Mohon tunggu...
Rusmana St
Rusmana St Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bapak rusmana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Merdeka Belajar Kriteria TP dan ATP

24 Desember 2022   20:15 Diperbarui: 24 Desember 2022   20:25 540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagi strategi dan pendekatan untuk menyusun ( Tujuan Pembelajaran)  TP dan alur tujuan pembelajaran ( ATP). Yang harus di perhatikan,TP dan ATP harus memenuhi kriteria-kriteria sebagia berikut :

TP ( Tujuan Pembelajaran)

1.Kompetensi - kampuan yang mencakup sikap ,pengetahuan ,dan ketrampilan yang dapat didemontrasikan peserta didik.

2.Konten- Ilmu pengetahuan inti/ konsep.

ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran).

1.Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus di kuasai.

2.ATP dalam satu. fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear.

3.ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antara fase.

Merumuskan TP dan ATP dari kalimat CP.

Rumusan TP mengacu pada kompetensi dan konten pada CP.sedangkan TP dapat diambil refensi dari berbagai sumber dengan catatan: Kep sek atau guru mampu memahami kalimat tersebut dan indendikasi dimensi Profil pelajaran Pancasila yang dapat terkait dengan kompetensi yang ingin di capai.

Contoh Tujuan Pembelajaran (TP)

. Peserta didik memahami dan dapat mengindenfikasi perbedaan konsep waktu ; siang dan malam 

KONTEN : Fenomena dan peristiwa di lingkungan sekitar _ konsep waktu : siang dan malam 

KOMPETENSI.

1.Mengamati .

2.Menyusun pertanyaan 

3. Menyediakan Penyelidikan.

4.Membuat Prediksi.

5.Mengorganisasi Informasi .

6. Mendiskusikan hasil amatan.

7.Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan.

Alur pembelajaran dari kalimat TP.

1.Peserta didik mengamati berbagi kegiatan yang di lakukan di daerahnya pada siang dan malam hari.

2.Peserta didik mengorganisasi  data dari hasil pengamatan.

3.Peserta didik menyusun pertanyaan dan melakukan penyelidikan,bisakah rangkaian kegiatan itu dilakukan  di watu yang berbeda.

4.Peserta didik mendiskusikan hasil amatan dan menyajikan hasil diskusi lewat media gambar.

5.Peserta didik prestasikan hasil diskusi secara lisan.

Semoga bermanfaat 

Ujung harapan,Bekasi 24/12/2022

Rusmana ST MM MSi

Bersambung 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun