Mohon tunggu...
Salman Alfarizi
Salman Alfarizi Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

saya mahasiswa unpam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Sosial Kultural Topik 3

21 Maret 2024   08:54 Diperbarui: 21 Maret 2024   09:07 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

No.

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

saya memiliki kesadaran bahwa perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik memiliki pengaruh penting dalam pendidikan, tetapi saya juga mengakui bahwa masih banyak yang perlu saya pelajari untuk dapat memahami dan menerapkannya secara efektif dalam proses pembelajaran.

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Yang saya pelajari dari konsep pada topik satu ini mengenai bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik mempengaruhi perjalanan pendidikan di Indonesia. Selain itu, mempelajari perspektif ini membuka wawasan saya tentang pentingnya mempertimbangkan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam merancang dan melaksanakan proses pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan relevan bagi semua peserta didik

3

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Yang saya pelajari lebih lanjut bersama teman-teman dalam ruang kolaborasi yaitu menganalisis video dengan melihat faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik itu penting dan mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran. Tidak hanya itu saja, Berbagi pengalaman kontekstual Saya mendapat kesempatan untuk mendengar pengalaman nyata rekan-rekan dalam menghadapi tantangan dan peluang terkait aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan mengajar mereka. Ini memberikan saya gambaran yang lebih konkret tentang penerapan konsep ini di lapangan

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Mengaplikasikan teori ke dalam konteks nyata Melalui demonstrasi, saya dapat melihat bagaimana konsep-konsep perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan diaplikasikan ke dalam situasi pembelajaran yang lebih konkret dan kontekstual.

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Jawab :

Secara keseluruhan, perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dan diintegrasikan dalam perancangan dan pelaksanaan pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan relevan bagi semua peserta didik dengan latar belakang yang beragam..

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Jawab :

Pemahaman awal saya yaitu sebelum mempelajari topik ini bahwa Kesadaran akan tantangan ekonomi dan akses Sebelumnya saya kurang mempertimbangkan aspek ekonomi dalam pendidikan. Tetapi kini saya lebih memahami tantangan yang dihadapi peserta didik dari latar belakang ekonomi yang berbeda dalam mengakses sumber daya dan peluang pendidikan

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Hal yang ingin dipelajari lebih lanjut yaitu Pengelolaan kelas dan lingkungan belajar yang inklusif Saya tertarik untuk memperdalam pemahaman tentang bagaimana menciptakan lingkungan kelas dan belajar yang inklusif, aman, dan mendukung bagi peserta didik dari latar belakang yang beragam, dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawab :

Yang saya pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah yang lain yaitu diantaranya :

Memahami Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran dan Filosofi Pendidikan Indonesia akan membantu guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih holistik, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

  • Mata Kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran dan Pembelajarannya

Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara mata kuliah Perspektif Sosikultural dengan Mata Kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran dan Pembelajarannya bahwa sebagai calon pendidik di masa depannanti perlunya menguasai teknologi. Hal ini dikarenakan dengan menguasai teknologi digital dapat memberikan pembelajaran yang interaktif dan menarik kepada peserta didik bisa dengan mengintegrasikan budaya.

  • Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik

SBEP membantu guru menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik. Hal ini dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi peserta didik. PPDP PPKn membantu guru memahami bagaimana konsep-konsep PPKn dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

  • Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

Perspektif SBEP dan TNP saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain. Dengan menggabungkan kedua pendekatan ini, kita dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih adil, inklusif, dan efektif untuk semua.

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Jawab :

Pembelajaran ini memberikan manfaat untuk bekal dan kesiapan saya sebagai guru nantinya yaitu Secara keseluruhan, mempelajari perspektif ini meningkatkan kesiapan saya sebagai seorang guru yang kompeten, peka terhadap keragaman, dan mampu merancang serta melaksanakan pembelajaran yang inklusif, kontekstual, dan efektif bagi semua peserta didik dengan latar belakang yang beragam..

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saya saat ini dalam skala 8. Hal ini dikarenakan saya masih terus belajar dan berusaha untuk mempersiapkan diri.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

Dengan mempersiapkan aspek-aspek tersebut, saya akan semakin siap untuk mengintegrasikan Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik ke dalam praktik mengajar saya secara efektif, relevan, dan bermakna bagi semua peserta didik dengan latar belakang yang beragam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun