Mohon tunggu...
Dendi SwaranDanu
Dendi SwaranDanu Mohon Tunggu... Seniman - sanghana

kenapa saya menulis ? ini sebuah pertanyaan klasik yang sering dipertanyakan bagi mereka penulis, bahkan untuk saya yang ingin memulai. ini zaman penyebaran ide dimana-mana orang pada sadar untuk menyebarkan apa yang mereka tau. orang akan menyebarkan apa yang mereka punya dan orang akan menyebarkan apa karya mereka.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Monolog Kopi

17 Mei 2022   23:04 Diperbarui: 17 Mei 2022   23:05 550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Aku berada di Negara yang paling miskin di Asia Tenggara, berada di provinsi termiskin di sumatera dan menjadi manusia termiskin diantara teman-temanku. 

Tetapi walaupun keadaan seperti itu aku tetap menghabiskan waktuku untuk ngopi. Aku yakin aku hidup sekali otomatis aku harus bahagia dengan caraku yaitu dengan ngopi dan rokok dan kadang-kadang juga membahas politik yang juga tidak mampu aku kuasai. 

Tetapi kalau kita bahas politik kan seolah-olah kita terlihat pintar, kita melihat kebodohan-kebodohan yang ditampilkan para pejabat yang membuat geleng-geleng kepala (tetapi sangat berbahaya).

Ada alasan mengapa aku katakan sangat berbahaya, ini contoh saja seorang pejabat akan tetap dihukum kalau dia korupsi sehingga pejabat-pejabat yang lain juga ikut korupsi karena sudah menjadi tradisi sehingga menjadi aneh kalau seorang pejabat tidak melakukan korupsi, ketahuan atau tidak itu hanya soal kelincahan saja.

Budaya yang sebenarnya buruk tapi kalau dilakukan secara berulang-ulang akan terlihat wajar bukankah itu sangat berbahaya ?

Karena daerahku ini punya julukan sejuta warung kopi otomatis aku menjadi sangat sering mengunjunginya apalagi disediakan wi-fi gratis. Dari pada beli paket 10.000 hanya bisa nonton youtube lima video doang.

Aku sebenarnya mempunyai penyakit yang sangat serius yaitu rasa malas dan frustasi, sudah kucoba berubah sedikit demi sedikit dengan cara melamar kerja kesana kemari  tapi tak ada pekerjaan yang cocok buatku. Gajinya kecil semua hanya sekitaran sejuta hanya untuk bisa ngopi dan rokok aja selama sebulan. 

Padahal aku juga ingin memiliki sepeda motor  baru atau kalau ada lebih juga ingin punya mobil (Cuma khayalan).    

Sebenarnya aku juga malas curhat-curhat seperti ini, kayak remaja nulis di buku harian saja. Tapi aku sudah tidak mampu lagi menahan rasa galau yang melanda dalam hatiku ini. Pacarku memaksaku untuk segera menikah bukan karena dia hamil tapi orang tuanya ingin menjodohkan dia dengan orang lain. 

Aku bingung pekerjaan belum ada tapi dia ajak nikah, biaya pernikahan itu yang membuat aku pusing ada bermacam-macam mulai mahar, uang hangus, isi kamar, biaya pesta, biaya pelaminan, sampai biaya tukang foto harus aku pikirin kira-kira totalnya ada sekitar lima puluh juta (selama hidupku tak pernah ku pegang uang segitu).  

Dari pada aku sumpek memikirkan sesuatu yang tidak mampu aku wujudkan lebih baik kan ke warung kopi, walau hanya bisa menikmati kopi pancung dan sebatang rokok tapi sudah membuat pikiran tenang. Walau kadang sedikit ada rasa menyesal, duit dari dompet ibuku hasil jualan lontong tadi pagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun