Optimalisasi Pembelajaran Manejemen Kelas Dalam Teknologi
Oleh : Saila Halimatu Zahra
Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam
Universitas Ibn Khaldun BogorÂ
Strategi pembelajaran diera modern seperti sekarang tentunya banyak sekolah yang menggunakan alat teknilogi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pengajaran di kelas.Â
Teknologi ini meliputi penerapan alat digital, aplikasi, atau perangkat lunak untuk mendukung pengelolaan kelas, komunikasi guru-siswa, pembelajaran berbasis online, dan pengumpulan data untuk evaluasi dan perbaikan strategi pengajaran.Â
Dengan memanfaatkan teknologi dengan baik, guru dapat mengoptimalkan interaksi dalam kelas, menyediakan umpan balik yang lebih cepat kepada siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih terstruktur dan terlibat.
Warsita (2008: 170) menyatakan bahwa pengembangan sistem dan model  pembelajaran berbasis teknologi informasi, baik offline (multimedia) maupun online (Internet), memerlukan pertimbangan  beberapa pertimbangan seperti  keuntungan, biaya operasional dan pemeliharaan yang menyatakan bahwa evaluasi diperlukan.Â
Serta sumber daya manusia pun diperlukan sebagai penilai evaluasi apakah sudah efektif atau tidaknya. Ketika mengembangkan pedoman penerapan berbasis teknologi disekolah, sekolah harus mempertimbangkan manfaat dari bagaimana penerapannya akan bermanfaat bagi sekolah, guru dan staf, dan khususnya bagaimana hal itu akan bermanfaat bagi siswa dengan meningkatkan kualitas pendidikan harus mempertimbangkan manfaat yang diberikannya.
Adapula pendapat Munir (2008: 151) menyatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  khususnya teknologi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap efektivitas dan  efisiensi proses  pembelajaran.Â
Pembelajaran, termasuk  pembelajaran  berbasis teknologi, pada dasarnya tidak hanya sekedar menyampaikan informasi dan pengetahuan, namun juga mengkondisikan siswa untuk belajar.Â