Penulis: rr. Nurul Hidayah, S.Pd.I., Gr., C.LMP., C.LCWP.
(Guru PAI BP SDN 1 Nagrikidul Purwakarta, Jawa Barat).
Konsep pengembangan profesionalitas menurut para ahli dapat di definisikan bermacam-macam.Â
Salah satu pendapat dikemukakan oleh Alba Sandberg Diah Riana M, 2009: 40-41 sebagai berikut. "The concept of professional development is not clearly delimited. A profession traditionally is defined as being based on systematic, scientific knowledge. Preliminary development of professional skill has occurred largely through designated higher education programs, with sussequent development taking various forms".Â
Inti dari pendapat Albadan Sandberg bahwa suatu profesi digambarkan sebagai dasar pengetahuan sistematis dan pengetahuan ilmiah, untuk itu diperlukan pengembangan profesional yang dirancang luas melalui program- program pendidikan lebih tinggi dengan berbagai bentuk pengembangan.Â
Dari uraian diatas dapat disimpulkan pengembangan profesionalitas guru adalah usaha memberi bantuan pada guru untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan mengajar dan menumbuhkan sikap profesional sehingga guru ahli dalam mengelola kegiatan belajar mengajar dalam membelajarkan peserta didik.
siswa kelas 5B SDN 1 Nagrikidul Purwakarta mengikuti Kompetisi  Literaktif  Produk Siswa (menulis karya puisi).
ParaTujuan Pengembangan Profesioanlitas Guru
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan pengembangan profesionalitas guru adalah agar guru menguasai pengembangan materi dalam rangka pencapaian target kurikulum dengan seiringnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalnya, guru semakin terampil dan semakain puas, memiliki moral atau semangat kerja yang tinggi dan berdisiplin, serta guru menjadi mandiri.
Pengembangan profesionalitas guru pada abad 21 dan Literaktif Produk Siswa.
Pengembangan profesionalitas guru pada abad 21, guru harus terus meningkatkan minat baca dengan menambah koleksi buku. Guru pada abad 21 harus memiliki kemampuan untuk menulis. Mempunyai minat baca tinggi saja belum cukup bagi guru, tetapi harus memiliki keterampilan untuk menulis. Guru juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk buku atau karya ilmiah. Tanpa kemampuan menulis guru akan kesulitan dalam upaya meningkatkan kredibilitasnya di hadapan murid. Guru yang memiliki kompetensi dalam menulis gagasan, atau menulis buku dan karya almiah, maka akan semakin disegani oleh siswanya.
Implementasi Pengembangan Profesionalitas Guru PAI yang ada di SDN 1 Nagrikidul Purwakarta, bermula dari salah satu ide kreatifnya Guru PAI, yakni:  rr. Nurul Hidayah, S.Pd.I  yang mengusung," Program Literaktif Produk Siswa." Momen ini dimanfaatkan untuk membangkitkan dan menumbuhkan literasi karya inovatif (Literaktif ) siswa. Ruang itupun terbuka seluas-luasnya untuk mengapresiasi dan mempublikasikan karya para siswa, memilih dan menyeleksi para siswa  yang terbaik hasil karyanya untuk mengikuti lomba  Literasi di tingkat kabupaten Purwakarta, Menulis hasil Literaktif siswa menjadi Buku Antologi Puisi dan Menerbitkannya menjadi Buku yang Ber-ISBN, saat ini sedang proses penyusunan buku antologi puisi dan merupakan Program Produk Literasi Karya Inovatif Sekolah.
Sasaran awal untuk saat ini  hanya 3 kelas yaitu kelas 5B, kelas 5C dan kelas 5E SDN 1 Nagrikidul Purwakarta, awalnya sasaran program ini untuk kelas 6, namun ada kendala karena pada saat program dilaksanakan para siswanya sedang melaksanakan ujian praktek. Pada Program ini Tema-tema dan subtema dalam penulisan karya literasi yang disajikan diselaraskan dengan KI/KD Mapel PAI dan Tematik Kurikulum 2013 yang diejawantahkan melalui rangkaian diksi dan kalimat yang apik dan berkarakter. Tema-tema yang terdapat dalam aspek Alqur'an, Aqidah, Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ), seperti hormat kepada orangtua, hormat kepada guru, serta Nabi dan Rasul.
Adalah Karya: Zaura Syahwari Nurwenda, siswi kls 5B (Nama Mu Penerang Di  Kegelapan ), Queensha Alika Haerunisa siswi 5B ( Bahagia Itu Sederhana), Aulia Maharani Makuaseng ( Guruku ) siswi 5C SDN 1 Nagrikidul, Purwakarta-Jawa Barat. Mereka telah Menjalankan Rangkaian Proses Kelas Bimbingan Belajar Menulis Literasi Karya Inovatif (Literaktif) Berbasis Produk Melalui Luring/ Daring. Berikut Hasil Penuangan Ide, Imajinasi, Olah Rasa, Olah Jiwa, Olah Hati Literaktif Zaura Syahwari Nurwenda, Queensha Alika Haerunisa dan Aulia Maharani Makuaseng Yang Dapat Dinikmati!
NAMA MU PENERANG DI Â KEGELAPAN
Karya: Zaura Syahwari Nurwenda
Ya Rasul Ya Muhammad
Sungguh kagumku terhadap kisah tentang Mu
Sosok tak pernah ku lihat
Namun ku agungkan karena keyakinanku
Nama Mu penerang di kala kegelapan
Sungguh mulia hatimu yaa Rasulalloh
Memberikan petunjuk untuk menyempurnakan akhlak
Bagi umat selamat di dunia hingga akhir masa
Jika bukan Baginda Nabi yang Mulia
Dunia gelap gulita menyelimuti bumi
Dunia penuh kejahiliyahan merajai hari
Dunia hampa tidak mengenal Illahi Rabbi
Ya Baginda Sayyidina Muhammad
Ijinkan aku memuji Mu walau terbata bata
Melafalkan sholawat dengan nada bersahaja
Dan merindukan mu dengan penuh asa
 Baranangsiang Purwakarta, Jawa Barat.
 Sabtu, 19 maret 2022; 10.00 WIB
BAHAGIA ITU SEDERHANA
Karya: Queensha Alika Haerunisa
Bahagia itu sederhana
Menikmati hidup tanpa kepura-puraan
Hidup cukup tanpa berlebihan
Dan berguna bagi sesama
Jika jalanmu penuh liku
Tetapkan langkah dan berpijak
Buang dan hempaskan keluh kesah
Agar tidak menjadi beban dihati
Bahagia itu sederhana
Ikuti alur yang ada
Seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir
Mengikuti jalannya takdir
Bahagia itu sederhana
Bukan hanya bergelimang harta
Namun menjalani takdir
Dengan iklas dan bersahaja
GURUKU
Karya : Aulia Maharani Makuaseng
Guruku...
Terima kasih guruku telah mengajariku  Â
Jasamu tak akan pernah kulupakan
Akan ku ingat semua ilmu yang diberikan
Oh guruku...
Tanpa engkau apa jadinya aku
Aku tak akan bisa seperti sekarang
Yang bisa menulis, membaca, dan berhitung
Kau selalu sabar dalam mengajari kami
Dan engkau tak pernah mengeluh
Saat engkau mengajari dan membimbing kami
Dari kami tidak tahu menjadi mengerti banyak hal
Terima kasih guruku...
Atas  semua ilmu yang engkau berikan
Dan semua hal yang engkau ajarkan
Kelak menjadi bekal untuk kami dimasa depan
Salah satu kegiatan Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah penyusunan atau pembuatan karya inovatif meliputi, menemukan teknologi tepat guna; menemukan atau menciptakan karya seni; membuat atau memodifikasi alat pelajaran; dan mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya. Dalam pelaksanaannya dapat memenuhi penetapan angka kredit (PAK) dan kenaikan pangkat bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Sedangkan bagi peserta didik untuk memenuhi penilaian produk. Sesuai dengan empat standar kompetensi Guru yang telah digariskan yaitu kompetensi paedagogi, kepribadian, profesional, dan sosial. Adapun untuk Guru PAI Â ditambah dengan kompetensi leadership dan spiritual.
Keselarasan dengan  kompetensi profesional, hendaknya para Guru berupaya secara terus-menerus mengasah, mempertajam, meningkatkan, mengembangkan dan memberdayakan dirinya dengan mengikuti pelatihan, pendidikan, dan pembinaan yang diadakan oleh institusi/lembaga manapun khususnya di bidang literasi.
Salah satu lnstitusi/lembaga yang menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi profesional tersebut yaitu PPQM Lembaga TEMALI dengan Program dan Kegiatan TERASEdu-QM (Literacy Professional Training dan Education-QURUTA Management) The YAQINNA Foundation yang fokus pada Non-Academic Degree.
Penulisan Literaktif pada Siswa SDN 1 Nagrikidul Purwakarta merupakan hasil dari keikutsertaan Penulis pada Program dan Kegiatan TERASEdu-QM sebagai rencana tindak lanjut (RTL) yang berkelanjutan (kontinuitas). Sebagai pencerdas dan pencerah masa depan peserta didik, Guru tidak boleh berhenti dan merasa puas dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan pada jalur formal saja, sesuai dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan IPTEKS, Guru membekali wawasan, ilmu, pengetahuan dan keterampilan dirinya dengan pendidikan non formal (diklat-diklat dan pembinaan) untuk pengembangan potensi dan profesionalitas diri.Â
#Salam Literasi; Indonesia_Berkarya!!!
#Salam Guru Literat; Semangat_Hebat_Literat!!!
 Bersambung....
Â
Referensi:
- Tujuan Pengembangan Profesioanlitas Guru
- https://text-id.123dok.com/document/7qv12r8lq-tujuan-pengembangan-profesioanlitas-guru.html
- Melly Simanjuntak, "Kegiatan Belajar 1: Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 Capaian Pembelajaran."
- https://www.scholae.co/web/read/2831/kegiatan.belajar.1.karakteristik.guru.dan.siswa.ab diakses pada 12 September 2020.
- Yoni Haris Setiawan, "Membakar Api Semangat Kepahlawanan dengan Karya Literas( 3 ).
- https://koranbekasi.id/index.php/2021/11/15/Membakar Api Semangat Kepahlawanan dengan Karya Literasi (3) -- Koran Bekasi  diakses pada 15-11-2021.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H