Apa itu perubahan ?
Sebuah bentuk proses dimana wajar dan alamiah sehingga segala sesuatu yang ada di dunia akan selalu berubah, Sedangkan Inovasi adalah suatu hal yang baru atau melakukan berbagai pembaruan yang terbentuk dalam sebuah produk, ide, jasa, desain dan lain sebagainya.Â
Karakteristik Perubahan Â
- Tidak konstan terdapat variasi derajat dan arah perubahan
- Menghasilakan ketidakpastian dan tidak terdugaÂ
- Menciptakan ancaman sekaligus peluang
Faktor Pendorong PerubahanÂ
Faktor InternalÂ
- Perubahan strategi organisasi
- Perubahan dalam kompetisi ketenaga kerjaanÂ
- Adanya perlengkapan dan peralatan baruÂ
- Perubahn secara signifikan ( sikap dan perilaku karyawan)
Faktor EksternalÂ
- Perubahan kebutuhan dan keinginan konsumenÂ
- Peraturan pemerintahÂ
- Perubahan teknologiÂ
- Situasi ekonomi
Jenis-jenis PerubahanÂ
1. Perubahan orang ( People Change)
Perubahan yang hanya di alami oleh sebagaian pegawai dari perusahaan itu sendiri
Contoh : beberapa manajer dikirim unyuk melakukan pelatihan demi meningkatkan kepemimpinan merekaÂ
2. Perubahan Budaya ( Culture Change)
Berkaitan dengan organisasi perubahan secara keseluruhan pada perusahaanÂ
Contoh : munculnya society 5.0 yang di prakasai oleh Jepang pada 21 Januari 2019Â
Inovasi dan Kondisi Kerja Berubah-ubahÂ
- Perusahaan harus terus beradaptasi pada situasi terbaru untuk bertahan dan sejahteraÂ
- Elemen terpenting bagaimana cara perusahaan untuk mempertahankan kondisi, di mana perubahan teknologi mempengaruhi perubahan tempat kerjaÂ
- Ide, informasi dan hubungan baik itu masuk poin utama dalam kesejahteraan perusahaan
Mengubah Hal-hal TertentuÂ
1. Perubahan Produk ( Product Change )
Mengubah produk dalam bentuk barang ataupun jasa yang dihasilkan oleh organisasi tersebutÂ
2. Perubahan Teknologi ( Technology Change )Â
Perubahan yang berhubungan dengan proses produksi yang terjadi dalam organisasi perusahaan tersebut
Strategi Inovatif Untuk Menciptakan Produk dan Teknologi BaruÂ
 1. Eksplorasi adalah paham dimana ide-ide untuk melahirkan produk dan teknologi baru dilahirkan.
- Kreativitas adalah penciptaan ide cemerlang yang sekiranya memenuhi kebutuhan yang ada atau yang menawarkan peluang-peluang pada organisasi.
- Inkubator ide adalah program perusahaan yang memberikan pelabuhan yang aman dimana ide-ide yang berasal dari seluruh pegawai di perusahaan dapat dikembangkan tanpa gangguan dari birokrat atau politik perusahaan.
- Eksperimen atau percobaan
2. Kerjasama adalah menciptakan kondisi dan sistem untuk memudahkan terjalinnya kerjasama internal dan eksternal serta pertukaran informasi.
- Koordinasi internal adalah inovasi yang berbuntut pada kesuksesan mengharuskan adanya keahlian dari beberapa departemen sekaligus, dan inovasi yang berbuntut kegagalan adalah hasil dari gagalnya kerjasama.Â
- Model keterkaitan horizontal, model ini menunjukan bahwa departemen penelitian, manufaktur, dan penjualan serta pemasaran yang ada dalam sebuah orgaanisasi secara serentak memberikan kontribusi pada terciptanya produk dan teknologi baru.
- Kondisi eksternal, organisasi memandang ke luar batas organisasinya untuk mencari dan mengembangkan ide-ide baru.
- Inovasi terbuka adalah memperlua pencarian dan merealisasikan ide-ide baru diluar batas-batas perusahaan bahkan diluar batas-batas industri.Â
3. Kewirausahaan adalah menciptakan mekanisme untuk memastikan bahwa ide-ide baru bisa diutarakan, diterima, dan diterapkan. Orang yang melihat kebutuhan dan memperjuangkan perubahan prosuktif dalam organisasinya disebut Juara ide.
- Tim usaha baru adalah unit yang terpisah dari semua unit organisasi yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan memulai sebuah inovasi besar.
- Skunkworks adalah kelompok kecil, informal, berotomi tinggi dan sering kali bersifat rahasia, serta terpisah dari organisasi yang berfokus pada ide-ide terobosan bagi organisasi.
- Dana usaha baru adalah yang menyediakan sumber daya yang dapat digunakan individu atau kelompok untuk mengembangkan ide, produk, atau bisnis baru. Â Â
Melakukan PerubahanÂ
Sebuah cara agar seorang manajer dapat merasakan pentingnya melakukan perubahan adalah dengan munculnya kesenjangan kinerja, perbedaan antara tingkat kinerja yang ada dan kinerja yang di kehendaki. Manajer kemudian berusaha menciptakan urgensi sehingga orang-orang di organisasi akan mengenali dan memahami keharusan untuk melakukan perubahan.Â
Halangan untuk berubah :
- Fokus berlebihan pada biaya
- Kegagalan melihat manfaat
- Kurangnya koordinasi dan kerjasama
- Penghindaran ketidakpastian
- Ketakutan menghadapi kerugian
Ketidakpastian adalah kurangnya informasi tentang kejadian dimasa yang akan datang, hal yang dianggap sebagai ancaman oleh para pegawai yang memiliki pengertian rendah terhadap perubahan dan ketakukan bahwa segala hal akan berjalan diluar kebiasaaan.Â
Nama    : Salwa Robbul IzzahÂ
Nim     : 3230022071Â
Prodi    : S1 Manajemen
Instansi : Universitas Nahdlatul Ulama SurabayaÂ
Tugas UTS Bahasa IndonesiaÂ
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI