Mohon tunggu...
Rusmana St
Rusmana St Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bapak rusmana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pembelajaran Dasar-Dasar Otomotif di Kelas Normal dan Inklusi Kurikulum Merdeka

8 September 2022   20:40 Diperbarui: 8 September 2022   22:02 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Strategi pembelajaran Dasar-Dasar Otomotif dikelas siswa normal dan INKLUSI Kurikulum Merdeka.

 Isi Tulisan 

- Pendahuluan

- Permasalahan Proses pembelajar Dasar- Dasar otomotif di kelas X TKR 1 .& X TKR2

- Dampak terhadap prestasi Siswa .

- Stategi atau perndekatan yang sedang dan dilakukan

- Hasil Pembelajaran 

 -Pesan dan pelajaran 

 - Hasil Tulisan  

PENDAHULUAN 

Jurusan Teknik kendaraan ringan .Teknik Otomotif.

Peraturan Meneri Pendidikan Nasional ( Permediknas ) Nomer 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan atau Bakat Istimewa. Maka SMKN 5 Pada ajaran 2022/2023 Sesuai intruksi kepala Dinas DKI Jakarta .

PPDB tahun ini ,Pendaptar ada Siswa inklusi sebanyak 4 Siswa yang memilih jurusan Mekanik Otomotif Siswa ,.yang mengikuti proses pembelajan Dasar-Dasar Otomotif yaitu; Empat siswa di jurusan Teknik Kendaraan ringan. Maka dengan Proses pembelajan bermuatan materi Dasar untuk jurusan di mekanik Otomotif.

Literasi dasar yang terdiri atas baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan merupakan bagian dari kecakapan abad XXI. Bersama dengan kompetensi dan karakter, ketiga hal tersebut akan bermuara pada pembelajaran sepanjang hayat. Literasi dapat dimaknai sebagai kemampuan dalam mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas. Yuliati (2017) menyatakan pentingnya literasi karena kemampuan Literasi merupakan hal fundamental yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi era global untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam berbagai situasi.

A.Permasalahan Proses pembelajar Dasar-Dasar Otomotif di kelas X TKR 1 .& X TKR2

Saya Guru SMKN Teknik Teknologi & Rekayasa , jurusan TKR 1 & TKR2 di Jakarta , Masa Transisi setelah adanya Pademik Covid 19 tentu banyak permasalah yang timbul ,karena hal yang betul -betul terjadi dibelahan dunia ini, Permasalah yang timbul dalam proses pembelajaran adalah pelajaran ini,yang biasanya dilakukan proses pembelajaran di lab , atau dibengkel yang ada peralatan yang sesuai dengan materi Dasar-Dasar Otomotif adalah Dasar mata pelajaran yang betul - betul harus dikuasai oleh calon para mekanik otomotif. Saya GuruTeori dan Praktek mengajar di kelas X TKR 1, dan X TKR2 akan tetapi saya sangat pokus dan mendapatkan pelajaran berharga di tahun ajaran 2022/2023 yang mana pada kelas X TKR 1 & TKR2 dari Kedua Kelas tersebut 4 Siswa yang di Sebut Siswa INKLUSI ,yaitu di X TKR1 dengan Jumlah Siswa 34 siswa Normal , 2 Siswa INKLUSI Bernama yaitu ; RAF dan RAS Sedangkan di X TKR2 Jumlah 36 Siswa 2 Siswa INKLUSI ,Bernama; FAZ dan DAR (keempat nama adalah kepanjangan nama aslinya .) DAR ini rajin akan tetapi tidak bisa atau tidak paham dan tugas dari beberpa pelajaran juga tidak pernah dikerjakan dan tidak paham.

B.Dampak terhadap prestasi Siswa .

Akibat Sekolah transisi dimasa pademik Covid 19 yang terlalu lama dan saya berdoa agar cepat Kembali dengan ke giatan proses belajar New normal . karena kalua ini terlalu lama akan membuat semua terkena dampak yang seruis dan sangat berbahaya bagi kita semua terutama RAS,RAF X TKR1 dan RAZ,DAR X TKR2 ini ,dari awala sampai sekarang pun absensi ,dan tugas dari saya 3 kali tidak pernah mengerjakan ,dan begitu juga dengan guru lainnya. Maka dampak pada prestasi siswa pun akan ada kendala.

C. Stategi atau perndekatan yang sedang dan dilakukan 

Saya sebagai guru pengampuh dan kepala saya program pada Teknik Otomotif yang harus betul -betul untuk program INKLUSI ini karena sebelumnya tidak anak yang mendaptar atau tidak ada yang masuk kesekolah SMKN ini.adapun yang sedang saya lakukan sekarang sebagai guru dan kepala program adalah ;

1.Kordinasi dan rapat persiapan ajaran baru Masa Pademik & NEW NORMAL 

2. Rapat dengan para orang tua atau wali siswa perkelas 

3. Menggundang orang tua atau wali khusus siswa INKLUSI 

4. Jadwal lauring dengan catatan pembagian jadual dan jumlah siswa serta menjalan protocol Kesehatan .

5. Pendekatan Khusus ke orang tua atau wali siswa INKLUSI

Saya yakin usaha yang dilakukan dan memberikan hasil yang baik, sy sebagai guru dan kepala progam menjalankan hasil rapat kordinasi rapat ajaran baru 2022/2023 membuahkan hasil ke tiga siswa INKLUSI mendapatkan perhatian dari semua guru dan BK untuk bekerja sama membina siswa -siswa INKLUSI dan ada Perubahan pada siswa Bernama RAF dan FAZ ,sedangkan RAS dan DAR yang masing proses untuk proses pembelajaran Dasar-Dasar Otomotif dan pelajaran lainnya.

Sedangkan rapat pada siswa dengan orang tua atau wali khusus untuk jurusan Teknik Otomotif untuk memberitahukan pada anak -anak dari bapak atau ibu orang tua siswa agar anak-anak betul disiplin ,karena hal yang sangat penting adalah siswa -siswa suka membuli teman-teman sekelasnya dan hal ini pun pihak sekolah ataua guru tidak memberitahu tentang anak INKLUSI pada tiap kelas atau nama siswanya.

Hal ini yang paling saya suka disini bisa melihat kerakter siswa waktu saya kasih semangat dibengkel Otomotif ,tentu saya guru pelajaran teori dan praktek untuk memperkenalkan bengkel otomotif serts alat-alat yang akan di gunakan waktu praktek dan kerja di perusahaan .dalam hal mengundang Siswa dan orang tua atau siswa INKLUSI.tentu dengan protokol Kesehatan hanya 4 siswa tersebut. Saya yakin suatu usaha akan mebuahkan hasil yang lebih baik siswa-siswa INKLUSI di Proses pembelajaran NEW NORMAL.

Insalloh dengan persyaratan yang harus di penuhi pihak sekolah ,saya yakin akan pemperbaiki karakter dan masalah dalam proses pembelajaran teori dan praktek yang akan di jadwalkan sesuai aturan yang akan di atur dengan pembagian siswa tiap pembelajarannya hanya 6 siswa perkelompok setiap pertemuan dalam pelajaran Dasar-Dasar Otomotif apabila dilakukan Praktek.

Yang ini sangat penting untuk membantu siswa-siswa INKLUSI pada proses pembelajaran ini pendekatan dengan orang tua atau siswa INKLUSI akan berjalan terus untuk menggali kondisi siswa-siswa dalam perkebangan atau proses pelajar dan mengajar.

D.Hasil Pembelajaran 

Hasil dari program yang sudah saya buat dan sesuai hasil proses pembelajaran diatas akan membuahkan hasil yang telah dicapai akan membuahkan hasil maksimal.dari kelas X TKR1 dan X TKR2 yang dilakukan ,maka 4 siswa INKLUSI yaitu Siswa RAF, FAZ dan RAS ,DAR ,,Absen serta tugas sudah ada perubahan yang dilakukan dan sudah baik mau bicara dan ditanya hal-hal pelajaran Dasar-Dasar Otomotif bisa menjawab dan semangat untuk belajar dari awal dan berakhir, insalloh belajar pun mereka sudah mengharapkannya.

E. Pesan dan pelajaran 

Sekarang RAS,RAF dan FAZ ,DAR ,mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan siswa-siswa yang normal dan belajar sesuai jadwal yang sudah ketetapan sekolah dan kurikulum Merdeka yang berlaku.

Saya insalloh menyakini program ini bisa berjalan dan saya yakin akan RAS,RAF dan FAZ dan DAR Siswa-siwa INKLUSI ingin maju dan belajar sama -sama dengan siswa yang normal dengan pendekatan atau program yang sudah dibuat ,asalkan siswa INKLUSI dalam pendekatan semua pihak yang ada di lingkungan dan di sekolah.

F.Hasil Tulisan 

Saya Guru SMKN Teknik Teknologi & Rekayasa , jurusan X TKR 1& X TKR2 di Jakarta 

Permasalah yang timbul dalam proses pembelajaran adalah pelajaran ini,yang biasanya dilakukan proses pembelajaran di lab , atau dibengkel yang ada peralatan yang sesuai dengan materi Dasar-Dasar Otomotif ; 

RAF dan RAS Sedangkan di X TKR 2 Jumlah 36 Siswa 1 Siswa INKLUSI ,Bernama; FAZ dan DAR (keempat  nama adalah kepanjangan nama aslinya .) RAS ini yang Praktek pun belum begitu paham dan tugas dari beberpa pelajara juga tidak pernah dikerjakan dan tidak paham.

berbahaya bagi kita semua terutama RAS,RAF X TKR1 dan RAZ ,DAR X TKR2 ini ,dari awala sampai sekarang pun absensi ,dan tugas dari saya 3 kali tidak pernah mengerjakan ,dan begitu juga dengan guru lainnya. Maka dampak pada prestasi siswa pun akan ada kendala.

Saya sebagai guru pengampuh dan kepala saya program pada Teknik Otomotif yang harus betul -betul untuk program INKLUSI ini karena sebelumnya tidak anak yang mendaptar atau tidak ada yang masuk kesekolah SMKN ini.adapun yang sedang saya lakukan sekarang sebagai guru dan kepala program adalah ;

 Hasil dari program yang sudah saya buat dan sesuai hasil proses pembelajatan diatas akan membuahkan hasil yang telah dicapai akan membuahkan hasil maksimal.dari kelas X TKR1 dan X TKR2 yang dilakukan ,maka 4 siswa INKLUSI yaitu Siswa RAF, FAZ dan RAS ,DAR ,pada proses pembelajaran ,Absen serta tugas sudah ada perubahan yang dilakukan dan sudah baik bicara dan ditanya hal-hal pelajaran Dasar-Dasar Otomotif bisa menjawab dan semangat untuk belajar dan berakhir ,insalloh mereka sudah mengharapkannya.

Sekarang RAS,RAF dan FAZ ,DAR ,mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan siswa-siswa yang normal dan belajar sesuai jadwal yang sudah ditetapan sekolah dan kurikulum yang berlaku.

DAFTAR PUSTAKA 

Isjoni. (2006). Pendidikan Sabagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor

  Indonesia.

Azzahra, N.F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia

.

    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun