Mohon tunggu...
Syam
Syam Mohon Tunggu... Penulis - Syamsulhadi

Sublimasi hidup

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Hikayat Sambal Balado Iwak Kali Gosong

23 Mei 2022   15:32 Diperbarui: 23 Mei 2022   15:37 821
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: WinNetNews.com

Sinar matahari nampak kelabu, kokok ayam di pagi hari sudah tidak terdengar merdu, embun pagi juga tidak terlihat syahdu. Hari yang biasa-biasa saja, tidak ada istimewanya sama sekali. Hari demi hari terasa hambar. Yaa..,Mungkin efek cukup lama menjomblo hehe.

Pada intinya hari ini merupakan, dari sekian hari kegabutan saya. Hidup terasa random sekali, ada si pekerjaan walaupun hanya free lance. Yah, jadi Teringat kejadian kemarin, yang cukup membuat saya mangkel, yaitu pertanyaaan orang-orang tua, " Ngger, sakiki kerjo neng endi? (Nak, kamu sekarang kerja di mana?) " dalam bahasa Jawa. Tentu saja saya bingung lah jawabnya bagaimana, kalau aku jawab " Free lance mbah" pasti nanti nya saya harus jelasin free lance itu apa. Maklum tiang sepuh.

Kemudian saya terpaksa menjawabnya " Dereng nyambut damel mbah. (Belum bekerja mbah)" Belum tuntas menjawab neneknya langsung nyamber aja. " Mbok yo kerjo to ngger, ben koyok liane (Mbok ya kerja to nak, biar seperti lainnya)" saya langsung speacles, tidak bisa berkata apa-apa.

Sepertinya saya sudah tidak selera lagi menjelaskan bahwa diri saya masih dalam masa penantian yang membosankan. Menanti lamaran diterima disalah satu perusahaan yang saya lamar minggu lalu.

Kayaknya pada hari ini saya perlu healing untuk mengisi kegabutan yang haqiqi ini. Biasanya kebanyakan orang, kalau healing ia treaveling ke objek wisata ataupun nongkrong sama teman-temannya. Beda dengan saya pada hari ini, saya nampak malas sekali keluar rumah. Kalaupun toh keluar juga percuma, ngajak teman-teman pastinya sibuk semua. Mau ngajak doi? Hahahaha, doi? Baru kandas 1 tahun yang lalu, eeits.

Nafsu makanpun berkurang, tidak lagi seperti dahulu, sangat nafsu makan sekali. Dampak dari makan yang banyak, saya pernah mencapai bobot 71 kg dengan tinggi badan saya yang hanya 162 cm. Sekarang bobot saya berkurang 11 kg dari berat badan yang sebelumnya. Jangan tanyakan "karena apa ya," wkwkwk.

Walau selera makan berkurang, saya sangat senang sekali memasak, (Senang bukan berarti ahli memasak lo ya. Red) entah kenapa ketika saya mencincang-cincang bawang dan memegang ulegan, hati saya terasa damai sekali. Apa mungkin saya cinlok sama Uleg-uleg? Ah apaan si gak jelas.

Tenggorokan terasa haus, sontak saya menghampiri Kulkas dan mengambil air minum untuk mengobati dahaga saya. Ketika Kulkas terbuka, sepasang mata saya melihat sosok makhluk yang bersirip, tidak berkaki dan tidak mempunyai tangan, sebut saja ikan. Hah? Emang, namanya Ikan. Ikan tersebut adalah Ikan air tawar yang mungkin hasil mancing adik saya kemarin, atau mungkin hasil pembelian dari emak saya dari tetangga. Sebenarnya saya tidak tau itu.

Spontan dibenak saya langsung terbayang ikan pedas yang sangat lezat. Mungkin namanya ikan balado. Masakan khas nusantara tanpa Italiano-italianonan. Selanjutnya saya bergegas menyiapkan bumbu-bumbu yang akan saya masak.

Mungkin pembaca mau mencontoh resep saya hehe. Cukup sederhana, yaitu, siapkan 10 bawang merah, 4 siung bawang putih, 10 cabe rawit, 5 cabe merah panjang, ketumbar, daun jeruk, dan daun kemangi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun