Memantau penjualan bukanlah hal yang mudah. Terlebih apabila tim sales memiliki jumlah yang tidak sedikit. Untuk mempermudah memantau, biasanya manajer penjualan lebih memilih memanfaatkan platform Customer Relationship Management. Hal ini bertujuan agar data lebih tersentralisasi dalam software CRM.
Sebagai salah satu penyedia CRM di Indonesia, Saasten Technologies menyediakan CRM Solutions. Teknologi yang kami sediakan mampu membantu meningkatkan penjualan hingga 3x lipat dengan cara meningkatkan customer experience melalui CRM Sales.
Kenapa sales membutuhkan CRM?
Berkiprah di bidang CRM, Saasten Technologies memahami betul apa saja pain point yang biasanya muncul bagi team sales, seperti :
- Rendahnya visibilitas data
- Proses sales yang berbelit-belit dan sulit untuk ditracking
- Sales kesulitan untuk mencari data customer
- Hingga sales sering kali kesulitan memprioritaskan aktivitass penjualan
Berikut ini adalah 10 alasan kenapa sales membutuhan CRM:
1. Visibilitas aktivitas sales
Tim sales umumnya tak hanya bekerja menangani satu data customer saja melainkan banyak sekali data yang harus di follow up. Sebagai decision maker visibilitas aktivitas sales tentunya menjadi hal yang wajar. Visibilitas tim sales tersebut dapat dilihat dengan menggunakan sistem relationship management.
Mulai dari aktivitas call, email yang dikirim, visit hingga geo location untuk menentukan titik di mana tim sales melakukan kunjungan. Sistem CRM umumnya telah dilengkapi dengan contact management dengan dilengkapi user interface yang mudah untuk dipahami oleh sales rep. Pada akhirnya apabila tim sales telah menginput data aktivitas sales, sales manager pun dapat memantau kinerja tim.
Baca Juga Pentingnya Membangun Customer Journey Map
2. Lebih professional dengan planning jadwal
Platform CRM biasanya tak hanya dilengkapi dengan contact management saja namun juga planning jadwal yang dapat digunakan tim sales. Dengan customer relationship management platform membuat sales lebih mudah untuk menjadwalkan kapan mereka harus menelepon customer dengan feature task management. Task management ini dapat sesuaikan dengan flow perushaan, misal sales calls, email, maupun set up meeting via aplikasi ke 3 yang dihubungkan dengan CRM.
3. Memberikan kemudahan bagi decision maker mengambil keputusan
Di tengah ketidakpastian seperti pandemi covid-19 seperti saat ini leader tentunya dituntut untuk mampu mengambil keputusan yang logis. Dengan aplikasi CRM perusahaan tak hanya mampu melakukan contact management. Dengan dashboard sales yang interaktif memungkinkan management perusahaan mengambil keputusan. Misal, sales dengan aktivitas dan penjualan yang rendah membuat decision maker mudah menentukan sales yang harus diperbaiki dari sisi skill.
4. Up to date meskipun memiliki mobilitas tinggi
Tim sales biasanya memiliki mobilitas yang cukup tinggi, utamanya untuk mereka yang canvassing dan bertemu banyak client di luar. Dengan sistem CRM berbasis mobile app memungkinkan sales rep untuk update pipeline dan aktivitas mereka di mana pun & kapan pun.
5. Memudahkan sales memantau progress data customer
Dengan menggunakan fitur milestone dalam aplikasi CRM hal ini tentunya mempermudah tim sales untuk melakukan contact management. Karena pada dasarnya konsep dari CRM tak hanya mengelola data customer tapi juga mensortir contact yang perlu dimasukkan kedalam lead nurturing campaign. Sehingga pada akhirnya Ketika customer sudah siap untuk membeli produk maka customer pun tinggal menghubungi pihak sales. Setiap perusahaan tentunya memiliki sales cycle yang berbeda-beda. Entah itu dalam bentuk funnel maupun flywheel hal ini tentunya pada akhirnya akan mempengaruhi sistem lead management dalam sistem CRM.
Baca Juga Strategi Customer Relationship Tingkatkan Revenue
6. Mengetahui apa yang memang dibutuhkan customer
Modernisasi bisnis umumnya dilakukan dengan cara mengintegrasikan tim sales dengan tim marketing. Dengan menggunakan CRM Tool yang terintegrasi dengan landing page membuat tim sales lebih memahami apa yang  sedang dibutuhkan oleh konsumen. Selanjutnya setelah tim sales melakukan follow up kebutuhan konsumen tim sales pun bisa memberikan hasil follow up nya ke tim marketing untuk dilakukan lead nurturing melalui tools sales automation.
7. Mengurangi tugas administrasi
Memfollow up konsumen sesuai jadwal tentunya merupakan hal yang harus dilakukan oleh sales rep. Dengan menggunakan aplikasi CRM saat ini anda sudah bisa mengintegrasikan Sales CRM platform dengan whatsapp business api, hal ini membuat follow up konsumen lebih tersentralisasi dan tentunya terlihat lebih professional.
Selain mampu diintegrasikan, CRM platform yang disung oleh Saasten Technologies juga memiliki sales automation dengan menyajikan data penjualan yang lebih akurat seperti data sales forecast, hingga data-data penting seperti dokumen-dokumen yang harus dipenuhi oleh konsumen. Dengan adanya sales automation tools hal ini mempermudah bisnis seperti real estate yang memiliki business process cukup kompleks sehingga pada akhirnya mampu mengurangi tugas administrasi tim sales.
8. Hemat biaya operasional
Meskipun CRM tool umumnya tidaklah murah, namun secara operasional tentunya dengan CRM tool membuat sales team lebih efisien dan efektif dalam mengelola data pelanggan maupun data calon pelanggan.Dengan semakin banyaknya layanan CRM tool yang mampu diintegrasikan dengan tools lain tentunya hal ini mampu melakukan improve customer satisfaction.
9. Kemudahan customisasi sesuai kebutuhan
Saat ini ada terdapat banyak sekali CRM tool, seperti Zoho CRM, Hubspot CRM dan lain sebagainya. Namun yang menjadi pertanyaannya apakah tools tersebut cukup fleksibel untuk dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan? Customisasi CRM platform tentunya penting bagi perusahaan mengingat saat ini business process yang dijalankan oleh perusahaan berbeda-beda demikian pula dengan custom data yang hendak dijalankan seperti sales funnel missal nya. Oleh karenanya kemudahan customisasi sesuai kebutuhan adalah salah satu alas an kenapa sales CRM itu penting untuk digunakan.
10. Close rate lebih tinggi
Memantau leads melalui leads management tanpa adanya tools tentunya mejadi kesulitan tersendiri bagi tim sales. Salah alas an kenapa perusahaan Anda wajib menggunakan CRM software adalah mampu meningkatkan close rate. Dengan Sales force automation hal ini memungkinkan tim sales untuk memantau progress follow up leads dan sales pipeline, mengirimkan email melalui platform CRM, hingga menentukan forecast penjualan untuk memantau seberapa besar kemungkinan closing penjualan di masa yang akan mendatamg.
Demikianlah beberapa alas an utama pentingnya Sales CRM bagi perusahaan. Sebenarnya CRM sendiri memiliki spektrum yang sangat luas, seperti dapat diintegrasikan dengan live chat, social media, hingga CRM marketing seperti digital marketing automation.
Saasten technologies sebagai salah satu penyedia CRM solutions setidaknya telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan ternama seperti Jd.id, Tiket.com, Telkomsel, XL Axiata, Indodax, Tokopedia, Mitsubishi, dan masih banyak lagi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H