Mohon tunggu...
Rushans Novaly
Rushans Novaly Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang Relawan yang terus menata diri untuk lebih baik

Terus Belajar Memahami Kehidupan Sila berkunjung di @NovalyRushan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Menguliti Honda Vario 150 eSP, The One and Only

3 Mei 2016   18:27 Diperbarui: 3 Mei 2016   19:44 3528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tak kenal dengan produsen sepeda motor Honda ? Pemegang pangsa pasar tunggangan roda dua ini terus berinovasi dalam mengembangkan produk teranyarnya. Teknologi yang dikembangkan dibuat dalam fungsi kenyamanan, keselamatan dan ketangguhan berkendara.

Lantas, pengembangan produk tunggangan roda dua terus saja bergulir. Berbagai varian sepeda motor telah lahir. Honda bukan saja piawai namun mengerti apa yang menjadi kebutuhan pengguna kendaraan yang paling favorit  di Indonesia ini.

Skuter matic adalah varian yang  menjadi unggulan Honda. Ceruk pasar skuter matic memang tak ada matinya. Setiap ada varian baru, selalu menjadi trend. Skuter matic memang kendaran roda dua yang  efisien, mudah dikendarai dan stylish. Hampir semua kalangan , menyukai jenis skuter matic.

Kelas skuter matic juga terbagi lagi dalam subkelas, biasanya dihitung  dari besaran volume cc. Honda tentu menyiapkan arsenal terbarunya di kelas 150 CC. Sebuah varian yang disempurnakan. Bila sebelumnya varian yang dominan berada di kelas 110 CC dan 125 CC maka mengikuti kebutuhan dan permintaan pasar, lahirlah  kelas 150 CC .

Honda dengan sigap menyiapkan sebuah varian handal dikelas 150 CC . masih mengusung nama besar Vario . Skuter matic Honda  Vario 150 eSP ini digadang-gadang memiliki keunggulan teknologi yang mumpuni.

Dengan body stylist. Tampilan fisik Vario 150 eSP mengundang decak kagum. Lekuk body bagian depan dibuat dengan desain sporty. Mampu mengalirkan tekanan angin sehingga ketika digeber mampu menembus kecepatan maksimal.

sumber gambar : www.welovehonda.com/

Desain lampu depan menggunakan tenologi Dual Keen Eyes LED Headlight . Dengan teknologi ini cahaya yang dihasilkan mampu  menerangi pengendara dimalam hari dengan sangat baik (90% dari lampu biasa). Jarak pandang yang didapat cukup menerangi dalam rentang jarak aman. Penggunaan  lampu LED  dengan kualitas premium bukan saja sempurna untuk pencahayaan namun irit dalam konsumsi listrik.

Lampu depan , bukan saja berfungsi ketika malam hari namun juga berfungsi sebagai lampu disiang hari. Sejak diberlakukan penggunaan lampu depan sebagai lampu keselamatan pengendara. Kerja lampu depan memang lebih keras. Honda sadar betul , mengembangkan sisi lampu depan ini. Maka pilihan penggunaan lampu berjenis LED sangat tepat. Selain irit dalam konsumsi listrik, lampu LED juga relatif tidak menimbulkan panas berlebih seperti jenis lampu biasa.

Pada sisi Headlight, Honda ingin mempertegas jatidiri Vario 150 eSp sebagai skuter matic premium. Dengan mengusung tema: The Exceptional Design. Penambahan aksen garnish  mengesankan penampilan yang mewah dan futuristik. Tampilan headlight juga mengesankan skuter matic  Vario eSP terlihat lebih macho. Segaris dengan tampilan Headlight, Honda juga menyulap bagian Front steering memiliki gaya tersendiri. Aksen yang lahir adalah tampilan segitiga yang maskulin. Honda juga menambahkan garnish pada sisi ini.

Memang harus diakui, tampilan body Vario 150 eSP sedikit lebih bongsor ketimbang varian 110 CC. Walau terlihat bongsor , Honda Vario 150 eSP  dengan tetap lincah bermanuver. Melibas kemacetan dan meliuk diantara kendaraan yang melaju.

Manuver lincah Vario 150 eSP lahir dari dapur pacu yang tangguh, Honda menyebut teknologi yang dikembangkannya sebagai Honda Smart Technology. Mengusung mesin Enhanced Smart Power (eSP) yang terkenal tangguh dan efisien.

honda-proyek-jpg-5728844265afbdc80981fba5.jpg
honda-proyek-jpg-5728844265afbdc80981fba5.jpg
sistem idling stop system | sumber : www.world.honda.com

Mengenal  Idling Stop System , Fitur Cerdas yang Efisien.

Walau berkapasitas 150 CC konsumsi bahan bakar Vario 150 eSP tergolong irit. Honda membenamkan teknologi idling stop system(ISS). Fitur canggih nan cerdas ini akan mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik. Tak perlu panik ketika mesin mati, karena begitu pengendara menarik tuas gas, secara menakjubkan mesin akan kembali hidup. Nah, dengan teknologi idling stop system ini tak ada lagi bahan bakar terbakar percuma karena menunggu lampu pengatur lalu lintas yang cukup lama.

Sistem idling stop system bekerja menggunakan Electronic Control Unit, dimana ECU akan menerima informasi dari sensor-sensor yang bekerja  pada sensor kecepatan, sensor panas (thermo sensor), sensor throttle dan sensor kursi pengendara. 

honda2-jpg-572887b71593733209181cce.jpg
honda2-jpg-572887b71593733209181cce.jpg
sumber : www.world.honda.com/

Tiap sensor memeriksa dan menginformasikan, suhu mesin, pembukaan throttle, suhu air, posisi kendaraan berhenti. Semua informasi yang didapat dari tiap sensor akan dieksekusi ECU untuk mematikan mesin, berikut cara kerjanya:

  • Keadaan awal, mesin dihidupkan secara normal . Skuter matic Vario 150 eSP sudah menggunakan teknologi starter ACG , dimana mesin akan hidup tanpa suara. Halus.Dalam kondisi ini mesin akan terus siaga walau melebihi 3 detik. Idling stop system belum bekerja .
  • Nah, setelah mesin hangat dan mulai bergerak dengan kecepatan melebihi 10 KM/Jam lalu sensor suhu air menditeksi suhu melebihi 50 derajat . Maka ECU akan mengaktifkan sistem idling stop system mulai siap bekerja. Maka bila Vario 150 eSP berhenti bergerak  melebihi 3 detik maka  ISS akan bekerja secara otomatis
  • Keadaan ketika Vario 150 eSP berhenti, dengan throttle tertutup penuh, dan si pengendara duduk diatas jok maka sistem pengapian akan dimatikan. Mesin dalam keadaan shutt-off , maka lampu indikator pada panel akan menunjukkan posisi stand by .
  • Ketika restart dengan cara tuas gas ditarik maka throttle akan terbuka sehingga Vario 150 eSP masuk dalam posisi starter dan pengapian ON,   mesin menyala kembali . Dengan begitu mesin memulai putaran dan terus meningkat, kopling sentrifugal pun bekerja kembali .

Sistem kerja ISS memang canggih, ECU sebagai pengatur dan penerus sensor-sensor yang bekerja bisa mengenali dengan akurat. Kinerja mesin akan tetap optimal dengan ISS, karena panas mesin hampir tidak ada ketika kendaraan berhenti tidak bergerak (langsam).

honda12-jpg-572888d25a7b6158139fc43a.jpg
honda12-jpg-572888d25a7b6158139fc43a.jpg
Mesin eSP canggih, irit dan ramah lingkungan | sumber : www.welovehonda.com

Akselerasi yang Mengagumkan dan Penyempurnaan Komponen Jeroan Mesin eSP

Honda Vario 150 eSP mampu berakselerasi dari titik 0 ke jarak 200 meter dalam hitungan 11,94 detik. Akselerasi ini tentu memperlihatkan kemampuan dapur pacu yang ciamik yang dihasilkan mesin eSP 150 CC. Ada tiga hal yang menonjol pada kinerja mesin  Vario 150 eSP, economical alias irit bahan bakar, eco friendly yang ramah lingkungan, high performance yang memiliki akselerasi  dan responsif keren .

 Rensponsif skuter matic memang sangat dibutuhkan dalam manuver berkendara.  Walau sangat responsif , Vario 150 eSP bisa menempuh jarak 48 KM  dengan hanya menenggak satu liter bahan bakar berdasarkan hitungan EURO 3 , kalau menggunakan ukuran EURO 2 , jarak yang ditempuh mencapai 52,9 KM. Irit bukan ?

Namun ada baiknya kita melihat jeroan mesin eSP yang diboyong Vario 150 , kelebihan didapur pacu inilah yang membuat akselerasi dan responsip skuter matic kelas premium ini mampu melibas pesaing dikelasnya,

Jeroan mesin eSP dikembangkan dengan teknologi tinggi, melalui serangkaian ujicoba yang tidak mudah. Banyak penyempurnaan yang membuat mesin eSP berbeda dengan jenis mesin Honda  pada generasi sebelumnya. Paling tidak ada 10 hal yang telah disempurnakan dan ditambahkan, :

Hal pertama, adalah digunakannya teknologi ACG starter dan ISS yang telah dibahas diatas. Dua teknologi ini dikawinkan sehingga antara ACG starter dan ISS menjadi salah satu keunggulan mesin eSP yang tak akan ditemui pada jenis mesin lainnya.

Hal kedua, Fuel Injector. Skuter matik Honda boleh berbangga karena pada sektor ini tak ada yang mampu menandingi semprotan bahan bakar skuter matic Honda yang paling halus.

Hal Ketiga, Roller Rocker Arm. Pada sektor ini mesin eSP disempurnakan dengan leher bambu pada as rocker arm. Ukuran roller lebih kecil agar meminimalkan gesekan dan memangkas bobot sehingga komponen jadi lebih ringan.

Hal keempat ,Offset Cylinder dan Spiny Sleeves.  Offset Cylinder  adalah posisi piston dan stang piston pada posisi titik mati atas (TMA) yang tidak sejajar dengan kruk as. Upaya ini dibuat agar ketika mesin sedang kompresi , gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan stang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebihan.  Sedang Spini Sleeves adalah lapisan mirip kulit jeruk di balik dinding silinder. Upaya ini agar panas berlebih bisa lepas dengan cepat. Teknologi ini juga dibenamkan pada blok mesin Honda CBR250.

Hal kelima, Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan mengeliminasi hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Penghilangan sudut pada penyempurnaan ini bisa memperlancar aliran kabut bahan bakar

Hal keenam, Light Wight Piston dan Crankshaft. Piston yang dipakai pada mesin eSP dibuat lebih ringan. Untuk memangkas bobot, Pin dan rumah pin dibuat lebih kecil. Fungsinya selain bobot lebih ringan juga mereduksi bidang gesek antara Piston dan dinding silinder. Namun kruk as dibuat lebih tangguh agar getaran dapat diminimalkan, selain itu bearing kruk as yang digunakan lebih besar .

Hal ketujuh, Breather Passage. Penyempurnaan ini dibuat agar panas yang timbul didalam mesin bisa dikeluarkan melalui dua jalur. Bila sebelumnya hanya melalui jalur rantai keteng, maka saat ini dialirkan melalui lubang pendinginan. Hasilnya mesin jadi lebih dingin dan bekerja lebih ringan.

Hal kedelapan, Built in Cooling System. Sektor pembuang panas ini dibuat bukan saja dibagian kepala silinder namun juga dibuat dibalik dinding silinder. Sedang pada sektor radiator dibuat lebih banyak sekat  atau core .Hal ini digadang gadang jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

Hal kesembilan, V-Matic. Transmisi otomatis pada mesin eSP mengalami banyak penyempurnaan. Rasio lebih lebar dan dirancang dengan kualitas elastisitas karet yang tinggi.Hasilnya tentu lebih awet dan tak mudah selip.

Hal kesepuluh, Penyempurnaan pada gigi belakang CVT. Konstruksi Rib atau tulangan baru , dengan kontruksi baru ini penggunaan oli bisa dikurangi agar mesin lebih ringan bekerja. Agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran maka ditambahkan beberapa Bearing.

Kecepatan maksimal yang dihasilkan dapur pacu Vario 150 eSP tembus hingga 102 KM/Jam. Top speed ini dihasilkan mesin yang didesain dengan diameter  (57,3 x57,9 mm), bervolume 149,3 CC  dengan empat langkah SOHC . Mesin Vario 150 eSP mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar 12,8 N.m pada  500 rotasi per menit (rpm) , Untuk daya maksimum tercapai sebesar 9,3 kW per 8500 rpm.

Selain teknologi idling stop system, efisiensi bahan bakar juga disumbang dari sistem injeksi Honda yang sudah melegenda, PGM-Fi.  Sistem elektronik injeksi menggantikan sistem Karburator yang  kurang efisien. Pengatur bahan bakar yang dialirkan ke dalam mesin  menggunakan sistem sensor Electronic Control Unit (ECU). Oleh karena itu berapa kebutuhan bahan bakar dipasok dengan presisi yang tepat, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Percampuran antara bahan bakar dan udara dihitung dengan akurasi pencampuran yang pas. Sehingga selain efisien, tenaga yang dihasilkan juga tetap optimal.

honda7-jpg-5728882b4d7a614f0823f989.jpg
honda7-jpg-5728882b4d7a614f0823f989.jpg
Answer Back System, sebuah fitur canggih yang dimiliki Honda Vario 150 eSP | sumber : www.welovehonda.com 

 Answer Back System, Tak lagi pusing mencari posisi Sepeda motor yang diparkir.

Mencari sepeda motor yang terpakir kadang bikin susah. saya sendiri sering kali kerepotan ketika menitipkan sepeda motor di Tempat penitipan. Karena posisi sepeda motor sudah dipindah pindah oleh sipengelola penitipan. Posisi nitip sama posisi mau ambil sudah jauh berubah.

Wah, bayangkan tempat penitipan itu penuh dengan sepeda motor. Ada ratusan unit berjejer . saking frustasinya, sepeda motor penulis diberi tanda khusus seperti bendera kecil yang lain daripada yang lain. Tampil beda.   Jadi pas bubaran kereta, sepeda motor bisa dikenali dengan cepat. Kalau nggak, pusing tujuh keliling.

Tapi rasanya kerepotan itu tak akan terjadi pada Honda Vario 150 eSP.   Pada kunci skuter matik premium ini sudah dibekali tombol fitur Answer Back System. Tinggal tekan, skuter matic akan berbunyi sehingga siempu skuter matic dengan cepat mengetahui posisi parkir .

Mirip, teknologi pada mobil zaman sekarang. Mobil akan berbunyi ketika siempunya menekan tombol remote. Selain berbunyi, kunci secara otomatis terbuka.

Memang sih, Kunci pada Honda vario 150 eSP tidak terbuka secara otomatis. Tapi hanya berfungsi untuk memberi tahu posisi skuter matic.

honda9-jpg-5728893ddd93734d086b81d6.jpg
honda9-jpg-5728893ddd93734d086b81d6.jpg
Sistem Pengereman CBS , fitur keselamatan berkendara | sumber :www.welovehonda.com

Sistem Pengereman Optimal dengan Combi Brake System (CBS)

Skuter matic seperti Honda Vario 150 eSP mampu melakukan manuver dengan cepat, kecepatan yang dihasilkan bisa tembus hingga 102 KM/Jam. Memang sih untuk urusan kecepatan dan akselerasi  Honda Vario 150 eSP tak diragukan lagi.

Namun faktor keselamatan berkendara harus tetap dipatuhi. Skuter matic yang melaju kencang harus dapat dikendalikan terutama pengereman. Lalu lintas di Indonesia tidak sebaik di negara maju. Ada saja ulah yang tidak bertanggung jawab dari pengguna lalu lintas yag lain. Bisa kendaraan bermotor, bisa juga pejalan kaki. Belok seenaknya, menyebarang jalan tidak pada tempatnya. Kalau sudah begitu perlu sistem pengereman yang handal.

safety riding Honda tentu punya tanggung jawab untuk pengguna produknya, jangan sampai keselamatan pengendara sepeda motor Honda jadi taruhan. Pengembangan sistem pengereman menjadi sektor perhatian Honda.

Maka, lahirlah sistem pengereman Combi Break. Sebuah sistem pengereman yang diadopsi dari sistem pengereman mobil. Dimana sekali menginjak pedal rem, maka empat ban akan terkunci. Kendaraan pun berhenti dengan responsif. Aman terkendali.

Maka dikembangkanlah kemampuan mengerem, secara bersama antara roda depan dan roda belakang . Sekali menaris tuas rem kiri maka equalizer gaya akan bekerja untuk meneruskan tenaga tekanan menjadi dua, yag satu akan menuju rem pada roda belakang sedang satunya lagi menuju tuas ungkit yang akan menekan knocker untuk memberikan gaya tekan pada piston hidrolik yang akan mengaktifkan  rem cakram depan bekerja untuk melakukan pengereman.

honda13-jpg-5728899d359773a519a0801a.jpg
honda13-jpg-5728899d359773a519a0801a.jpg
sistem kerja CBS | sumber : www.world.honda.com

Honda Vario 150 eSP juga menggunakan sistem pengereman Combi Break. Penggunaan Combi Break tentu sebuah kebutuhan untuk keselamatan pengendara. Sebuah hal penting yang tak boleh ditawar tawar. Hanya saja harus diingat , Combi Break tidak menghentikan laju kendaraan secara seketika,  ada jarak yang akan digunakan hingga kendaraan benar benar berhenti pada titik nol. Combi Break merupakan sistem pengereman yang lebih optimal dibanding dengan sistem pengereman manual.

Selain Combi Break, Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi Brake Lock ketika kendaraan sedang dalam posisi menanjak atau menurun. Fungsi brake lock mirip seperti rem tangan pada sebuah mobil. Brake lock, bisa digunakan ketika skuter matic sedang mulai dinyalakan. Brake lock akan mengunci roda belakang sehingga menghindari skuter matic melompat ketika tuas gas diputar secara berlebihan. Brake lock dibutuhkan bagi pengendara yang memiliki anak balita yang bisa saja menarik tuas gas ketika skuter matic sedang menyala.

honda6-jpg-572889ff119773e30429744d.jpg
honda6-jpg-572889ff119773e30429744d.jpg
Bagasi fungsional , 18 liter , sanggup menyimpan 1 helm half face | sumber :www.welovehonda.com/

Bagasi Besar hingga 18 Liter

Skuter matic selain berfungsi sebagai alat transportasi juga dilengkapi bagasi besar. Bisa digunakan untuk membawa barang barang pribadi seperti tas tangan, mantel jas anti hujan, hingga barang belanjaan. Walau dirancang untuk bisa menyimpan satu helm half face . Bagasi Honda Vario 150 eSP fungsional untuk keperluan membawa barang pribadi yang cukup penting.

Fungsi bagasi seluas Honda Vario 150 eSP tidak dimiliki semua skuter matic. Bahkan bila dibanding sepeda motor jenis lain yang samasekali tak memiliki bagasi, Honda Vario 150 eSP punya kelebihan yang  dihandalkan .

Bagasi yang ada, cukup aman karena tidak terkena sinar matahari dan terpapar air hujan. Bahkan aman dari tangan orang jahil yang biasa beroperasi di tempat terbuka seperti tempat parkir. Yang namanya helm mudah sekali lenyap tanpa bekas ketika ditaruh ditempat parkir. Maka, adanya bagasi helm in sangat menolong .

Selain bagasi , Honda Vario 150 eSP menyediakan dua bagasi kecil di kiri dan kanan. Bisa digunakan untuk menaruh botol minuman, dompet, sarung tangan  hingga benda kecil yang biasa digunakan. Namun harus diingat , agar tidak menggunakan bagasi kecil untuk menaruh benda benda berharga seperti handphone, dompet berisi dokumen penting dan uang.

Saya pernah mengalami kehilangan smartphone ketika diletakkan pada bagasi kecil di skuter matik. Hasilnya, smartphone lenyap tanpa pesan. Tinggal saya gigit jari dan menyesali keteledoran .

honda5-jpg-57288a8465afbd6f0981fbac.jpg
honda5-jpg-57288a8465afbd6f0981fbac.jpg
Secure Key Shutter with Seat Opener | sumber : welovehonda.com/

Fitur keamanan yang dimiliki Honda Vario 150 eSP

 Honda Vario 150 eSP sebagai skuter matic premium memang dilengkapi fitur keamanan yang bisa dihandalkan. Pada sistem penguncian menggunakan fitur Secure Key  Shutter with Seat Opener.

Kunci yang dimiliki menggunakan keamanan ganda.  Pada sistem keamanan pertama, terdapat penutup lubang kunci . Cara kerjanya otomatis, ketika pengendara telah mengunci setang pada posisi “lock” maka secara otomatis penutup lubang kunci akan menutup secara sempurna ketika anak kunci ditarik.

Untuk keamanan lapis kedua, dimana anak kunci menggunakan variabel magnet yang unik. Setiap anak kunci hanya cocok untuk satu panel kontak (Cylinder shutter) . Kombinasi magnet terdapat pada tiga kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet pada panel kontak.

Panel kontak berfungsi juga sebagai kunci pembuka jok skuter matic. Tak perlu repot untuk memindahkan anak kunci ke arah lubang di samping jok seperti sepeda motor zaman lawas. Arahkan anak kunci ke arah kiri sebelum menyentuh posisi ON.

Setelah anak kunci  pada posisi “seat” tinggal tekan tombol SEAT yang berada tepat disamping panel kontak , maka kunci jok akan terbuka secara otomatis. Kenyaman ini memudahkan pengendara ketika hendak mengisi bahan bakar atau membuka bagasi utama.

Tingkat keamanan skuter matic Honda Vario 150 eSP memang telah dirancang dengan baik, namun ada baiknya bila menambah kunci ganda bila tidak yakin tempat parkir aman dari para pencuri.

Satu lagi , pengaman yang khas yang ada pada skuter metic Honda. Pengaman Side Stand Swtich.Bila stand samping sedang digunakan atau dalam posisi menjulur. Maka mesin skuter matic tak akan menyala. Begitu pula bila mesin dalam keadaan menyala lalu pengendara menggeser stand samping maka secara otomatis mesin skuter akan OFF alias mati.

Side Stand Switch berguna untuk keselamatan pengendara bila terlupa melipat stand samping. Kecelakaan tunggal sering terjadi karena stand samping masih menjulur tegak, pengendara bisa mengalami hal yang berbahaya. Karena stand samping akan mengganjal laju skuter matic ketika berbelok. Jelas berbahaya.

Tampil Mewah dengan Balutan Garnish

Honda Vario 150 sempurna lahir sebagai skuter matic premium . Tampil dengan lima pilihan warna yang menarik, Exlusive Matte Blue, Matte Brown, Black Metallic, Matte Black dan Exclusive Pearl White.

Balutan garnish juga  menambah kesan mewah, ada enam titik berbeda yang dibalut garnish. Mulai dari Air Cleaner, Side Body, Muffler , Radiator, Front Steering dan Headlight.

Tampilan Wing Mark 3D Emblem menambah kesan mewah, tulisan Vario 150 juga tampil 3D. Menempel pada sisi kiri dan sisi kanan body skuter matic. Kesan maskulin dan macho memang lekat begitu kuat.

Kehadiran Honda Vario 150 eSP pada kelas skuter matic premium  menjadi bukti akan level tertinggi dari sebuah teknologi Honda. Menyasar kelas menengah yang kian sadar , sebuah kendaraan yang tampil mewah, akselerasi responsif , fitur ekslusif, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun