Mohon tunggu...
Ngadi Parjoko
Ngadi Parjoko Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru Fisika di SMA Walisongo Karangmalang Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Menggeluti dunia web developer, advertising dan penulisan. Salam kenal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran Fisika Kelas X di SMA Walisongo Karangmalang Melalui Metode Inquiry Terbimbing pada Materi Pengukuran

30 Desember 2023   10:40 Diperbarui: 7 Januari 2024   18:08 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok Pribadi (Source Image: SMA Walisongo Karangmalang)

Study Kasus - Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran Fisika Kelas X di SMA Walisongo Karangmalang Melalui Metode Pembelajaran Inovatif Inquiry Terbimbing pada Materi Pengukuran guna Meningkatkan Kreatifitas, Kepercayaan Diri dan Sikap Kritis Peserta Didik secara Komprehensif

Disusun Oleh: Ngadi Parjoko, S.Si. (Guru SMA Walisongo Karangmalang)

A. Deskripsi

Studi kasus ini dilakukan di SMA Walisongo Karangmalang dengan mengusung topik mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran Fisika kelas X melalui metode Inquiry Terbimbing pada materi pengukuran. Melalui inkuiri yang terkait dengan penggunaan teknologi, tujuan utamanya adalah meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, dan sikap kritis siswa. Langkah-langkahnya mencakup penilaian awal terhadap pemahaman siswa dan infrastruktur teknologi, pengembangan konten kurikulum yang menekankan Inquiry Terbimbing dan sumber daya pembelajaran berbasis teknologi, pelatihan intensif bagi guru, persiapan materi Inquiry Terbimbing yang menarik, dan implementasi aktif di kelas. Evaluasi berkelanjutan akan dilakukan untuk memantau kemajuan perkembangan siswa. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kritis siswa dalam mengaplikasikan konsep Fisika, memperkuat rasa percaya diri mereka dalam menghadapi tantangan Fisika, dan membangun kreativitas melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif. Studi kasus ini menjadi contoh integrasi teknologi yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran Fisika secara menyeluruh.

B. Analisis Situasi

Studi kasus integrasi teknologi dalam pembelajaran Fisika di SMA Walisongo Karangmalang melalui metode Inquiry Terbimbing pada materi pengukuran mencerminkan upaya inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Situasi awal kondisi peserta didik kelas XI SMA Walisongo Karangmalang menunjukkan kebutuhan perlunya pendekatan pembelajaran yang menggugah minat siswa dan menghadirkan konsep Fisika secara praktis. SMA Walisongo Karangmalang sendiri sebenarnya memiliki infrastruktur teknologi yang cukup memadai. Walau demikian belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk pembelajaran interaktif.

Pendekatan Inquiry Terbimbing sendiri memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, memecahkan masalah nyata, dan menerapkan konsep Fisika dalam situasi kehidupan sehari-hari. Integrasi teknologi, seperti perangkat lunak simulasi dan sumber daya web e-Learning, akan memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan mendalam.

Pelatihan intensif bagi guru menjadi kunci keberhasilan, sehingga perlu memastikan mereka mahir dalam mengaplikasikan teknologi dan memfasilitasi proses Inquiry Terbimbing dengan baik. Penilaian terus-menerus terhadap perkembangan siswa akan membantu memahami dampak dari metode ini terhadap kreativitas, kepercayaan diri, dan sikap kritis mereka.

Sementara pencapaian tujuan tersebut sangat diharapkan, evaluasi berkala dan refleksi menyeluruh akan menjadi instrumen penting untuk mengukur efektivitas metode ini. Hasil dari studi kasus ini dapat menjadi model bagi sekolah lain untuk mengadopsi metode pembelajaran inovatif yang menarik dan berdampak besar terhadap pengalaman belajar siswa.

Dengan pendekatan yang tepat, integrasi teknologi dan Inquiry Terbimbing dalam pembelajaran Fisika di SMA Walisongo Karangmalang akan mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan, tidak hanya dalam pemahaman Fisika, tetapi juga dalam keterampilan pemecahan masalah, kreativitas, dan kemandirian dalam belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun