Terdapat sebuah informasi tambahan bagi peserta PembaTIK Tahun 2023 Level 3 yaitu berupa ujian akhir ulang pada hari ini yaitu 24 September 2023 pada pukul 08.00-21.00 WIB. Hal tersebut merupakan kebijakan dari penyelenggara PembaTIK karena saat Ujian Akhir yang berlangsung pda 21 September 2023 terjadi kendala akun google dengan fitur lainnya termasuk belajar.id. Ini merupakan angin segar bagi peserta untuk tidak menyiakan kesempatan yang diberikan oleh penyelenggara.
PembaTIK merupakan sebuah akronim dari Pembelajaran berbasis TIK. PembaTIK tahun 2023 memang sudah sampai pada level 3 yaitu kreasi. Setiap peserta baik itu dari pendidik maupun dari tenaga kependidikan membuat sebuah kreasi media pembelajaran. Adapun rangkaian kegiatan pada level 3 PembaTIK tahun 2023 sebagai berikut :
- Pelaksanaan kelas : 6 s.d 21 September 2023
Pada pelaksanaan kelas terbagi menjadi 4 modul yang harus dipelajari oleh setiap peserta PembaTIK 2023 level 3 ini yaitu:
Modul 9 : Pengembangan Media Audio Pembelajaran
Modul 10 : Pengembangan Media Video Pembelajaran
Modul 11 : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Modul 12 : Pengembangan Edu Game
- Sesi Sinkronus Massal : 8 September 2023
Pada sesi ini peserta diharapkan mengikuti pembelajaran secara langsung melalui Google Meet yang diberikan. Bisa juga dilihat melalui youtube secara unlisted.
- Sesi Sinkronus Kelas : 12 September 2023
Pada sesi ini peserta pada satu kelas diharapkan mengikuti pembelajaran secara langsung melalui Google Meet yang diberikan. Bisa juga dilihat melalui youtube secara unlisted.
- Batas Pengumpulan Tugas Akhir : 19 September 2023
Tugas akhir pada level 3 ini yaitu setiap peserta diharapkan bisa membuat sebuah media pembelajaran di antara 4 media pembelajaran yang diberikan. Semakin kreasi peserta baik tentu akan mendapatkan nilai terbaik.
Adapun nilai batas minimal dari media pembelajaran yang dibuat yaitu sebagai berikut:
Jika peserta membuat media audio pembelajaran maka mendapat nilai minimal 60
Jika peserta membuat media video pembelajaran maka mendapat nilai minimal 65
Jika peserta membuat media pembelajaran interaktif ataupun edua game maka mendapat nilai minimal 70
Adapun nilai maksimal dari tugas akhir yaitu 100.
Peserta diharapkan bisa membuat sebaik mungkin tugas akhir tersebut.
- Ujian Akhir : 20 s.d 21 September 2023 (Peserta dapat memilih 1 dari 2 tanggal tersebut)
Untuk sesi terakhir yaitu Ujian Akhir di mana peserta dapat memilih waktu diantara tanggal tersebut. Namun karena pada tanggal 21 September 2023 banyak peserta mengalami gangguan sehingga diambil kebijakan untuk mengadakan ujian akhir ulang pada hari ini yaitu 24 September 2023.
Adapun Ketentuan Ujian Akhir PembaTIK 2023 Level 3: Kreasi
1. Pastikan Anda mengerjakan formulir Ujian Akhir dengan menggunakan akun belajar.id yang Anda daftarkan di PembaTIK 2023
2. Peserta akan menerima paket soal yang berbeda;
3. Pilihlah salah satu jawaban yang benar;
4. Ujian Akhir dilakukan selama 90 menit;
5. Peserta hanya mendapatkan 1 (satu) kali kesempatan mengerjakan ujian;
6. Peserta wajib mengerjakan Ujian Akhir secara mandiri;
7. Peserta dilarang untuk menyebarluaskan soal dan/atau jawaban ujian akhir;
8. Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai penyelenggara PembaTIK berhak mendiskualifikasi peserta apabila ditemukan kecurangan dalam mengerjakan ujian akhir;
9. Dengan mengklik lampiran formulir ujian yang ada di bawah ini, maka peserta dinyatakan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
10. Setelah selesai mengerjakan Ujian Akhir, peserta mengisi formulir evaluasi pelaksanaan PembaTIK Level 3
Nah, Sebelum melaksanakan Ujian Akhir ada baiknya untuk belajar terlebih dahulu. Berikut beberapa sarian Soal Ujian Akhir dan jawaban sekiranya bisa membantu untuk melaksanakan soal-soal dalam Ujian Akhir pada rentang waktu yang diberikan. Berikut bocoran Ujian Akhir PembaTIK 2023 level 3:
1. Langkah pertama dalam perencanaan audio pembelajaran adalah ....
A. pencarian ide
B. rembuk naskah
C. telaah materi
D. penyusunan JM
Jawaban : C
2. Unsur-unsur program audio yang tepat adalah ...
A. tutur kata, musik dan sound efek
B. bahasa, musik, dan lagu
C. tutur kata, musik, dan naskah
D. bahasa, naskah, dan lagu
Jawaban : A
3. Salah satu kriteria pengkaji bahasa adalah ....
A. pernah membuat naskah audio
B. memiliki latar belakang pendidikan apapun
C. pernah menyutradarai produksi audio dan layak siar
D. mempunyai pengetahuan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Jawaban : D
4. Platform yang dapat dimanfaatkan untuk membagikan audio adalah sebagai
berikut, kecuali....
A. Soundku
B. Jamendo
C. Soundtrap
D. Soundcloud
Jawaban : A
5. Format program audio yang tepat, kecuali ....
A. uraian
B. isian
C. diskusi
D. dialog
Jawaban : B
6. GBIM dan JM adalah penjabaran materi atau tujuan pembelajaran yang
sebelumnya sudah ditentukan dalam ....
A. Naskah
B. Latihan
C. Modul Ajar
D. Capaian Pembelajaran
Jawaban : C
7. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pengisi suara
adalah ....
A. jenis kelamin, format program, dan karakteristik suara
B. format program, umur, dan karakteristik suara
C. jenis kelamin, umur, dan karakteristik suara.
D. naskah, umur, dan karakteristik suara.
Jawaban : C
8. Teknik perekaman suara yang terpisah antara audio dan video di sebut ....
A. single system
B. double system
C. separate system
D. mixed system
Jawaban : B
9. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi GBPM dalam proses penulisan
naskah video pembelajaran adalah ....
A. acuan dalam membuat naskah video pembelajaran
B. memuat kompetensi dasar
C. memuat referensi yang digunakan
D. memuat tampilan dua kolom berupa video dan audio
Jawaban : E
10. Aplikasi proses produksi video pembelajaran daring dengan banyak templat dan
telah terintegrasi dengan akun pembelajaran (belajar.id) adalah ....
A. Powtoon
B. Canva
C. Zoom
D. Loom
E. Filmora
Jawaban : B
11. Fungsi efek "Reverb" pada aplikasi audacity adalah ....
A. menghapus suara bising
B. menggemakan suara
C. melambatkan suara
D. menstabilkan suara
Jawaban : B
12. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam tahap "Pra Produksi" adalah ....
A. editing dan mixing
B. pembentukan tim
C. pemilihan pemain
D. rembuk naskah
Jawaban : A
13. Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang enak
dilihat dan didengar disebut dengan....
A. Rendering
B. Editing
C. Mixing
D. Recording
E. Trimming
Jawaban : C
14. Naskah yang terdapat gambaran secara lengkap setiap adegan bahkan shot
(gambaran), misalnya bagaimana gerakan, di mana posisi objek, dan
melakukan apa, kemudian dimana posisi kamera bagaimana cara pengambilan
gambarnya, kemudian di mana lampu dan bagaimana suasana yang ingin
diciptakan disebut ....
A. GBPM
B. Jabaran Materi
C. Storyboard
D. Naskah video pembelajaran
E. Naskah yang sudah dikaji
Jawaban : C
15. Penyampaian materi berikut yang tidak tepat ditampilkan dalam media video
pembelajaran, diantaranya ...
A. Merangkai dan menggunakan alat uji elektrolit
B. Proses meletusnya gunung berapi
C. Perkembangbiakan mamalia laut
D. Daur hidup kupu-kupu
Jawaban : A
16. Apabila kita akan menonjolkan penampakan seekor Iguana yang berada pada
rimbunnya dedaunan di tengah hutan, teknik pengambilan gambar yang paling
tepat adalah ...
A. Teknik zoom
B. Teknik extreme close up
C. Teknik out of focus
D. Mengatur proporsi iguana dan pepohonan secara berimbang
Jawaban : C
17. Hasil akhir dari kegiatan pra produksi adalah ....
A. Kumpulan klip video dan suara yang siap diedit
B. Storyboard
C. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
E. GBIM
Jawaban : D
18. Berikut ini manfaat dan keuntungan penggunaan video dalam pembelajaran,
kecuali ...
A. Dapat menggambarkan proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulangulang
B. Mampu menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat peserta didik
C. Mampu mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap
melihatnya
D. Mampu menggantikan fungsi guru di kelas dalam proses pembelajaran
Jawaban : D
19. Diantara beberapa pernyataan berikut, pernyataan yang paling tepat diantaranya
adalah ...
A. GBIM berisi gambaran atau deskripsi tentang pesan atau informasi yang akan
disampaikan
B. Gagasan video pembelajaran bersumber pada kurikulum, karena didalamnya terdapat tujuan pembelajaran yang akan dicapai
C. JM disusun sebagai penjabaran kompetensi dan indikator hasil belajar yang
akan dicapai
D. Penulisan GBIM dapat menggunakan format satu kolom, dua kolom, maupun
wide margin
Jawaban : B
20. Dalam penyusunan naskah soal fiksi/drama, format paling tepat yang digunakan
adalah ...
A. Satu kolom
B. Dua kolom
C. Wide margin
D. Kombinasi antara wide margin dengan dua kolom
Jawaban : C
21. Pada tahapan pasca produksi, hal yang tidak dilakukan pada tahap ini diantaranya ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Distribusi
Jawaban : C
22. Kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah
sesuai dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari ...
A. Preview
B. Mixing
C. Rembuk naskah
D. Editing
Jawaban : A
23. Berikut yang bukan tahapan produksi video pembelajaran diantaranya
A. Pembentukan tim
B. Pengambilan gambar dan suara
C. Manajemen produksi yang efektif dan efisien
D. Menginventarisir berbagai masalah pembelajaran
Jawaban : D
24. Berikut yang bukan merupakan komponen GBIM adalah ... .
A. Tempat/lokasi
B. Referensi
C. Tujuan/indikator
D. Materi dan sub materi pokok
Jawaban : A
25. Aplikasi video conference berikut lazim digunakan untuk membuat video
pembelajaran, kecuali ...
A. Zoom meeting
B. Call group
C. Webex meeting
D. Google meet
Jawaban : B
26. Komponen multimedia pembelajaran interaktif yang harus ada adalah, kecuali
....
A. judul
B. tujuan
C. materi
D. simulasi
E. latihan / soal
Jawaban : D
27. Berikut adalah tahapan pengembangan MPI:
1. Pra produksi
2. Pasca produksi
3. Produksi
Urutan yang tepat yaitu ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 2
C. 2, 3, dan 1
D. 2, 1, dan 3
E. 3, 2, dan 1
Jawaban : B
28. Drill and practice merupakan jenis multimedia pembelajaran interaktif
berdasarkan ....
A. materi Pembelajaran
B. latihan Pembelajaran
C. tujuan Pembelajaran
D. gaya Pembelajaran
E. metode Pembelajaran
Jawaban : C
29. Pada proses pra produksi hal yang perlu dipersiapkan adalah ....
A. storyline
B. kamera
C. lighting
D. laptop
E. HP
Jawaban : A
30. Fungsi utama dari navigasi atau menu-menu dalam multimedia pembelajaran
interaktif yaitu ....
A. memperindah tampilan MPI
B. mengarahkan siswa untuk menuju materi yang diinginkan
C. menambah keunikan MPI
D. membedakannya dengan media lain
E. memperjelas isi materi
Jawaban : B
31. Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek
merupakan fungsi fitur ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Menu
Jawaban : D
32. Media berikut yang tidak dapat digunakan dalam membuat multimedia
pembelajaran interaktif yaitu ....
A. Articulate Storyline
B. Kinemaster
C. Google Site
D. Canva for Education
E. Ispring
Jawaban : B
33. Fitur di Articulate yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah ....
A. Audio
B. Caption
C. Character
D. Video
E. Web Object
Jawaban : A
34. Hasil publikasi MPI menggunakan articulate storyline dapat dijalankan melalui,
kecuali ....
A. desktop, berupa file aplikasi (.exe)
B. web browser, berupa file HTML5
C. video tutorial
D. smartphone Android, dengan mengkonversinya menjadi APK
E. LMS (Learning Management System) seperti Moodle, berupa file SCORM
Jawaban : C
35. Bagian yang penting dalam articulate storyline digunakan untuk memisahkan
objek (konten) yang satu dengan lainnya adalah ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Menu
Jawaban : B
36. Edugame adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang
bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharapkan bisa menambah
wawasan pengetahuan. Pengertian di atas berdasarkan pengertian dari ....
A. Alya
B. Marc Prensky
C. Novia Desta
D. Handriyantini
E. Mark Antony
Jawaban : C
37. Aplikasi pembuatan Edugame berikut yang dibuat untuk pemula, kecuali..
A. Smart App Creator
B. Adventure Maker Studio
C. Construct
D. Articulate Storyline
E. Cam Studio
Jawaban : E
38. Fitur Smart Apps Creator yang digunakan untuk menambahkan website adalah
....
A. Timer
B. Counter
C. Hotspot
D. Button
E. Website
Jawaban : D
39. Komponen-komponen dasar dalam pengembangan gim edukasi yang harus
dipahami diantaranya, kecuali ....
A. karakteristik Edugame
B. jenis-Jenis Edugame
C. tahapan Pengembangan Edugame
D. tahapan Penggunaan Edugame
E. mengenal Aplikasi Pembuat Edugame
Jawaban : D
40. Konten yang dimasukkan ke dalam page, sebaiknya dilengkapi juga dengan
audio narator. Jadi tidak hanya teks dan gambar. Langkah yang tepat yaitu ....
A. pergi ke menu Insert lalu klik Audio.
B. pergi ke menu Insert lalu klik Musik.
C. pergi ke menu Insert lalu klik Open.
D. pergi ke menu Insert lalu klik Interaction.
E. pergi ke menu Insert lalu klik Touch.
Jawaban : A
41. Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis
dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar
video adalah pengertian multimedia Interaktif menurut ....
A. Hofstetter
B. Robin dan Linda
C. Daryanto
D. Mc. Comick
E. Mahmoud & Auoter
Jawaban : B
42. Tahapan pengembangan MPI meliputi ....
A. Ide, GBIM & JM, Penyusunan naskah, Pengkajian naskah
B. rembuk naskah, casting, hunting, crew meeting, syuting
C. editing, mixing, preview, uji coba, revisi, distribusi
D. membuat storyboard, hunting, syuting
E. menentukan topik, menyusun GBIM JM, menyusun naskah
Jawaban : E
43. Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ....
A. storyboard
B. video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif
D. kumpulan clip video dan suara yang siap diedit
E. naskah multimedia pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
Jawaban : C
44. Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media presentasi adalah ....
A. kontrol pada pengguna
B. kontrol pada penyaji
C. materi point per point
D. navigasi sederhana
E. evaluasi berupa penugasan
Jawaban : A
45. Pada sajian multimedia gambar dapat memiliki fungsi untuk ....
A. memvisualisasikan konsep verbal
B. memvisualisasikan video
C. mempermudah penyampaian pesan
D. memperindah media
E. menambah makna teks
Jawaban : A
46. Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek
merupakan fungsi fitur ....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger
E. Show and Hide
Jawaban : D
47. Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah...
A. Audio
B. Caption
C. Character
D. Video
E. Images
Jawaban : A
48. Bukan merupakan manfaat multimedia pembelajaran interaktif adalah ....
A. proses pembelajaran menjadi menarik
B. waktu mengajar lebih pendek
C. pemahaman siswa dapat ditingkatkan
D. tidak membutuhkan banyak materi
E. belajar mandiri dapat dilakukan dimana saja
Jawaban : D
49. Media yang tidak dapat dimanfaatkan untuk membuat multimedia pembelajaran
interaktif adalah ....
A. Canva for Education
B. Google Slide
C. Google Site
D. Google Doc
E. Smart Apps Creator
Jawaban : D
50. Referensi background yang bisa anda gunakan dalam pengembangan MPI, kecuali
....
A. www.pexels.com
B. www.dafont.com
C. www.freepik.com
D. pngtree.com
E. pngtree.com
Jawaban : B
51. Media pembelajaran digital dalam inovasi pembelajaran merupakan...
a. proses belajar berdiferensiasi untuk menciptakan suasana dan proses
pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan
perantara internet atau teknologi digital
b. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola
dengan kreatif dan menerapkan berbagai macam pendekatan ke arah yang
lebih baik untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif
terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi
digital
c. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dan dikembangkan, dengan
menggunakan artificial intelligence untuk menciptakan suasana dan proses
pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan
perantara internet atau teknologi digital
d. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola
dengan kreatif melalui media sosial dengan menggunakan perantara internet
atau teknologi digital
Jawaban : B
52. Di bawah ini jenis-jenis media pembelajaran berteknologi digital, kecuali ...
a. Video dan Animasi
b. Game Based Learning
c. SMS
d. Augmented Reality
Jawaban : C
53. Pictory merupakan salah satu artificial Intelligence (AI) yang dapat dimanfaatkan
dalam pembelajaran. Di bawah ini pengertian yang benar tentang Pictory yaitu ....
a. platform yang menggunakan teknologi AI untuk membuat gambar dan video
secara otomatis berdasarkan teks, artikel atau skenario yang diberikan
b. merupakan platform dengan fitur pembuatan video karakter AI berbicara seperti
manusia pada umumnya
c. Merupakan program dengan teknologi canggih yang dapat memproduksi tulisan
yang tidak pasaran. Para pembuatnya bertujuan untuk membantu pengguna
mendapatkan penghargaan dan pujian akan tulisan yang dibuat
d. Merupakan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran
digital
Jawaban : A
54. Dibawah ini adalah kecerdasan buatan (artificial Intelligence / AI) yang dapat
digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yaitu...
a. Chat GPT, Podcast, Tiktok
b. Chat GPT, Pictory, Snack Video
c. Chat GPT, Kinemaster, Capcut
d. Chat GPT, D-ID, Pictory
Jawaban : D
55. Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu...
a. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid
b. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran
c. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah
d. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk
karakter siswa
Jawaban : B
56. Pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman siswa melalui
pengalaman praktis dan aplikasi dalam situasi yang relevan merupakan bentuk
pembelajaran....
a. Game Based Learning
b. Crossover Learning
c. Project Based Learning
d. Discovery Inquiry Learning
Jawaban : C
57. Strategi pembelajaran yang bertujuan mengakomodir kebutuhan belajar peserta
didik yang berbeda-beda disebut...
a. Pembelajaran Bermakna
b. Pembelajaran Berkonsep
c. Pembelajaran Terpusat Siswa
d. Pembelajaran Terdiferensiasi
Jawaban : D
58. Sebuah wadah di PMM agar para guru dapat melihat semua konten (bukti karya,
video inspirasi, artikel pendek, dan cerita praktik) yang dikurasi oleh Tim PMM, guru
juga dapat memahami praktik baik dari guru lainnya dan juga bisa membaca,
melihat atau menonton karya dari guru lain. Menu terbaru yang dimaksud adalah...
a. Ide Praktik
b. Bukti Karya
c. Pelatihan Mandiri
d. Komunitas
Jawaban : A
59. Pak Fadil mengajar sosiologi pada fase E. Pak Fadil kesulitan dalam membuat
modul ajar. Fitur apa yang terdapat di PMM yang dapat diunduh pak Fadil sebagai
referensi pembuatan modul ajar yang akan disesuaikan dengan kondisi sekolah
Pak Fadil...
a. Asesmen Murid
b. Perangkat Ajar
c. Pelatihan Mandiri
d. Video Inspirasi
Jawaban : B
Demikian bocoran SOAL dan jawaban Ujian Akhir PembaTIK tahun 2023 level 3 yang dapat saya sarikan dari modul pembelajaran yang diberikan. Selamat belajar dan persiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam pengerjaan Ujian Akhir susulan PembaTIK 2023 Level 3 bagi yang terkendala pada 20 September 2023 untuk dapat mengerjakan pada hari ini 24 September 2023. Â Semoga dengan belajar dengan sebaiknya, bisa mencapai kelulusan pada level 3 dan dapat lolos sebagai 30 peserta terbaik di level 3 tiap provinsi untuk melaju ke level 4 PembaTIK tahun 2023. Doakan saya juga bisa menjadi 1 diantara 30 peserta terbaik tersebut ya teman-teman.
Sukses untuk kita semua. Semangat Belajar!