Optimalisasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Minat Jamaah Haji dan Umrah
Aqilah Zulfany, M. Alfi Fathul Hilal, Salwa Salvia Lutfi
Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
*Email : salwasalvia04@gmail.com
ABSTRAK
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan mendasar dalam kehidupan manusia. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di era digital, khususnya media sosial dapat dijadikan sebagai media untuk menyebarkan semangat untuk menunaikan ibadah Haji dan Umroh sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah S.A.W. Â
Momentum ini dapat dimanfaatkan dengan penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran digital untuk kebutuhan para calon jamaah dalam melaksanakan ibadah umroh dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan Prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk, upaya dan pengoptimalisasian penggunaan media sosial terhadap penjualan produk haji dan umroh.
Kata Kunci : Optimalisasi, Sarana, Pemasaran Digital, Produk Haji dan Umroh
ABSTRACT
Advances in information and communication technology have brought fundamental changes to human life. The development of information and communication technology in the digital era, especially social media, can be used as a medium to spread enthusiasm for carrying out the Hajj and Umrah as recommended by Rasulullah S.A.W. This momentum can be utilized by using social media as a digital marketing tool for the needs of prospective pilgrims in carrying out the Umrah pilgrimage by providing the best and excellent service. This research aims to find out the forms, efforts and optimization of the use of social media for sales of Hajj and Umrah products.
Keywords : Optimization, Facilities, Digital Marketing, Hajj and Umrah Products