komunikasi adalah interaksi antar individu dengan individu yang lainnya guna mendapatkan informasi. Komunikasi tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Komunikasi dapat membangun hubungan yang baik dengan pihak lain. Dan, Bisnis adalah suatu kegiatan menawarkan atau meperjualbelikan produk dengan tujuan untuk memperoleh laba/keuntungan.
Dalam bisnis, komunikasi menjadi pengaruh yang sangat penting dan kunci keberahasilan dalam bisnis untuk mencapai kesepakatan bersama. Komunikasi dalam bisnis ini sebagai pertukaran informasi berupa pesan ataupun gagasan mengenai usahanya kepada pihak lain.Â
Beberapa ahli memiliki pendapat mengenai pengertian komunikasi bisnis yaitu :Â
- Purwanto  menjelaskan pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, baik verbal ataupun nonverbal guna mencapai tujuan tertentu.
-Â Katz mengutarakan pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran ide, pesan, dan konsep untuk mencapai tujuan komersil.
- Rosenbaltt mendefinisikan pengertian komunikasi bisnis adalahpertukaran ide opini, informasi, instruksi, dan sejenisnya yang dikemukakan secara personal atau tidak melalui simbol untuk encapai tujuan perusahaan.
Berikut adalah fungsi dan tujuan komunikasi dalam bisnis yaitu :
1. Memberikan informasi yang dibutuhkan
2. Terbentuknya kolaborasi dengan pihak lainÂ
3. Melakukan integrasi dengan pihak lainÂ
Adapun cara agar komunikasi dalam bisnis dapat berjalan efektif yaitu :Â
1. Jadikan komunikasi sebagai perangkat utama.
2. Belajar memperhatikan dan mau mendengar.
3.Fokus dan konsentrasi dengan topik yang dibicarakanÂ
4. Menghargai lawan bicaraÂ
5. Bertukar pendapat/gagasan
6. Rasa saling menghormatiÂ
Contoh Komunikasi dalam Bisnis
Adapun melansir buku Komunikasi Bisnis oleh Nisa Novia Avien Christy, bentuk dan contoh  pengertian komunikasi bisnis adalah:
1. Komunikasi verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan melalui lisan atau tulisan.
Contoh :Â
- Membuat dan mengirim surat pengantar barang ke suatu perusahaan.
- Membuat dan mengirim surat penawaran barang ke pihak lain.Â
- Membuat dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan.Â
- Membuat dan mengirim surat pengaduan ke pihak lain.Â
- Membuat dan mengirim surat permintaan barang ke pihak lain.
- Membuat dan mengirim surat penolakan dan penerimaan kerja.
2. Komunikasi non verbalÂ
Komunikasi non verbal adalah komunikasi menggunakan gerakan tubuh atau bahasa tubuh dengan orang lain.
Contoh : Membaca ekspresi lawan bicara, melihat penampilan orang lain.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI