Mohon tunggu...
Samhah
Samhah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Banten

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bauran Pemasaran (Marketing Mix): Penting dalam Strategi Pemasaran

26 Desember 2021   22:53 Diperbarui: 26 Desember 2021   22:57 916
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel ini dibuat sebagai Tugas UAS Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Syariah dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM.

Bauran Pemasaran (Marketing MIX): Penting dalam Strategi Pemasaran

Pemasaran atau disebut juga dengan istilah marketing merupakan kegiatan yang dilakukan dalam memasarkan produk atau jasa dari distributor ke konsumen.

Pemasaran menurut Kotler dan Keller (2016) diartikan sebagai suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses guna menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberi nilai kepada pelanggan dengan cara menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.

Sedangkan pemasaran dalam Islam merupakan bagian dari muamalah dan hukumnya boleh kecuali hal yang dilarang dalam Islam.

Menurut Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, pemasaran syariah adalah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stekeholdernya yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (business) dalam Islam. Adapun tujuan pemasaran adalah untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif.

Kemudian terdapat pula Marketing Mix disebut juga dengan istilah bauran pemasaran yang diperkenalkan oleh Jerome McCarthy pada sekitar tahun 1960an (Rafiq & Ahmed, 1995). McCarthy membaginya menjadi empat faktor utama, yaitu: product, price, place, dan promotion. Meskipun demikian, pada tahun 1980-an terdapat tiga faktor tambahan dalam marketing mix seperti yang dijelaskan oleh Booms dan Bitner (1981), yaitu people, physical evide-nce, dan process. Setiap unsur yang terdapat dalam kombinasi tersebut saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Marketing mix diartikan sebagai alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. Hal ini menjadikan bauran pemasaran (marketing mix) dianggap sebagai salah satu unsur strategi yang paling penting dalam memasarkan produk.

Berikut adalah macam-macam strategi dalam marketing mix yang terdiri atas beberapa variabel, yaitu:

1. Product

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan pada pasar agar menarik perhatian, akusisi, penggunaan atau konsumsi yang dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan. Namun secara umum produk diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapat perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsidan dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan. Kemudian produk dalam arti luas meliputi objek fisik, jasa, cara, orang, tempat, organisasi, ide atau bauran entitas-entitas ini.Keputusan yang berhubungan dengan pengembangan dan pemasaran produk individual terdiri atas: Atribut produk, Penetapan merek, Kemasan (packaging), dan Pelebelan. 

Perlu diingat bahwa produk selalu mengalami daur hidup (produk life cycle), yang terdiri dari:

  • Pengenalan Produk (Introduction)
  • Pertumbuhan Produk (Growth)
  • Kematangan/kejenuhan Produk (Maturity)
  • Penurunan Produk (Decline)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun