Mohon tunggu...
Sadha NJ
Sadha NJ Mohon Tunggu... Editor - Penulis

Description begins in the writer’s imagination but should finish in the reader’s (Stephen King)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Manfaat Bergabung Menjadi Mitra Klinik Pintar

15 Agustus 2022   13:41 Diperbarui: 15 Agustus 2022   13:43 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia Hi-Tech. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pandemi yang muncul dua tahun lalu mengubah banyak hal, termasuk dalam menjalankan sistem operasional klinik. Yang tadinya masyarakat harus pergi ke klinik untuk berobat, kini dengan menggunakan aplikasi, masyarakat bisa konsultasi dengan dokter di mana saja dan kapan saja. 

Sayangnya, masih banyak klinik-klinik di Indonesia yang belum terdigitalisasi. Padahal, klinik merupakan fasilitas kesehatan yang paling pertama dijangkau masyarakat di daerah maupun ibukota. 

Oleh sebab itu, Klinik Pintar menghadirkan solusi jaringan klinik digital yang menawarkan layanan kemitraan dengan perusahaan maupun klinik yang tersebar di seluruh nusantara. 

Apa saja yang manfaat menjadi mitra Klinik Pintar? Secara garis besar, Klinik Pintar bertujuan menyediakan layanan kesehatan yang cepat, tepat dan optimal. Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan yang ditawarkan bagi perusahaan atau klinik ketika bergabung menjadi mitra. 

Solusi Kesehatan Efisien dan Bagi Karyawan Perusahaan

Karyawan adalah roda penggerak bisnis perusahaan. Karyawan juga merupakan aset perusahaan yang penting untuk dijaga performa kerja dan kesejahteraannya. 

Bergabung bersama Klinik Pintar memiliki keuntungan tersendiri. Di antaranya, perusahaan dapat menyediakan layanan serta program kesehatan bagi karyawan.  Berikut penjelasannya:

  • Akses konsultasi dengan dokter

Karyawan bisa melakukan telekonsultasi dengan dokter lewat aplikasi. Tidak hanya itu, dokter dapat meresepkan obat yang pembeliannya bisa langsung diantar ke rumah. Karyawan pun bisa melakukan tes kesehatan di kantor. Sehat menjadi lebih  mudah dan efisien.

  • Dilakukan tenaga medis profesional

Klinik Pintar menyediakan layanan serta tenaga kesehatan, seperti dokter, perawat dan health concierge yang memiliki sertifikasi di bidangnya masing-masing, tenaga medis dapat membantu menyediakan program kesehatan yang diperlukan oleh perusahaan.

  • Biaya transparan

Perusahaan bisa memantau kuota pelayanan kesehatan yang digunakan karyawan, biaya yang sudah terpakai, bahkan laporan kesehatan karyawan lewat dashboard monitoring. 

Laporan kesehatan aktual mengenai kondisi kesehatan karyawan dapat menjadi acuan data bagi perusahaan untuk melakukan pencegahan penyakit akibat pekerjaan.

  • Pelayanan kesehatan menyeluruh 

Klinik Pintar menawarkan layanan kesehatan yang fleksibel dan menyeluruh. Di antaranya perusahaan bisa mendapatkan layanan mulai pencegahan hingga pengobatan penyakit pada karyawan. 

Sebagai contoh, karyawan perusahaan mendapatkan konsultasi via video call dengan dokter umum dan dokter spesialis. Bila membutuhkan layanan tambahan, karyawan bisa menggunakan layanan vaksin, tes MCU, pemeriksaan kesehatan, hingga pengobatan. 

Meningkatkan Pelayanan Kesehatan dan Mengembangkan Bisnis Klinik 

Seperti yang diungkap di atas, pandemi mengubah segalanya, termasuk cara kerja klinik dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat karena pembatasan mobilitas dan lainnya.  Sebagai cara mengatasi situasi tersebut, pemilik klinik dapat mengubah sistem operasionalnya menjadi digital. 

Maka itu,  itu Klinik Pintar menawarkan program kemitraan bagi pengusaha klinik untuk mempertahankan bisnis, meningkatkan layanan sekaligus memanfaatkan digitalisasi. 

Berikut penawaran serta keuntungan menjadi mitra Klinik Pintar akan membantu Anda dengan berbagai langkah yang akan meningkatkan efektivitas kerja klinik Anda:

  • Digitalisasi operasional

Dari proses pendaftaran hingga ke pengobatan dan pembayaran bisa diatur melalui Klinik Operating System (OS). Tersedia pula dashboard yang bisa memantau dan menghasilkan laporan  aktual, lengkap, dan informatif mengenai operasional klinik.

  • Standarisasi fasilitas dan layanan

Mitra Klinik Pintar dibekali standarisasi fasilitas dan pelayanan yang maksimal. Tujuannya agar pelayanan yang diberikan kepada pasien selalu memuaskan dan akreditasi klinik meningkat. 

  • Terintegrasi dengan BPJS Kesehatan 

Sistem Klinik Pintar sudah terhubung dengan sistem PCare BPJS. Dengan demikian, klinik Anda bisa menerima dan mengelola layanan untuk para peserta BPJS.

Nantinya keterhubungan data di jaringan mitra Klinik Pintar dapat membantu mewujudkan Electronic Medical Record (EMR) yang utuh pada tahun 2024, sesuai visi misi dari Kementerian Kesehatan Indonesia. 

  • Menyediakan Layanan Sesuai Kebutuhan

Klinik Anda ingin menambah layanan serta sarana kesehatan lainnya? Klinik Pintar bisa membantu memungkinkan klinik Anda menyediakan layanan kesehatan, misalnya, seperti tes COVID, dengan menyediakan test kit sekaligus menghubungkannya ke sistem.

Selain itu, terdapat pula berbagai jenis layanan tambahan, seperti vaksinasi, medical check up, maupun laboratorium untuk menunjang pelayanan kesehatan di klinik Anda. Tambahan layanan bisa disesuaikan kebutuhan klinik masing-masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun