Berikut penjelasan tentang teori perkembangan sosial dan kognitif menurut Lev Vygotsky dan Jean Piaget secara mendetail:
1. Teori Lev Vygotsky: Zone of Proximal Development (ZPD) dan Peran Sosial
Inti Pemikiran
Lev Vygotsky (1896-1934) menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif manusia. Ia percaya bahwa pembelajaran terjadi melalui hubungan dengan orang lain, khususnya melalui bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten.
*Konsep Utama dalam Teori Vygotsky
-Zone of Proximal Development (ZPD)
ZPD adalah jarak antara kemampuan yang dimiliki anak untuk menyelesaikan tugas sendiri (kemampuan aktual) dengan potensi yang bisa dicapai dengan bantuan atau bimbingan.
Dalam ZPD, pembelajaran optimal terjadi saat anak dibantu untuk mencapai pemahaman yang tidak dapat dicapai sendiri.
-Scaffolding
Scaffolding adalah strategi di mana orang dewasa atau pembimbing memberikan dukungan sementara kepada anak untuk menyelesaikan tugas di dalam ZPD mereka.
Dukungan ini dikurangi secara bertahap saat anak mulai mampu melakukannya sendiri.