Mohon tunggu...
Sabila Rizky Maulida
Sabila Rizky Maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Brawijaya

Saya adalah seorang mahasiswa semester 1 prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia universitas Brawijaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Membaca pada Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 1 SDN 01 Panderejo

13 Juni 2024   17:00 Diperbarui: 13 Juni 2024   17:02 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tantangan Membaca pada Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SDN 01 Panderejo

Sabila Rizky Maulida

Universitas Brawijaya Malang

sabilarizky@student.ub.ac.id

ABSTRAK

Kesulitan membaca pada anak sekolah dasar (SD) adalah isu yang signifikan dalam konteks pendidikan. Artikel ini menyajikan tinjauan literatur terhadap kesulitan membaca pada anak SD, fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tinjauan ini mencakup aspek neurokognitif, lingkungan, dan pendekatan pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian menyoroti pentingnya identifikasi dini dan intervensi yang tepat guna dalam menangani kesulitan membaca pada tahap awal perkembangan anak. Selain itu, artikel ini membahas implikasi praktis dan strategi pendekatan literasi yang dapat diterapkan dalam lingkungan kelas untuk meningkatkan kemampuan membaca anak SD. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang terlibat dalam kesulitan membaca pada anak SD, diharapkan upaya-upaya pembelajaran dapat lebih efektif dan mendukung bagi perkembangan literasi anak.

Kata kunci : kesulitan belajar, kesulitan membaca anak SD, minat literasi 

ABSTRACT

Reading difficulties in elementary school (SD) children are a significant issue in the educational context. This article presents a literature reflection on reading difficulties in elementary school children, focusing on the factors that influence it. This review covers aspects of neurocognitive, environmental, and learning approaches that are relevant in the context of primary education. Research highlights the importance of early recognition and appropriate intervention in treating reading difficulties in the early stages of a child's development. In addition, this article discusses the practical meaning and strategies of literacy approaches that can be applied in the classroom environment to improve elementary school children's reading abilities. With a deeper understanding of the factors involved in reading difficulties in elementary school children, it is hoped that learning efforts can be more effective and support children's literacy development.

Key words: learning difficulties, reading difficulties for elementary school children, interest in literacy

PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun