Mohon tunggu...
Saepullah
Saepullah Mohon Tunggu... Guru - Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Soal Ujian Akhir Susulan PembaTIK Tahun 2023 Level 3, Selamat Belajar!

24 September 2023   10:29 Diperbarui: 24 September 2023   10:34 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terdapat sebuah informasi tambahan bagi peserta PembaTIK Tahun 2023 Level 3 yaitu berupa ujian akhir ulang pada hari ini yaitu 24 September 2023 pada pukul 08.00-21.00 WIB. Hal tersebut merupakan kebijakan dari penyelenggara PembaTIK karena saat Ujian Akhir yang berlangsung pda 21 September 2023 terjadi kendala akun google dengan fitur lainnya termasuk belajar.id. Ini merupakan angin segar bagi peserta untuk tidak menyiakan kesempatan yang diberikan oleh penyelenggara.

PembaTIK merupakan sebuah akronim dari Pembelajaran berbasis TIK. PembaTIK tahun 2023 memang sudah sampai pada level 3 yaitu kreasi. Setiap peserta baik itu dari pendidik maupun dari tenaga kependidikan membuat sebuah kreasi media pembelajaran. Adapun rangkaian kegiatan pada level 3 PembaTIK tahun 2023 sebagai berikut :

- Pelaksanaan kelas : 6 s.d 21 September 2023

Pada pelaksanaan kelas terbagi menjadi 4 modul yang harus dipelajari oleh setiap peserta PembaTIK 2023 level 3 ini yaitu:

Modul 9 : Pengembangan Media Audio Pembelajaran

Modul 10 : Pengembangan Media Video Pembelajaran

Modul 11 : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Modul 12 : Pengembangan Edu Game

- Sesi Sinkronus Massal : 8 September 2023

Pada sesi ini peserta diharapkan mengikuti pembelajaran secara langsung melalui Google Meet yang diberikan. Bisa juga dilihat melalui youtube secara unlisted.

- Sesi Sinkronus Kelas : 12 September 2023

Pada sesi ini peserta pada satu kelas diharapkan mengikuti pembelajaran secara langsung melalui Google Meet yang diberikan. Bisa juga dilihat melalui youtube secara unlisted.

- Batas Pengumpulan Tugas Akhir : 19 September 2023

Tugas akhir pada level 3 ini yaitu setiap peserta diharapkan bisa membuat sebuah media pembelajaran di antara 4 media pembelajaran yang diberikan. Semakin kreasi peserta baik tentu akan mendapatkan nilai terbaik.

Adapun nilai batas minimal dari media pembelajaran yang dibuat yaitu sebagai berikut:

Jika peserta membuat media audio pembelajaran maka mendapat nilai minimal 60

Jika peserta membuat media video pembelajaran maka mendapat nilai minimal 65

Jika peserta membuat media pembelajaran interaktif ataupun edua game maka mendapat nilai minimal 70

Adapun nilai maksimal dari tugas akhir yaitu 100.

Peserta diharapkan bisa membuat sebaik mungkin tugas akhir tersebut.

- Ujian Akhir : 20 s.d 21 September 2023 (Peserta dapat memilih 1 dari 2 tanggal tersebut)

Untuk sesi terakhir yaitu Ujian Akhir di mana peserta dapat memilih waktu diantara tanggal tersebut. Namun karena pada tanggal 21 September 2023 banyak peserta mengalami gangguan sehingga diambil kebijakan untuk mengadakan ujian akhir ulang pada hari ini yaitu 24 September 2023.

Adapun Ketentuan Ujian Akhir PembaTIK 2023 Level 3: Kreasi

1. Pastikan Anda mengerjakan formulir Ujian Akhir dengan menggunakan akun belajar.id yang Anda daftarkan di PembaTIK 2023

2. Peserta akan menerima paket soal yang berbeda;

3. Pilihlah salah satu jawaban yang benar;

4. Ujian Akhir dilakukan selama 90 menit;

5. Peserta hanya mendapatkan 1 (satu) kali kesempatan mengerjakan ujian;

6. Peserta wajib mengerjakan Ujian Akhir secara mandiri;

7. Peserta dilarang untuk menyebarluaskan soal dan/atau jawaban ujian akhir;

8. Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai penyelenggara PembaTIK berhak mendiskualifikasi peserta apabila ditemukan kecurangan dalam mengerjakan ujian akhir;

9. Dengan mengklik lampiran formulir ujian yang ada di bawah ini, maka peserta dinyatakan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

10. Setelah selesai mengerjakan Ujian Akhir, peserta mengisi formulir evaluasi pelaksanaan PembaTIK Level 3

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

Nah, Sebelum melaksanakan Ujian Akhir ada baiknya untuk belajar terlebih dahulu. Berikut beberapa sarian Soal Ujian Akhir dan jawaban sekiranya bisa membantu untuk melaksanakan soal-soal dalam Ujian Akhir pada rentang waktu yang diberikan. Berikut bocoran Ujian Akhir PembaTIK 2023 level 3:

1. Langkah pertama dalam perencanaan audio pembelajaran adalah ....

A. pencarian ide

B. rembuk naskah

C. telaah materi

D. penyusunan JM

Jawaban : C

2. Unsur-unsur program audio yang tepat adalah ...

A. tutur kata, musik dan sound efek

B. bahasa, musik, dan lagu

C. tutur kata, musik, dan naskah

D. bahasa, naskah, dan lagu

Jawaban : A

3. Salah satu kriteria pengkaji bahasa adalah ....

A. pernah membuat naskah audio

B. memiliki latar belakang pendidikan apapun

C. pernah menyutradarai produksi audio dan layak siar

D. mempunyai pengetahuan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Jawaban : D

4. Platform yang dapat dimanfaatkan untuk membagikan audio adalah sebagai

berikut, kecuali....

A. Soundku

B. Jamendo

C. Soundtrap

D. Soundcloud

Jawaban : A

5. Format program audio yang tepat, kecuali ....

A. uraian

B. isian

C. diskusi

D. dialog

Jawaban : B

6. GBIM dan JM adalah penjabaran materi atau tujuan pembelajaran yang

sebelumnya sudah ditentukan dalam ....

A. Naskah

B. Latihan

C. Modul Ajar

D. Capaian Pembelajaran

Jawaban : C

7. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pengisi suara

adalah ....

A. jenis kelamin, format program, dan karakteristik suara

B. format program, umur, dan karakteristik suara

C. jenis kelamin, umur, dan karakteristik suara.

D. naskah, umur, dan karakteristik suara.

Jawaban : C

8. Teknik perekaman suara yang terpisah antara audio dan video di sebut ....

A. single system

B. double system

C. separate system

D. mixed system

Jawaban : B

9. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi GBPM dalam proses penulisan

naskah video pembelajaran adalah ....

A. acuan dalam membuat naskah video pembelajaran

B. memuat kompetensi dasar

C. memuat referensi yang digunakan

D. memuat tampilan dua kolom berupa video dan audio

Jawaban : E

10. Aplikasi proses produksi video pembelajaran daring dengan banyak templat dan

telah terintegrasi dengan akun pembelajaran (belajar.id) adalah ....

A. Powtoon

B. Canva

C. Zoom

D. Loom

E. Filmora

Jawaban : B

11. Fungsi efek "Reverb" pada aplikasi audacity adalah ....

A. menghapus suara bising

B. menggemakan suara

C. melambatkan suara

D. menstabilkan suara

Jawaban : B

12. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam tahap "Pra Produksi" adalah ....

A. editing dan mixing

B. pembentukan tim

C. pemilihan pemain

D. rembuk naskah

Jawaban : A

13. Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang enak

dilihat dan didengar disebut dengan....

A. Rendering

B. Editing

C. Mixing

D. Recording

E. Trimming

Jawaban : C

14. Naskah yang terdapat gambaran secara lengkap setiap adegan bahkan shot

(gambaran), misalnya bagaimana gerakan, di mana posisi objek, dan

melakukan apa, kemudian dimana posisi kamera bagaimana cara pengambilan

gambarnya, kemudian di mana lampu dan bagaimana suasana yang ingin

diciptakan disebut ....

A. GBPM

B. Jabaran Materi

C. Storyboard

D. Naskah video pembelajaran

E. Naskah yang sudah dikaji

Jawaban : C

15. Penyampaian materi berikut yang tidak tepat ditampilkan dalam media video

pembelajaran, diantaranya ...

A. Merangkai dan menggunakan alat uji elektrolit

B. Proses meletusnya gunung berapi

C. Perkembangbiakan mamalia laut

D. Daur hidup kupu-kupu

Jawaban : A

16. Apabila kita akan menonjolkan penampakan seekor Iguana yang berada pada

rimbunnya dedaunan di tengah hutan, teknik pengambilan gambar yang paling

tepat adalah ...

A. Teknik zoom

B. Teknik extreme close up

C. Teknik out of focus

D. Mengatur proporsi iguana dan pepohonan secara berimbang

Jawaban : C

17. Hasil akhir dari kegiatan pra produksi adalah ....

A. Kumpulan klip video dan suara yang siap diedit

B. Storyboard

C. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan

D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji

E. GBIM

Jawaban : D

18. Berikut ini manfaat dan keuntungan penggunaan video dalam pembelajaran,

kecuali ...

A. Dapat menggambarkan proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulangulang

B. Mampu menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat peserta didik

C. Mampu mendorong dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap

melihatnya

D. Mampu menggantikan fungsi guru di kelas dalam proses pembelajaran

Jawaban : D

19. Diantara beberapa pernyataan berikut, pernyataan yang paling tepat diantaranya

adalah ...

A. GBIM berisi gambaran atau deskripsi tentang pesan atau informasi yang akan

disampaikan

B. Gagasan video pembelajaran bersumber pada kurikulum, karena didalamnya terdapat tujuan pembelajaran yang akan dicapai

C. JM disusun sebagai penjabaran kompetensi dan indikator hasil belajar yang

akan dicapai

D. Penulisan GBIM dapat menggunakan format satu kolom, dua kolom, maupun

wide margin

Jawaban : B

20. Dalam penyusunan naskah soal fiksi/drama, format paling tepat yang digunakan

adalah ...

A. Satu kolom

B. Dua kolom

C. Wide margin

D. Kombinasi antara wide margin dengan dua kolom

Jawaban : C

21. Pada tahapan pasca produksi, hal yang tidak dilakukan pada tahap ini diantaranya ...

A. Preview

B. Mixing

C. Rembuk naskah

D. Distribusi

Jawaban : C

22. Kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah media video pembelajaran sudah

sesuai dengan perencanaan awal (naskah) yang disusun merupakan bagian dari ...

A. Preview

B. Mixing

C. Rembuk naskah

D. Editing

Jawaban : A

23. Berikut yang bukan tahapan produksi video pembelajaran diantaranya

A. Pembentukan tim

B. Pengambilan gambar dan suara

C. Manajemen produksi yang efektif dan efisien

D. Menginventarisir berbagai masalah pembelajaran

Jawaban : D

24. Berikut yang bukan merupakan komponen GBIM adalah ... .

A. Tempat/lokasi

B. Referensi

C. Tujuan/indikator

D. Materi dan sub materi pokok

Jawaban : A

25. Aplikasi video conference berikut lazim digunakan untuk membuat video

pembelajaran, kecuali ...

A. Zoom meeting

B. Call group

C. Webex meeting

D. Google meet

Jawaban : B

26. Komponen multimedia pembelajaran interaktif yang harus ada adalah, kecuali

....

A. judul

B. tujuan

C. materi

D. simulasi

E. latihan / soal

Jawaban : D

27. Berikut adalah tahapan pengembangan MPI:

1. Pra produksi

2. Pasca produksi

3. Produksi

Urutan yang tepat yaitu ...

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 3, dan 2

C. 2, 3, dan 1

D. 2, 1, dan 3

E. 3, 2, dan 1

Jawaban : B

28. Drill and practice merupakan jenis multimedia pembelajaran interaktif

berdasarkan ....

A. materi Pembelajaran

B. latihan Pembelajaran

C. tujuan Pembelajaran

D. gaya Pembelajaran

E. metode Pembelajaran

Jawaban : C

29. Pada proses pra produksi hal yang perlu dipersiapkan adalah ....

A. storyline

B. kamera

C. lighting

D. laptop

E. HP

Jawaban : A

30. Fungsi utama dari navigasi atau menu-menu dalam multimedia pembelajaran

interaktif yaitu ....

A. memperindah tampilan MPI

B. mengarahkan siswa untuk menuju materi yang diinginkan

C. menambah keunikan MPI

D. membedakannya dengan media lain

E. memperjelas isi materi

Jawaban : B

31. Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek

merupakan fungsi fitur ....

A. Slide

B. Layer

C. Scene

D. Trigger

E. Menu

Jawaban : D

32. Media berikut yang tidak dapat digunakan dalam membuat multimedia

pembelajaran interaktif yaitu ....

A. Articulate Storyline

B. Kinemaster

C. Google Site

D. Canva for Education

E. Ispring

Jawaban : B

33. Fitur di Articulate yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah ....

A. Audio

B. Caption

C. Character

D. Video

E. Web Object

Jawaban : A

34. Hasil publikasi MPI menggunakan articulate storyline dapat dijalankan melalui,

kecuali ....

A. desktop, berupa file aplikasi (.exe)

B. web browser, berupa file HTML5

C. video tutorial

D. smartphone Android, dengan mengkonversinya menjadi APK

E. LMS (Learning Management System) seperti Moodle, berupa file SCORM

Jawaban : C

35. Bagian yang penting dalam articulate storyline digunakan untuk memisahkan

objek (konten) yang satu dengan lainnya adalah ....

A. Slide

B. Layer

C. Scene

D. Trigger

E. Menu

Jawaban : B

36. Edugame adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang

bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharapkan bisa menambah

wawasan pengetahuan. Pengertian di atas berdasarkan pengertian dari ....

A. Alya

B. Marc Prensky

C. Novia Desta

D. Handriyantini

E. Mark Antony

Jawaban : C

37. Aplikasi pembuatan Edugame berikut yang dibuat untuk pemula, kecuali..

A. Smart App Creator

B. Adventure Maker Studio

C. Construct

D. Articulate Storyline

E. Cam Studio

Jawaban : E

38. Fitur Smart Apps Creator yang digunakan untuk menambahkan website adalah

....

A. Timer

B. Counter

C. Hotspot

D. Button

E. Website

Jawaban : D

39. Komponen-komponen dasar dalam pengembangan gim edukasi yang harus

dipahami diantaranya, kecuali ....

A. karakteristik Edugame

B. jenis-Jenis Edugame

C. tahapan Pengembangan Edugame

D. tahapan Penggunaan Edugame

E. mengenal Aplikasi Pembuat Edugame

Jawaban : D

40. Konten yang dimasukkan ke dalam page, sebaiknya dilengkapi juga dengan

audio narator. Jadi tidak hanya teks dan gambar. Langkah yang tepat yaitu ....

A. pergi ke menu Insert lalu klik Audio.

B. pergi ke menu Insert lalu klik Musik.

C. pergi ke menu Insert lalu klik Open.

D. pergi ke menu Insert lalu klik Interaction.

E. pergi ke menu Insert lalu klik Touch.

Jawaban : A

41. Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis

dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar

video adalah pengertian multimedia Interaktif menurut ....

A. Hofstetter

B. Robin dan Linda

C. Daryanto

D. Mc. Comick

E. Mahmoud & Auoter

Jawaban : B

42. Tahapan pengembangan MPI meliputi ....

A. Ide, GBIM & JM, Penyusunan naskah, Pengkajian naskah

B. rembuk naskah, casting, hunting, crew meeting, syuting

C. editing, mixing, preview, uji coba, revisi, distribusi

D. membuat storyboard, hunting, syuting

E. menentukan topik, menyusun GBIM JM, menyusun naskah

Jawaban : E

43. Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ....

A. storyboard

B. video pembelajaran yang siap dimanfaatkan

C. prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif

D. kumpulan clip video dan suara yang siap diedit

E. naskah multimedia pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji

Jawaban : C

44. Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media presentasi adalah ....

A. kontrol pada pengguna

B. kontrol pada penyaji

C. materi point per point

D. navigasi sederhana

E. evaluasi berupa penugasan

Jawaban : A

45. Pada sajian multimedia gambar dapat memiliki fungsi untuk ....

A. memvisualisasikan konsep verbal

B. memvisualisasikan video

C. mempermudah penyampaian pesan

D. memperindah media

E. menambah makna teks

Jawaban : A

46. Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek

merupakan fungsi fitur ....

A. Slide

B. Layer

C. Scene

D. Trigger

E. Show and Hide

Jawaban : D

47. Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah...

A. Audio

B. Caption

C. Character

D. Video

E. Images

Jawaban : A

48. Bukan merupakan manfaat multimedia pembelajaran interaktif adalah ....

A. proses pembelajaran menjadi menarik

B. waktu mengajar lebih pendek

C. pemahaman siswa dapat ditingkatkan

D. tidak membutuhkan banyak materi

E. belajar mandiri dapat dilakukan dimana saja

Jawaban : D

49. Media yang tidak dapat dimanfaatkan untuk membuat multimedia pembelajaran

interaktif adalah ....

A. Canva for Education

B. Google Slide

C. Google Site

D. Google Doc

E. Smart Apps Creator

Jawaban : D

50. Referensi background yang bisa anda gunakan dalam pengembangan MPI, kecuali

....

A. www.pexels.com

B. www.dafont.com

C. www.freepik.com

D. pngtree.com

E. pngtree.com

Jawaban : B

51. Media pembelajaran digital dalam inovasi pembelajaran merupakan...

a. proses belajar berdiferensiasi untuk menciptakan suasana dan proses

pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan

perantara internet atau teknologi digital

b. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola

dengan kreatif dan menerapkan berbagai macam pendekatan ke arah yang

lebih baik untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif

terhadap peserta didik dengan menggunakan perantara internet atau teknologi

digital

c. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dan dikembangkan, dengan

menggunakan artificial intelligence untuk menciptakan suasana dan proses

pembelajaran yang kondusif terhadap peserta didik dengan menggunakan

perantara internet atau teknologi digital

d. proses belajar pada peserta didik yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola

dengan kreatif melalui media sosial dengan menggunakan perantara internet

atau teknologi digital

Jawaban : B

52. Di bawah ini jenis-jenis media pembelajaran berteknologi digital, kecuali ...

a. Video dan Animasi

b. Game Based Learning

c. SMS

d. Augmented Reality

Jawaban : C

53. Pictory merupakan salah satu artificial Intelligence (AI) yang dapat dimanfaatkan

dalam pembelajaran. Di bawah ini pengertian yang benar tentang Pictory yaitu ....

a. platform yang menggunakan teknologi AI untuk membuat gambar dan video

secara otomatis berdasarkan teks, artikel atau skenario yang diberikan

b. merupakan platform dengan fitur pembuatan video karakter AI berbicara seperti

manusia pada umumnya

c. Merupakan program dengan teknologi canggih yang dapat memproduksi tulisan

yang tidak pasaran. Para pembuatnya bertujuan untuk membantu pengguna

mendapatkan penghargaan dan pujian akan tulisan yang dibuat

d. Merupakan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran

digital

Jawaban : A

54. Dibawah ini adalah kecerdasan buatan (artificial Intelligence / AI) yang dapat

digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yaitu...

a. Chat GPT, Podcast, Tiktok

b. Chat GPT, Pictory, Snack Video

c. Chat GPT, Kinemaster, Capcut

d. Chat GPT, D-ID, Pictory

Jawaban : D

55. Dibawah ini adalah hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan AI, yaitu...

a. pembelajaran yang mengakomodir pada kebutuhan murid

b. AI menjadi alat yang dapat membantu guru membuat konten pembelajaran

c. AI dapat menggantikan guru mendidik siswa di sekolah

d. pembelajaran membutuhkan AI dalam mengoreksi soal dan membentuk

karakter siswa

Jawaban : B

56. Pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman siswa melalui

pengalaman praktis dan aplikasi dalam situasi yang relevan merupakan bentuk

pembelajaran....

a. Game Based Learning

b. Crossover Learning

c. Project Based Learning

d. Discovery Inquiry Learning

Jawaban : C

57. Strategi pembelajaran yang bertujuan mengakomodir kebutuhan belajar peserta

didik yang berbeda-beda disebut...

a. Pembelajaran Bermakna

b. Pembelajaran Berkonsep

c. Pembelajaran Terpusat Siswa

d. Pembelajaran Terdiferensiasi

Jawaban : D

58. Sebuah wadah di PMM agar para guru dapat melihat semua konten (bukti karya,

video inspirasi, artikel pendek, dan cerita praktik) yang dikurasi oleh Tim PMM, guru

juga dapat memahami praktik baik dari guru lainnya dan juga bisa membaca,

melihat atau menonton karya dari guru lain. Menu terbaru yang dimaksud adalah...

a. Ide Praktik

b. Bukti Karya

c. Pelatihan Mandiri

d. Komunitas

Jawaban : A

59. Pak Fadil mengajar sosiologi pada fase E. Pak Fadil kesulitan dalam membuat

modul ajar. Fitur apa yang terdapat di PMM yang dapat diunduh pak Fadil sebagai

referensi pembuatan modul ajar yang akan disesuaikan dengan kondisi sekolah

Pak Fadil...

a. Asesmen Murid

b. Perangkat Ajar

c. Pelatihan Mandiri

d. Video Inspirasi

Jawaban : B

dok.PembaTIK2023
dok.PembaTIK2023

Demikian bocoran SOAL dan jawaban Ujian Akhir PembaTIK tahun 2023 level 3 yang dapat saya sarikan dari modul pembelajaran yang diberikan. Selamat belajar dan persiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam pengerjaan Ujian Akhir susulan PembaTIK 2023 Level 3 bagi yang terkendala pada 20 September 2023 untuk dapat mengerjakan pada hari ini 24 September 2023.  Semoga dengan belajar dengan sebaiknya, bisa mencapai kelulusan pada level 3 dan dapat lolos sebagai 30 peserta terbaik di level 3 tiap provinsi untuk melaju ke level 4 PembaTIK tahun 2023. Doakan saya juga bisa menjadi 1 diantara 30 peserta terbaik tersebut ya teman-teman.

Sukses untuk kita semua. Semangat Belajar!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun