Mohon tunggu...
salwa salsabilla
salwa salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswi semester 3 yang sedang menjalani studi di universitas muhammadiyah jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pandangan Dunia Internasional terhadap Konflik Etnis Muslim Uyghur China

8 Januari 2023   10:05 Diperbarui: 8 Januari 2023   10:13 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dunia internasional seperti Amnesty International serta Organisasi Kerjasama Islam telah memperhatikan Isu Etnis Muslim Uighur di Xiangjiang. Menariknya, OKI, sebuah kelompok solidaritas Muslim, tidak bergabung dalam paduan suara global yang mengutuk China atas tindakannya dalam pertempuran Xiangjiang. 

Reaksi OKI terhadap sengketa Xiangjiang tidak memadai. Sikap moderat yang diambil OKI didorong oleh keinginan negara-negara anggotanya untuk mengembangkan hubungan dengan China.

Sudah menjadi hal umum bahwa setiap orang, pemerintah, dan negara memiliki kewajiban dalam melindungi, mengakselerasi, serta menjunjung tinggi nilai HAM. Masalah atau pelanggaran prinsip-prinsip hak asasi manusia harus diperhatikan jika muncul. 

Tuduhan serupa atas pelanggaran HAM etnis Muslim Uighur yang dilakukan pemerintah China berujung pada Konflik HAM. Amnesti Internasional dan Organisasi Kerjasama Islam hanyalah dua dari sekian banyak kelompok publik yang menanggapi perang ketika menjadi terkenal di dunia internasional.

Kasus pelanggaran hak asasi manusia sering terungkap di media. Ini karena orang umumnya memiliki banyak hati dan bersedia untuk membantu mereka yang membutuhkan. Konflik etnis Muslim-Cina telah menarik perhatian internasional. 

Sehubungan dengan Konflik Etnis Muslim Uighur Xiangjiang, beberapa negara dan bahkan organisasi internasional bersatu untuk mencari solusi. Untuk bagiannya, Amnesty International telah bekerja menuju penyelesaian damai Konflik Etnis Muslim Uighur. 

Amnesty International, sebagai suara terkemuka dalam perang melawan pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia, harus campur tangan dalam menanggapi peristiwa ini. Pekerjaan hak asasi manusia dilakukan oleh Amnesty International atas nama minoritas Rohingya di Myanmar.

1. Meluncurkan protes, termasuk kampanye surat, terhadap pemerintah Myanmar.

Organisasi hak asasi manusia Amnesty International melobi pemerintah Myanmar untuk mengakhiri penganiayaan terhadap minoritas Rohingya. Pemerintah Myanmar sebelumnya telah mengabaikan upaya tersebut. 

Buktinya termasuk dimulainya kembali kekejaman yang disponsori pemerintah terhadap orang-orang Rohingya di Myanmar, seperti pembakaran masjid dan pemerkosaan gadis-gadis muda. Banyak aktivis non-kekerasan telah dipenjara atas kemauan pemerintah, kebebasan berbicara telah dibungkam, dan minoritas, terutama Rohingya, telah dilucuti dari hak politik mereka.

2. Mencari dan melakukan investigasi terhadap bukti pelanggaran HAM di Myanmar

Sementara itu, penderitaan Rohingya semakin parah, yang menyebabkan eskalasi krisis kemanusiaan di Myanmar. Amnesty International sedang melakukan penyelidikan mendalam untuk menentukan apakah ada atau tidak kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar. 

Untuk mengumpulkan bukti pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap anggota etnis minoritas Rohingya, Amnesty International melakukan wawancara dengan para korban. Laporan Tinjauan Berkala Universal (UPR) tambahan tentang Myanmar dibuat oleh Amnesty International pada November 2015. Dewan Hak Asasi Manusia bertanggung jawab atas sistem pelaporan yang dikenal sebagai Tinjauan Berkala Universal (UPR). 

Ini memberi negara kesempatan untuk melaporkan kemajuan mereka dalam melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia dan mendorong mereka untuk melakukannya. Tinjauan Berkala Universal diciptakan untuk memperhitungkan kewajiban negara untuk menegakkan hak asasi manusia. Tujuan yang jelas adalah untuk mengurangi frekuensi pelanggaran hak asasi manusia dan untuk meningkatkan standar hak asasi manusia di seluruh dunia.

3. Dan ketiga, bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan lainnya untuk membantu masyarakat Rohingya.

Amnesty International bekerja sama dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Kampanye Hak Asasi Manusia, dan LSM internasional lainnya. Langkah-langkah ini telah diadopsi oleh Amnesty International untuk mencegah dan memperbaiki kejahatan hak asasi manusia terhadap orang-orang Rohingya dengan lebih baik.

4. Kirimkan surat nasihat, permintaan tindakan, dan arahan dari pemerintah Myanmar.

Amnesty International menuntut dalam surat itu agar pemerintah Myanmar mengakhiri pelanggaran hak asasi manusianya. Upaya ini berupaya untuk mengakhiri represi dan kekerasan pemerintah Myanmar terhadap banyak populasi etnis di negara itu.

5. Merekomendasikan agar negara lain di kawasan dan anggota masyarakat dunia mengambil tindakan untuk melindungi kelompok etnis Rohingya dengan mengirimkan surat pengesahan.

Keamanan orang-orang Rohingya ditingkatkan dengan tindakan ini. Sebagai akibat dari penganiayaan yang mereka alami di Myanmar, sebagian besar Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangga demi keselamatan. 

Oleh karena itu, Amnesty International telah membuat sejumlah rekomendasi kepada tetangga Myanmar dalam upaya membujuk mereka untuk memenuhi kewajiban mereka berdasarkan perjanjian hak asasi manusia dan hukum kebiasaan internasional dan menyambut pengungsi Rohingya.

Amnesty International dan organisasi hak asasi manusia lainnya mendesak PBB telah memberikan tekanan pada China untuk mengakhiri penahanan Muslim Ughur, yang dipandang sebagai minoritas yang teraniaya. 

Pada saat yang sama, 37 negara menulis kepada PBB untuk menyatakan dukungan mereka terhadap kebijakan kamp pendidikan ulang China di Xinjiang. Lebih dari separuh negara-negara ini adalah anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Qatar hanyalah beberapa dari negara-negara OKI yang telah angkat bicara untuk membela China. 

Argumen pemerintah China untuk kamp pendidikan ulang didasarkan pada gagasan bahwa mereka melawan ancaman global seperti terorisme, ekstremisme, dan separatisme. Reaksi Organisasi Kerjasama Islam terhadap sikap Beijing terhadap kamp pendidikan ulang konsisten dengan reaksi negara-negara anggotanya.

Jelas, banyak masalah yang diangkat oleh kurangnya perhatian OKI terhadap perlakuan kasar terhadap Muslim Uyghur. Organisasi Konferensi Islam (OKI) telah dikritik karena gagal mengambil sikap yang cukup kuat dalam mendukung Muslim Uyghur. 

Konflik Etnis Muslim Uighur di Xiangjiang, China telah mempengaruhi OKI, sebuah kelompok yang dibentuk berdasarkan prinsip persaudaraan Islam.

 Menggunakan jalur formal, Organisasi Kerjasama Islam membuat pernyataan. Tanggapan Organisasi Kerjasama Islam, bagaimanapun, tampaknya sebagian besar simbolis dan tidak menjawab keprihatinan yang diangkat oleh komunitas dunia.

Sikap resmi OKI terhadap masalah Uyghur menunjukkan bahwa tanggapan organisasi tersebut tidak memadai. Sikap ceroboh OKI lebih lanjut ditunjukkan oleh fakta bahwa mereka tidak berusaha untuk memasukkan informasi tentang Uyghur di salah satu tempat informasi resminya. 

Meskipun menjadi satu-satunya badan internasional yang diizinkan mengakses kamp-kamp di Xiangjiang, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) tidak menghasilkan laporan atau rilis berita apa pun yang membahas status dan kondisi lapangan kamp pendidikan ulang di Xinjiang. - Jangan sampai update kasus Uighur terbaru keluar. 

Jika dibandingkan dengan tanggapan OKI terhadap kasus-kasus diskriminasi lain terhadap Muslim di luar negeri, khususnya masalah Rohingya, yang mendapat perhatian penuh dari organisasi tersebut, sikap OKI terhadap Konflik Etnis Muslim Uyghur sangat berbeda. Tanggapan salah arah OKI terhadap masalah Uyghur telah meragukan kemampuan organisasi tersebut untuk membantu populasi terpinggirkan di dunia Muslim. 

Oleh karena itu, muncul spekulasi bahwa faktor-faktor selain isu itu sendiri yang mempengaruhi tanggapan OKI, seperti hubungan ekonomi China dengan negara-negara anggota OKI.

Beberapa percaya bahwa koneksi ekonomi China adalah alasan banyak negara mengabaikan kekejaman hak asasi manusia di Xinjiang. Negara-negara mayoritas Muslim termasuk Pakistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Qatar setuju bahwa masyarakat Xinjiang bahagia dengan kehidupan mereka. Ini karena peran penting yang dimainkan negara-negara ini dalam inisiatif BRI China. 

Penulis berpendapat bahwa respon negara-negara anggota OKI merupakan respon yang wajar berdasarkan maksimalisasi keuntungan jika dilihat dari sudut pandang Teori Model Aktor yang Beralasan. Karena China dapat memutuskan hubungan perdagangan dengan OKI jika negara-negara anggotanya menjadi lebih aktif dan mengambil posisi yang berbeda.

Daftar Pustaka

Jurnal

  • M. Tri Andika dan Elcy Damayani(2020), Analisis CSIS Stabilitas Geopolitik Diplomasi Perdamaian,Vol 49 No .1. 10-11
  • Albi Anggito & Johan Setiawan (2018). Metodologi penelitian kualitatif, CV Jejak
  • Risky Fauzi Widodo (2019). The Role of Amnesty International in Responding Australia's Policy on the Asylum Seeker, Repository UMY
  • Dzikiara Pesona Sadewa(2017). Peran Amnesti Internasional dalam memperjuangakan HAM di Rohingya, Repository Unikom
  • Karisma, G. 2017. Konflik Etnis di Xinjiang: Kebijakan Monokultural dan Kepentingan Negara China Terhadap Keutuhan Wilayah. SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 19(1), 41--52. https://doi.org/10.1017/CBO978110741 5324.004
  • Stier, S., Bleier, A., Lietz, H., & Strohmaier, M. 2018. Election Campaigning on Social Media: Politicians, Audiences, and the Mediation of Political Communication on Facebook and Twitter. Political Communication, 35(1), 50--74. https://doi.org/10.1080/10584609.2017. 1334728
  • Taylor, T. L., & Jordan, T. 2002. Cyberpower: The Culture and Politics of Cyberspace and the Internet. In Contemporary Sociology (Vol. 31). https://doi.org/10.2307/3089671
  • Gladney, D. C. (2004). The Chines Program of Development and Control, 1978-2001. In S. F. Starr, Xinjiang: China's Muslim Borderland. Routledge.
  • Human Right Watch. (2005). Devastating Blows Religious Repression of Uighur in Xinjiang. Human Right Watch.
  • Kelemen, B., & Turcsanyi, R. Q. (2020). Its the Politics, Stupid: Chinas Relations with Muslim Countries on the Background of Xinjiang Crackdown. Asian Ethnicity

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun