Mohon tunggu...
SalsaBilla
SalsaBilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Volly ball

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori lev vygotsky dan Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

18 Januari 2025   11:33 Diperbarui: 18 Januari 2025   11:33 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berikut penjelasan tentang teori perkembangan sosial dan kognitif menurut Lev Vygotsky dan Jean Piaget secara mendetail:

1. Teori Lev Vygotsky: Zone of Proximal Development (ZPD) dan Peran Sosial

Inti Pemikiran

Lev Vygotsky (1896-1934) menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif manusia. Ia percaya bahwa pembelajaran terjadi melalui hubungan dengan orang lain, khususnya melalui bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten.

*Konsep Utama dalam Teori Vygotsky

-Zone of Proximal Development (ZPD)

ZPD adalah jarak antara kemampuan yang dimiliki anak untuk menyelesaikan tugas sendiri (kemampuan aktual) dengan potensi yang bisa dicapai dengan bantuan atau bimbingan.

Dalam ZPD, pembelajaran optimal terjadi saat anak dibantu untuk mencapai pemahaman yang tidak dapat dicapai sendiri.

-Scaffolding

Scaffolding adalah strategi di mana orang dewasa atau pembimbing memberikan dukungan sementara kepada anak untuk menyelesaikan tugas di dalam ZPD mereka.

Dukungan ini dikurangi secara bertahap saat anak mulai mampu melakukannya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun