Mohon tunggu...
Rendra TrisyantoSurya
Rendra TrisyantoSurya Mohon Tunggu... Dosen -

I am an IT AUDITOR/ASESSOR/Trainer in CISA,CISM, CGEIT, CRISC, COBIT, ITIL-F, PMP, IT Help Desk, CBAP/Applied Researcher. And LECTURER in Information Technology Management (IT Governance), Business Information System, IT Auditing, and Business Management). Now I have been living in Bandung... (My another activity is "a Citizen Journalism" who are trying to write any interesting small events around my environment to be interested articles for sharing with DIARY Approached style. Several articles which I was writing in here using different methods for my experimental, such as "free style with maybe avoided certain grammar", "feeling on my certain expression", "poetry", "short stories", "prosa", "travel writing", and also popular science, etc. I use this webblog Kompasiana as my experiment laboratory in writing exercises. So, hopefully..the output will benefit for other people as readers...! ...) . My email address: Rendratris2013@Gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

{PUISI} Wisuda di antara Mentari dan Rembulan

19 Oktober 2016   19:13 Diperbarui: 20 Oktober 2016   07:47 3698
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Mereka bagai Mentari dan Rembulan.....)

MEREKA......

Bagai “Mentari” dan  “Rembulan....!

Yang terkadang, tampak seperti  burung  Camar kecil, yang  lincah berterbangan  ke sana kemari,

Bergerombol datang  ke Kampus  ini dari berbagai penjuru kota dan pelosok daerah di Jawa Barat,

Membawa sejuta mimpi dan cita....

Menyapa insan-insan Kampus Vokasional Negeri ini..

Dengan berbagai ekspresi,  yang terkadang tampak lugu dan polos..

Bersama angin sepoi mereka datang dalam suatu upacara Penerimaan Mahasiswa Baru,

Mereka pun patuh dan berpadu sebagai bilangan...

Membaur di antara ribuan orang di dalam suatu lingkaran gojlokan...

Di Gedung Pendopo  Agung kampus yang berusia 37 tahun ini,

Mereka mengucap janji,  untuk mengukir masa depan......

Tampak tak nyaman di awal: GALAU, dan bahkan bimbang, BISAKAH..?

Mau  kemana masa depan ini diarahkan,

Di antara puluhan pilihan dan rintangan...?

Namun, berbilang hari dan bulan, mereka kemudian segera menjadi “tangkas” dan “trengginas”,

Mengerjakan tugas kuliah yang yang silih berganti, dari pagi hingga petang..

Di akhir minggu pun, mereka mengisi ruang emosional-nya dengan berbagai aktivitas,

Kadang, hanya sekedar untuk mengusir kebosanan dan kejenuhan, jika rindu kampung halaman... 

Melebur ke dalam berbagai kegiatan ekstra Himpunan Mahasiswa yang mungkin juga untuk eksistensi diri..

Di lain waktu:  IDEALISMENYA pun terpancar keluar, ikut berteriak-teriak di jalan memprotes problema bangsa....

Hari ini,

Dalam usia mereka yang masih REMAJA itu,

Mereka di WISUDA.... 

Mengenakkan baju TOGA dengan ijazah yang tergenggam erat  ....

Tak sampai berbilang tahun sudah..

Mereka pun kini hikmat dikukuhkan....

Dalam ekspresi yang masih sama:  REMAJA  yang   “dipaksakan” menjadi dewasa..........

Yang  “terpaksa” fasih berbicara Pekerjaan dan MELAMAR KERJA..


Hari ini,  

Di Gedung Pendopo yang sama itu,

Mereka lalu ber-metamorfosa: from  ”NOBODY”.. to  “SOMEBODY”..!

Mengenggam gelar AMD atau SST (Sarjana Sains Terapan) dan beberapa Serifikasi Profesi,

Sebagai  simbolisasi keberhasilan dalam mengukir sejarah masing-masing....

Sebuah kalimat cerdas pun  tertempel di dinding kelas, yang tampak semakin lusuh ditinggalkan..

Di antara bangku ruang kuliah yang berantakan oleh  Euforia “pesta” itu, tertulis kalimat manis:

“Dear PAST...! Thank you for the lessons..

Dear FUTURE..!  I am now READY..”

Dan, 

Sekuntum Bunga MAWAR  yang tertinggal berserakkan di lantai...

Mungkin tak pernah terbayang,  Dunia  yang seringkali tak semulus yang diangan-angankan...

Mungkin, mereka mengacuhkannya...dan tidak peduli juga...!

Kadang dunia kerja itu, memang tampak lebih keras dari dunia kampus, yang seringkali melankoli dan romantik....

Kekuasan (UANG) dan intrik, sering kali lebih  menentukan masa depan kerja..

Daripada sekedar sekumpulan NILAI Ujian, dan Nilai IPK yang tinggi..  

Ya...!

“SELAMAT WISUDA : Mahasiswa dan Mahasiswi Ter-BAIKKU..!”

Biarkan mentari dan rembulan (jika masih ada), menggeliat-liat di  dalam pikiran romantisme kalian....

Yang mewarnai suatu PERJALANAN transisi....

Dan  biarkan juga,  HUJAN dan PANAS.. (jika nanti menghampiri..)

Yang membuat kalian menjadi “Manusia DEWASA” yang sesungguhnya......!

Biarkan juga, jika ada  bagian kosong di selembar kertas yang  bernama IJAZAH itu,

Karena kelak,  mungkin nanti berguna untuk menulis   “catatan” tentang PERJALANAN ini.. ..

----------------------

(Puisi ini ditulis oleh: Rendra Trisyanto Surya / Cimahi, Oktober 2016.. terinspirasi oleh beberapa mahasiswa bimbingan saya yang masih muda2 dan berusia remaja, namun tampak tetap semangat mengejar mimpi dan masa depannya...)

(“SELAMAT WISUDA : Mahasiswa dan Mahasiswi Ter-BAIKKU..!”)
(“SELAMAT WISUDA : Mahasiswa dan Mahasiswi Ter-BAIKKU..!”)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun