Digital Marketing dengan Menggunakan New Media, sebagai Komunikasi Edukasi pada Kesehatan Gigi
Saluran komunikasi yang lebih tradisional masih digunakan dalam konteks tertentu, seperti komunikasi formal, pemasaran, dan promosi. Di sisi lain, penggunaan saluran komunikasi tradisional memiliki kecenderungan menurun sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan semakin tergantikan oleh teknologi digital yang lebih maju dan efisien. Saluran komunikasi tradisional pada awalnya dianggap sangat penting, akan tetapi hal ini telah berubah, dan digantikan oleh media digital yang telah berkembang secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Media digital telah menjadi mode komunikasi yang penting dalam pemasaran dan periklanan.
Internet dan media digital, menurut Ahmed dkk. (2019), merupakan instrumen strategis yang ampuh yang dapat digunakan untuk menyasar generasi milenial berdasarkan kebutuhan mereka. Â Hal ini tidak bergantung pada lokasi, wilayah, atau negara, dan juga tidak dibatasi oleh waktu. Media digital berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir karena adopsi teknologi digital yang semakin luas dan perkembangan internet. Ada beberapa faktor yang memberikan pengaruh pada pertumbuhan media digital, di antaranya yaitu:
 1. Perkembangan Teknologi
Kemajuan teknologi yang pesat telah memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan manusia. Teknologi meningkatkan akses ke informasi, meningkatkan efisiensi di berbagai bagian kehidupan, dan memecahkan banyak kesulitan. Teknologi terbaru dan yang sedang berkembang saat ini di antaranya Internet of Things (IoT), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI), Blockchain, teknologi jaringan nirkabel 5G, Robotika, maupun teknologi dalam bidang medis.
Situs web, aplikasi, media sosial, video streaming, dan media digital lainnya muncul sebagai hasil dari kemajuan teknologi digital. Pengguna dapat dengan mudah dan cepat mengakses dan berinteraksi dengan media digital karena kemajuan teknologi digital. Namun, teknologi dapat menimbulkan konsekuensi negatif, seperti kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan dampak positif dan negatif dari terobosan teknis dan memastikan bahwa teknologi digunakan secara bertanggung jawab.Â
2. Kepopuleran Internet
Keberadaan internet di mana-mana telah merevolusi cara kita terhubung dengan dunia dan menciptakan banyak peluang baru di banyak bidang kehidupan. Internet telah memfasilitasi akses informasi, meningkatkan efisiensi di berbagai sektor kehidupan, dan memberikan jawaban atas berbagai masalah. Pertumbuhan internet telah mengubah cara kita berinteraksi dengan media dan mengakses informasi. Internet menyediakan akses yang cepat dan mudah ke beragam media digital dari seluruh dunia.
3. Peningkatan Penggunaan Gadget
Berkat pertumbuhan gadget seluler seperti smartphone, laptop, dan tablet, pengguna gadget sekarang dapat mengakses media digital terlepas dari lokasi atau waktu mereka. Meskipun ada banyak manfaat dari penggunaan alat teknologi canggih yang meluas, ada juga potensi kerugiannya, seperti ketergantungan yang berlebihan dan kecanduan pada perangkat seseorang. Oleh karena itu, kita harus menggunakan teknologi dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Ketika menggunakan teknologi, sangat penting untuk memahami batasannya dan menjaga kesehatan fisik dan mental.
Perangkat memungkinkan pengguna dengan mobilitas tinggi untuk tetap terhubung dan mengakses informasi kapan saja dan dari lokasi mana saja. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang selalu bepergian atau yang bepergian. Gadget juga meningkatkan akses ke internet dan aplikasi lain seperti jejaring sosial, email, dan pesan instan. Ada juga hiburan di perangkat pengguna, seperti musik, video, dan permainan. Kita juga dapat menonton episode televisi dan film secara online berkat kemajuan teknologi.
Gadget dapat membantu kita dengan tugas sehari-hari seperti bekerja, belajar, dan mengatur kalender. Meningkatkan produktivitas pengguna. Terakhir, gadget memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui panggilan suara, teks, atau video.
4. Adopsi Teknologi Cloud Computing
Cloud Computing memungkinkan untuk menyimpan dan melihat data secara online. Hal ini memudahkan untuk mendapatkan media digital di perangkat yang berbeda. Cloud Computing adalah teknologi yang sangat berguna untuk bisnis dan pengguna individu karena memberikan lebih banyak kebebasan, keamanan, dan ketersediaan dengan biaya yang lebih rendah.Â
Dengan Cloud Computing, perusahaan tidak perlu membeli dan memelihara sistem TI mereka sendiri, sehingga mereka dapat menghemat uang dan bekerja lebih efisien. Karena Anda membayar layanan cloud saat Anda menggunakannya, layanan ini umumnya lebih terjangkau. Peningkatan layanan cloud sesuai permintaan memudahkan organisasi untuk memenuhi kebutuhan mereka yang terus berubah. Dengan sambungan internet, Anda dapat menggunakan layanan cloud dari mana saja dan kapan saja. Hal ini sangat membantu bagi perusahaan dengan pekerja yang bekerja dari rumah atau dari tempat yang berbeda.
Sering kali, layanan cloud lebih aman daripada sistem tradisional karena penyedia layanan menggunakan teknologi keamanan terbaru dan mengawasi mereka setiap saat untuk menghentikan risiko keamanan. Pemrosesan data lebih cepat dan lebih baik, sehingga perusahaan dapat memperoleh wawasan dan informasi yang mereka butuhkan secara real time. Tingkat ketersediaan dan keandalan yang tinggi karena perusahaan layanan cloud memiliki sumber daya yang cukup dan dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak jika diperlukan.
5. Perubahan Gaya Hidup
Khalayak lebih banyak menggunakan media digital karena adanya perubahan dalam kehidupan mereka, seperti menjadi lebih mobile, bekerja dari rumah, dan memiliki hobi yang melibatkan teknologi. Perubahan dalam cara hidup kita telah mengubah cara kita menggunakan teknologi di berbagai bagian kehidupan kita. Cara orang menggunakan teknologi seperti ponsel pintar dan komputer, yang memungkinkan mereka terhubung dan mendapatkan informasi dari mana saja dan kapan saja, berubah seiring dengan semakin seringnya orang bergerak. Banyak orang memiliki pekerjaan yang memungkinkan mereka bekerja dari rumah atau bekerja dari tempat lain. Hal ini mengubah cara penggunaan teknologi seperti aplikasi kantor dan layanan cloud, yang memungkinkan para pekerja bekerja dan bekerja bersama dari rumah.
Penggunaan teknologi oleh masyarakat telah dipengaruhi oleh hal-hal seperti bermain game online, menonton film streaming, dan menggunakan media sosial. Sebagian besar kesehatan juga dipengaruhi oleh teknologi, seperti aplikasi kesehatan dan gadget medis yang dapat membantu orang untuk tetap sehat. Melalui e-commerce, belanja makanan online, dan layanan lainnya, teknologi memudahkan orang untuk melakukan pembelaianbarang dan jasa.
6. Pemasaran Digital
Pemasaran digital kini menjadi elemen integral dari strategi pemasaran perusahaan. Melalui berbagai media digital, pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk menjangkau banyak konsumen dengan cara yang efisien. Pemasaran digital memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, seperti meningkatkan efektivitas pemasaran dan memperluas jangkauan konsumen. Pemasaran digital juga menghadapi sejumlah kendala, seperti persaingan yang ketat dan pergeseran algoritme di media sosial, yang dapat berdampak negatif pada efektivitas kampanye pemasaran. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan tren dan pergeseran di bidang pemasaran digital dan menggunakan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
Internet merupakan pendukung utama media pemasaran yang semakin potensial untuk menjangkau konsumen, karena semakin banyak orang yang menggunakannya. Penggunaan media digital seperti video, gambar, audio, dan animasi untuk memasarkan produk dan layanan telah dimungkinkan oleh adanya kemajuan teknologi. Ketersediaan analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi mengenai perilaku konsumen. Informasi ini dapat membantu perusahaan membuat kampanye pemasaran yang lebih efektif dan menargetkan konsumen yang tepat. Dengan berkembangnya media digital, telah terjadi pergeseran yang signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan media dan informasi. Pengguna sekarang dapat terhubung dengan seluruh dunia dengan lebih cepat dan mudah berkat media digital. Selain itu, media digital juga memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan meningkatkan efektivitas pemasaran mereka.
Ahmed, dkk. (2019) mengatakan bahwa Internet dan media digital adalah alat strategi yang kuat yang dapat digunakan untuk menargetkan generasi milenial berdasarkan apa yang mereka butuhkan. Â Hal ini tidak bergantung pada tempat, wilayah, atau negara, dan tidak ada batasan waktu. Ada banyak orang yang menempatkan diri mereka di media sosial dengan melakukan pekerjaan mereka sebagai pelanggan. Orang-orang memposting konten tentang produk suatu merek yang menceritakan pengalaman dan ulasan mereka. Â Hal ini memudahkan pemasar untuk menggunakan platform pemasaran digital sebagai cara yang efektif untuk menyebarkan berita tentang merek mereka (Stephen, 2016). Â
Interaksi dan komunikasi dengan pelanggan yang efektif dan efisien merupakan ciri khas pemasaran digital. Telah terjadi peningkatan dramatis dalam hal kemudahan bisnis untuk memastikan kelangsungan jangka panjang merek mereka dengan beriklan di media digital berkat meluasnya penggunaan teknologi digital selama dekade terakhir.
Sering kali, istilah "media baru" digunakan untuk merujuk pada berbagai saluran dan platform komunikasi online yang bermunculan sejak adanya internet dan teknologi digital lainnya. Kategori media baru ini mencakup media sosial, aplikasi seluler, blog, podcast, situs yang melakukan streaming video, dan outlet berita online.
Cara orang menikmati dan membuat konten telah banyak berubah karena media baru. Dengan internet yang cepat dan perangkat seluler canggih, orang dapat mengakses dan berbagi informasi kapan saja dan dari mana saja. Karena itu, batas antara pembuat media dan konsumen media menjadi kurang jelas, dan lebih banyak orang bisa mendapatkan informasi.
Karena munculnya media baru, muncul pula cara-cara baru untuk berbicara dan berbagi ide. Media sosial telah memunculkan berbagai jenis penggiat dan komunitas baru, serta layanan podcasting dan streaming yang memungkinkan para pembuat konten independen untuk mencapai tingkat visibilitas yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Penyebaran media baru telah memberikan dampak besar pada cara kita berinteraksi satu sama lain, cara kita mempelajari hal-hal baru, dan cara kita menghabiskan waktu luang. Seiring dengan penyebaran teknologi baru dan munculnya bentuk-bentuk media baru, kita bisa berharap bahwa cara kita terhubung dengan dunia luar akan berubah.
Media baru memungkinkan para pemasar untuk mempromosikan produk dan layanan baru mereka kepada konsumen. Yang lebih menarik lagi, mereka tidak lagi membutuhkan komputer tetapi ponsel berteknologi tinggi, laptop, dan tablet untuk memberikan pertukaran informasi secara real-time kepada pelanggan mereka di mana saja dan kapan saja, yang menjadikan perilaku konsumen sebagai faktor penting. Pemasar harus membangun merek mereka di situs web perusahaan, YouTube, dan portal online di mana jutaan pelanggan menonton. Media interaktif memberikan pilihan komersial baru serta perspektif bisnis dan promosi kepada para pemasar. Pengguna berbagi dan mendiskusikan merek favorit mereka di Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, dan Facebook. Saluran-saluran ini juga mengurangi biaya iklan sekaligus meningkatkan dampaknya hingga sepuluh kali lipat, menurut Mathwick dkk.Â
Penggunaan media dapat bermanfaat bagi orang atau perusahaan yang mengirimkan pesan dan orang atau kelompok yang menerima pesan (konsumen atau target pasar). Menggunakan media yang tepat dapat meningkatkan kemampuan orang untuk berbicara satu sama lain dan membantu mereka mencapai tujuan pemasaran atau komunikasi. Memilih media yang tepat sangat penting jika Anda ingin pesan Anda sampai kepada orang yang ingin Anda jangkau. Misalnya, menggunakan media sosial seperti Instagram atau TikTok mungkin lebih efektif daripada menggunakan media tradisional seperti koran atau majalah jika target pasar utama Anda adalah generasi milenial. Selain itu, pesan yang dirancang dengan baik dan rencana yang baik untuk membagi target pasar ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil dapat membantu membuat penggunaan media menjadi lebih efektif.Â
Namun perlu diingat bahwa penggunaan media tidak selalu memberikan hasil yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan media dengan cara yang salah atau bahkan tidak sama sekali, Anda mungkin akan mengirimkan pesan yang salah atau tidak menjangkau audiens target Anda. Jadi, penting bagi bisnis atau orang untuk mengetahui siapa target audiens mereka dan memilih media yang tepat untuk memastikan penggunaan media yang efektif.
Melalui media sosial, perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan, mengembangkan hubungan, dan mempromosikan produk dan layanan mereka. Hal ini disebabkan oleh semakin maraknya penggunaan perangkat seluler di masyarakat, yang memungkinkan perusahaan untuk membuat kampanye pemasaran yang dapat diakses dan diikuti dari perangkat seluler. Pekerjaan sehari-hari banyak orang mengharuskan mereka untuk berinteraksi dengan klien melalui media sosial. Pengguna mengekspresikan pemikiran dan pengalaman mereka dengan merek produk melalui konten online. Â Hasilnya, mempromosikan merek melalui saluran pemasaran digital menjadi lebih mudah dari sebelumnya (Stephen, 2016).
Media sosial adalah istilah untuk situs web atau platform online apa pun yang memungkinkan orang berbicara dan berkomunikasi satu sama lain dan membuat konten mereka sendiri. Media sosial adalah platform bagi semua individu untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi satu sama lain. Semua orang menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi (Nasrullah, 2017). Media sosial juga merupakan alat untuk berbagi informasi dan wawasan yang luas.
Ada lebih banyak orang yang menggunakan media sosial saat ini daripada beberapa tahun yang lalu. Selain itu, sekarang ada banyak jenis media sosial yang berbeda yang telah muncul. Media sosial menguasai dunia saat ini. Media sosial memberi Anda banyak informasi dan membuat Anda terhibur sepanjang waktu. Sebagai alat pemasaran, media sosial telah menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat orang tahu tentang bisnis. Pemasar dan bisnis dapat berbicara dengan pelanggan mereka saat ini dan di masa depan.
Baru-baru ini, klip video pendek menjadi populer di situs media sosial. TikTok, sebuah aplikasi yang populer, adalah jejaring sosial yang mudah digunakan untuk berbagi video yang mendorong pengguna untuk berbagi dan menonton video yang mereka sukai. Â "Video pendek di platform media sosial mengubah cara orang mempelajari keterampilan kreatif dengan menyediakan materi instruksional yang kaya secara visual dan keterampilan komunikasi untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik tentang materi tersebut," tulis Zhou (2019). Menurut Janicke (2018), generasi milenial menghabiskan waktu sekitar 4 jam 11 menit per hari di situs media sosial.Â
Para peneliti memilih TikTok sebagai platform media sosial mereka untuk menentukan bagaimana pengetahuan merek dan ingatan merek mempengaruhi niat beli milenial ketika mereka melihat kampanye pemasaran di platform tersebut. Alih-alih hanya memposting iklan, orang dapat menggunakan situs tersebut, di mana mereka dapat dengan mudah menjangkau audiens yang lebih besar (Haenlein et al., 2020).Â
Penggunaan media baru, termasuk pemasaran digital, dapat menjadi metode yang efektif untuk komunikasi edukasi kesehatan gigi. Pemasaran digital dapat digunakan untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada masyarakat umum tentang kesehatan gigi karena pesan yang disampaikan melalui media edukasi. Penggunaan pemasaran digital dalam kedokteran gigi dapat memberikan banyak manfaat bagi praktik, termasuk peningkatan visibilitas online, efektivitas pemasaran, jangkauan pasien, dan kepercayaan pasien. Namun, praktik kedokteran gigi harus mematuhi peraturan dan etika ketika menggunakan media baru untuk pemasaran untuk menjaga standar profesional dan menghindari masalah hukum.
Media baru berikut ini dapat digunakan untuk mempromosikan praktik kedokteran gigi: Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter adalah platform yang efektif untuk mempromosikan praktik kedokteran gigi dan meningkatkan interaksi dengan pasien. Berbagi konten edukasi yang informatif dan menarik, mengumumkan promosi atau diskon, dan menyediakan jadwal atau waktu yang diperbarui adalah pilihan untuk praktik dokter gigi. Video dapat menjadi alat yang berguna untuk memperkenalkan praktik dokter gigi dan layanan mereka, serta mengedukasi pasien tentang perawatan gigi yang tepat. Video juga dapat digunakan untuk memperkenalkan dokter gigi dan anggota staf lainnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pasien. Situs web dapat menjadi alat pemasaran yang penting untuk praktik kedokteran gigi. Hal ini dapat membantu praktik dokter gigi dalam meningkatkan visibilitas mereka, menyebarkan informasi tentang layanan mereka, dan memfasilitasi pendaftaran pasien.Â
WhatsApp digunakan untuk memberi tahu pasien mereka tentang penawaran. Hal ini dapat membuat orang lebih cenderung ingin pergi ke klinik gigi dan mencoba layanan yang mereka tawarkan. Tim marketing dapat mengingatkan pasien mereka tentang janji temu gigi dengan mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Hal ini dapat membantu pasien mengikuti perawatan gigi mereka dan menjaga gigi mereka dalam kondisi yang baik. Tim dokter gigi dapat menggunakan WhatsApp untuk menjawab pertanyaan dari pasien tentang perawatan gigi mereka atau layanan yang ditawarkan oleh klinik gigi mereka. Hal ini dapat membantu pasien merasa lebih mengenal dokter gigi mereka dan lebih terhubung dengan mereka.Â
Pemasaran dengan email dapat menjadi alat yang berguna untuk menjaga hubungan dengan pasien dan mempromosikan layanan praktik gigi. Pemasaran email dapat digunakan untuk mendistribusikan buletin, informasi promosi, jadwal, dan informasi penting lainnya. Memanfaatkan mesin pencari seperti Google untuk mempromosikan dan meningkatkan visibilitas online untuk praktik dokter gigi. Dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization), praktik dokter gigi dapat meningkatkan peringkat situs web mereka di mesin pencari, sehingga memudahkan calon pasien untuk menemukannya.
Kedokteran gigi edukasi menginformasikan kepada pasien tentang perawatan dan kesehatan gigi. Komunikasi edukasi dalam kedokteran gigi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pasien akan kesehatan gigi dan mendorong perawatan gigi yang tepat. Brosur adalah salah satu metode komunikasi edukasi. Dokter gigi dapat memberikan brosur kepada pasien. Perawatan gigi, kesehatan gigi, dan makanan yang ramah terhadap gigi dapat dicakup dalam brosur ini.Â
Video tutorial, webinar, dan blog dapat membantu pasien belajar tentang perawatan gigi dari jarak jauh. Hal ini membantu pasien yang tidak dapat mengunjungi dokter gigi. Komunikasi edukasi dalam kedokteran gigi membantu pasien memahami kesehatan gigi dan memeliharanya. Dokter gigi harus menggunakan metode edukasi yang efektif untuk membantu pasien memahami perawatan gigi dan kesehatan gigi.
Dalam bidang kedokteran gigi, menggunakan TikTok untuk komunikasi edukasi merupakan cara yang inovatif dan efektif untuk mengajarkan pasien tentang perawatan gigi dan kesehatan gigi. TikTok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan orang membuat dan berbagi video pendek yang kreatif dan menarik. TikTok dapat digunakan dalam bidang kedokteran gigi untuk mengajari pasien tentang perawatan gigi dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti.
Konten TikTok yang dibuat menarik dan kreatif lebih mungkin untuk disukai oleh audiens dan disebarkan ke orang lain. Misalnya, Anda dapat membuat video pendek dengan efek suara, memilih lagu, dan visual yang menarik tentang cara menyikat gigi yang benar. Kontennya harus sederhana dan mudah dimengerti. Tidak menggunakan istilah-istilah medis yang rumit dan sulit dimengerti oleh kebanyakan orang.Â
Fokuslah pada masalah kesehatan gigi yang penting bagi pasien Anda, seperti cara menyikat gigi, cara menggunakan benang gigi, cara membersihkan gigi pasien perawatan ortodontik, cara menjaga gigi tetap sehat, dan sebagainya. Menggunakan tagar yang tepat juga dapat membantu pasien menemukan konten dengan lebih mudah. Misalnya, #gigi-sehat, #tips-menyikat-gigi, dan seterusnya. Hal yang paling penting adalah mengikuti aturan profesi. Pastikan konten yang dibuat tetap sesuai dengan standar profesional dan tidak melanggar hukum atau etika medis.
Dokter gigi dan timnya dapat membuat video singkat yang menginstruksikan pasien tentang cara menyikat gigi yang benar dengan mengilustrasikan gerakan menyikat gigi yang tepat, durasi waktu yang tepat, dan pemilihan bentuk kepala sikat gigi serta penggunaan pasta gigi yang tepat. Anda dapat membuat video singkat tentang makanan atau minuman yang berpotensi dapat merusak gigi dan memberikan saran tentang cara mengurangi risiko kerusakan gigi dalam video ini. Video tersebut bisa tentang bahaya makanan atau minuman yang merusak gigi. Video pendek yang membahas faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan gigi dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya, termasuk menurunkan asupan gula dan menjaga kebersihan mulut yang baik.Â
Pentingnya perawatan gigi secara teratur, bersama dengan video ramah pasien yang menjelaskan pentingnya perawatan gigi secara teratur dan memberikan panduan tentang cara menjaga kesehatan gigi dengan cara yang mudah dipahami. Perawatan gigi untuk anak-anak, termasuk video singkat tentang perawatan gigi untuk anak-anak, seperti mendemonstrasikan cara menyikat gigi yang benar, mencegah mereka makan makanan tinggi gula, dan membawa mereka ke dokter gigi secara teratur.
Konten kreator TikTok Tri Putra dengan akun @doktergigi_ konsisten membuat konten video komunikasi edukasi berupa perawatan pembersihan karang gigi (dental scaling) pada pasien di tempat prakteknya. Ini adalah konten yang kreatif dan tidak umum, seperti ide atau tips yang sudah disampaikan di atas. Walaupun konten video yang sensitif pada media digital, akan tetapi justru konten videonya banyak diminati oleh para pengguna media sosial TikTok, sehingga viral.
Video tetap dibuat menarik, dengan gambar video yang jelas dan tajam, editing yang baik, suara gemercik air yang terdengar konstan (bukan suara proses dental scaling yang sebenarnya), serta gimmick 'video (hanya) bibir pasien, kemudian tiba-tiba membuka mulut dibarengi dengan suara yang mengagetkan, dan terlihatlah seluruh gigi pasien yang penuh dengan karang gigi yang menakutkan!'.Â
Akun ini banyak mempunyai pengikut yang mencapai 4,4 juta followers. Konten videonya juga banyak disukai oleh pengikutnya. Tingkat 'Like' terhadap konten video secara keseluruhan mencapai 59,6 juta, merupakan angka yang fantastis, lebih dari 10 kali lipat pengikutnya.Â
Akun @doktergigi_ juga mentautkan akun pada SEO (Search Engine Optimization). Sehingga ketika diketikkan "@doktergigi_" maka akan muncul akun instagram @doktergigi_, lokasi klinik @doktergigi_ tersebut berada dimana, dan klinik tersebut benar adalah milik dokter gigi Tri Putra. Great.
Ini adalah salah satu contoh penerapan digital marketing dengan menggunakan media baru berupa video kreatif dan menarik pada media sosial TikTok, dan mentautkan akun nya pada SEO (Search Engine Optimization), sebagai komunikasi edukasi kesehatan gigi.
Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H