Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak kepada murid
Ni Putu Rusmayani
CGP Angkatan ke-2 Kabupaten Gianya
SMP Negeri 3 Tegallalang
A. Latar Belakang
Tugas kita sebagai pendidik pada dasarnya tidak hanya semata- mata memberikan Pendidikan dan pengajaran saja, namun sangatlah penting kita mengetahui kondisi sosial maupun emisonal yang dimiliki murid ketika belajar. Dengan memahami dan mengetahui kondisi tersebut kita selaku pendidik harus mampu memberikan hal- hal yang dapat memberikan suasana yang menyenangkan kepada murid, seperti yang dikemukakan oleh Bapak Pendidikan kita yaitu KI Hajar Dewantara, beliau mengatakan bahwa Pendidikan merupakan upaya yang bertujuan memerdekakan aspek lahir dan batin manusia.Â
Oleh karena itulah penerapan kompetensi sosial emosional melalui program "hening" dan "rekreasi" ini dapat memberikan kebahagiaan ataupun kemerdekaan ketika belajar. Â Program hening dan rekreasi merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada murid maupun guru melakukan sebuah kegiatan untuk melepaskan penat dalam waktu 5 - 40 menit setiap minggu melaui kegiatan hening dan rekreasi. Â Â
Kegiatan hening adalah kegiatan yang dengan menerapkan kompetensi social emosional/ berkesadaran penuh (mindfulness) dan kegiatan rekreasi merupaka kegiatan yang dilakukan melalui kegiatan fisik salah satunya adalah keolahragaan. Melalui kegiatan ini akan memberikan rasa rileks bagi guru dan murid ditengah- tengah kepenatan dalam belajar dan mengajar selain itu melalui kegiatan rekreasi ini selain murid maupun guru mendapatan kebugaran bagi tubuh mereka, melalui kegiatan rekreasi ini pula guru maupun murid dapat peduli akan lingkungan.
Kepedulian terhadap lingkungan ini maksudnya adalah kegiatan rekreasi ini sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada lingkungan baik bagaiman kita dapat menjaga, memelihara dan nantinya dapat memanfaatkan sampah yang dapat didaur ulang Kembali menjadi barang atau bahan yang bermanfaat.Â
Melalui penerapan program ini yang nantinya atau muaranya adalah dapat mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid, meningkatkan motivasi belajar murid dan tidak kalah pentingnya adalah menumbuhan karakter murid itu sendiri. Melalui pembelajaran yang telah saya dapatkan melalui program Pendidikan guru penggerak terkait pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah, maka program ini di susun setelah menggali potensi yang dimiliki oleh sekolah diantaranya adalah
- Aset manusia : Guru, Siswa, Kepala Sekolah, dan orang tua
- Aset sosial : Tata tertib dan rasa kekeluargaan diantara warga sekolah
- Aset fisik : Sarana dan prasarana sekolah
- Aset lingkungan : Lapangan/ halaman sekolah yang cukup luas dan rindang serta lingkunga  sekolah yang berada di daerah pedesaan dan sejuk
- Aset finansial : Dana BOS
- Aset politik : Komite
- Asset agama dan budaya : Tri Hita Karana dan Tri kaya parisudha
B. TujuanÂ