Mohon tunggu...
Intan Rosmadewi
Intan Rosmadewi Mohon Tunggu... Guru SMP - Pengajar

Pengajar, Kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain ; sesungguhnya adalah kebaikan untuk diri kita sendiri QS. Isra' ( 17 ) : 7

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Novel "Gia The Diary of Little Angel"

14 Januari 2018   19:47 Diperbarui: 14 Januari 2018   19:51 2190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  • Novel                          :  Gia  The Diary of A little Angel
  • Penulis                       :  Irma Irawati
  • Penerbit                     :  Bhuana Sastra
  • Penyunting               :  Deesis Edith. M
  • Penyelaras Akhir   :  Ani Nurani Syahara
  • Ilustrasi Sampul     :  Alivia Putri Rahmawati
  • Penata Letak            :  Astrid Arastazia
  • Desain Sampul        :  Yanyan Wijaya

Cover Gia dari Bhuana Sastra
Cover Gia dari Bhuana Sastra
                                                                                                                                  Cover Gia dari Bhuana Sastra

"Ibu . . . Assalamu'alaikum,  nama saya Syifa dari Pondok Pesantren Darrussalam Ciamis mohon Ibu memberikan kesan -- kesannya tentang Novel Gia,  dan apa pesan Ibu untuk santri -- santri di Pondok kami Darussalam."

Bunda kaget dan bingung di cegat saat akan menuju mushalla Gramedia Merdeka Bandung  untuk melaksanakan shalat ashar, dengan dua pertanyaan ringkas  namun jawabannya tidaklah mungkin ringkas disamping Syifa yang bertanya ada seorang  santri putera  dengan sangat fokus membidikan camera ke wajah kami berdua (Bunda sore itu berjalan beriringan menembus tebaran pengunjung yang cukup penuh di lantai 3 Gramed Merdeka  dengan salah seorang blogger Bandung yaitu Mbak Lendy Agassy).

Syifa menambah penjelasannya bahwa  wawancara ringkas ini ; vidionya akan di putar di Pondok paska launching  novel :   Gia,  The Diary A Little Angel  dari Bandung.

Petikan kalimat jawaban Bunda  dari pertanyaan syifa   :

"Seluruh paparan yang Ibu ikuti barusan sebagaimana  disampaikan penulis yaitu Teh Irma, demikian Ayahnya Kang Fadlil dan Mamahnya Gia bahwa kematian adalah nasihat kehidupan  yang sangat  penting kita  tafakkuri  bersama dan  sudah menjadi ketentuan Allah Swt  bahwa kematian pasti datang  pada semuanya. 

Gia sebagai seorang anak yang masih sedemikian hijau belum mencapai usia baligh  memiliki  kecerdasan spiritual yang tinggi senang berbagi, rajin shalat berjamaah patuh memenuhi semua perintah Allah sehingga Gia cilik benar -- benar akan menjadi inspirasi kita semua dan siapapun yang membacanya.

Untuk para santri di Darussalam ya . . . sebagai santri rajin belajar, patuh pada kedua orang tua, taat pada guru dan rajin membaca. Semoga sukses dunia dan akhirat."

Acara lauching novel    Gia,   The Diary of A little Angel  yang di tulis Irma Irawati memang  sudah selesai sedangkan Bunda  belum membaca novel tersebut.   Gambaran umum kisah  keseharian  Gia  yang  diadaptasi menjadi  novel bahkan dalam proses pembuatan di layar lebar  (film) sesungguhnya bisa kita tangkap berdasarkan apa yang telah di paparkan kedua orang tua Gia (Nazila Apregia Reigane).

Adapun Bunda menjawab pertanyaan Syifa berbekal apa yang sudah kami simak dari paparan  kisah yang dialami Gia dan di ceriterakan Ibundanya Chusna Arifahdan Ayahandanya Fadlil Yani Ainusyamsi.

Sedangkan Syifa sebagai salah seorang santri Darussalam membidik Bunda menjadi  salah seorang target wawancaranya kemungkinan   karena Bunda mendapat kesempatan bertanya  dari Kang Tasaro GK  sebagai moderator.

Sebagai penggemar macam -- macam genre novel, Bunda  sudah mengenal lama Tasaro GK (Taufik Saptoto Rohadi) sedangkan huruf GK dibelakangnya merupakan  akronim dari Gunung Kidul,  namanya  Tasaro sepertinya sudah menjadi  legenda dunia penulis di Indonesia karena  tetralogi Muhammad. 

Bahkan salah satu alasan yang menguatkan Bunda hadir di Gramedia -- Merdeka ada nama Tasaro sebagai moderator, penasaran ingin mengenal lebih dekat lagi, dan . . .  Subhanallah  diberi waktu untuk bicara.

Meskipun tidak sempat berfoto khusus dengan Tasaro GK rasanya mendapat kesempatan bertanyapun sudah menjadi hal  langka khusus juga  berbeda (sensasional)  untuk itu Bunda ingin kembali membaca tetralogi Muhammad pujaan kita semua.

Karena belum sempat  memikirkan,  juga menulis di status face book, twitter dan instagram terkait  resolusi apa untuk tahun 2018,  baiklah 2018 ini resolusinya  Membaca Ulang Tetralogi Tasaro GK,  semoga dianugerahi rezeki umur oleh Sang Pencipta :

Muhammad 1 : Lelaki Penggenggam Hujan  

Muhammad 2 :  Para Pengeja Hujan

Muhammad 3  Sang Pewaris Hujan

Muhammad  Generasi Sang Penggema Hujan

Bongkar -- bongkar rak disebelah mana menyimpan tiga edisi  buku bantal teh ya;   resolusi tambahan Kang Tasaro GK,  harus beli edisi terbaru sepertinya, termasuk Muhammad Generasi Sang Penggema Hujan.

Vidio koleksi Gia pribadi (pict:dok.pribadi)
Vidio koleksi Gia pribadi (pict:dok.pribadi)
Hal. 75 - AML (pict:dok.pribadi)
Hal. 75 - AML (pict:dok.pribadi)
Serba Realitas Gia Yang Shalehah
  • Gia lahir di Ciamis  19 Maret 2005 dalam lingkungan  pondok Darussalam yang kental dengan nilai -- nilai spiritual Islam juga budaya Sunda yang  some'ah  (ramah tamah)  dan wafat di Ciamis ,   Kamis 8 Oktober  2015.
  • Gia menuliskan perasaan dan kenyataan yang ia hadapi tanpa sepengetahuan Ayah Bunda juga Kakak -- kakaknya termasuk membuat vidio dan meme pendek.
  • Gia memiliki rasa sosial yang sangat kental, dengan harapan sembuh dari penyakit Acute Myeloid Leukemia (AML).  Meskipun demikian Gia memang lahir dari Ibunda dan Ayah yang berjuang memajukan Islam di Jawa -- Barat.
  • Gia tabah menerima semua kenyataan sakitnya dan akhirnya wafat menjumpai kekasih abadi.,  Malaikat cerdas ini menasihati kita semua : "tabah dan sabar saat menderita kesakitan."

Hampir seluruh halaman buku ini menyentuh sekali dengan bahasa seorang gadis cilik yang polos dan suci,  bermakna tinggi namun tidak meninggi hati.

Satu hal mungkin ini yang menjadi sesal Ibunda atau keluarga yang tidak mempertemukan Gia dengan Bi Idahnya. 

Gia ingin berjumpa dengan Bi Idah istri Mang Biring inang pengasuh yang melekat dalam jiwa Malaikat kecil ini. Ibundanya sudah berjanji akan mempertemukan Gia dengan Bi Idah usai kemoterapi Gia yang keempat   (Gia  The Diary of A little Angel  hal. 98 -99)

effb-pictgia-5a5b4e84dd0fa827392745a2.jpg
effb-pictgia-5a5b4e84dd0fa827392745a2.jpg
                                                                                                                         Cover The Diary of A Little Angel

Dikotomi Karakter Budi Pekerti Dan Akhlak Mulia

Bagi Bunda ini sekedar menyegarkan ingatan masa lalu yang terbenam dan tersimpan dalam memori yang telah usang,  saat muncul pertanyaan dari salah seorang pengunjung dan mendapat ijin dari Kang Tasaro GK,   pertanyaan ditujukan kepada Ibunda Gia :  "Nilai -- nilai karakter apa yang ditanamkan pada diri Gia sehingga si kecil memiliki kepedulian dan jiwa sosial pada teman dan saudaranya?"

Jawaban telah terpampang dalam poin -- poin yang sederhana, namun praktek dalam menerapkannya tidak sesederhana dalam implementasi.

Menjadi Ibu, Guru, Murabbi sunggu berat tantangannya, dan butir -- butir pembinaannya terdiri dari : 

"Pembinaan Nilai Dasar Karakter De Gia"

  •  Membina rasa disiplin keseharian melalui salat 5 waktu dan mengaji.
  •   Membina tanggung jawab dan kemandirian ;  membina dan membudayakan nilai kejujuran dalam kehidupan sehari -- hari.
  •   Melatih lingkungan hidup tertib dan bersih
  •   Mengisi kekosongan dengan pola bermain
  •   Mendidik keterbukaan dan dialogis dalam pergaulan sesama saudara dan orang tua.

Presentasi Karakter (pict:dok.pribadi)
Presentasi Karakter (pict:dok.pribadi)
Memang di fikiran Bunda kalau ada kalimat karaktersuka terbayang bahwa kita mendidik manusia untuk menjadi SDM yang berkualitas dan kemudian  mereka bekerja -- dan bekerja  untuk  menjadi  penghimpun (capital) tujuannya adalah duniawi semata,  karena konon kata karakter muncul dari filsafat materialism.

Dalam kontek ajaran Islam biasanya karakterpenggunaan kata atau kalimah yang pas adalah  - "penanaman akhlakul karimah"  atau menanamkan nilai -- nilai akhlak yang mulia,  hal ini pun sesungguhnya sudah diakomodir dengan bijak oleh negara dengan cara pencantuman kata -- kata tersebut dalam UU -- Sisdiknad,  yuk kita lihat sebentar  . . .

Undang -- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sintem Pendidikan Nasional ;  Bab I  Ketentuan Umum Pasal 1 :  "Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki  kekuatan spiritual keagamaan,  pengendalian diri,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak mulia,  serta ketrampilan yang diperlukan dirinya,  masyarakat,  bangsa dan negara.

Dimaklumi saja dunia kampus dan birokrat memang lebih akrab menggunakan kata "karakter"  ketimbang  "akhlak mulia".

Akan tetapi penting kita merenung sejenak,  jika karakter ujungnya kapital  sedangkan akhlakul karimah ujungnya adalah "penghambaan diri hanya  pada Allah Swt."

Peluncuran Novel yang Sukses (pict:dok.pribadi)
Peluncuran Novel yang Sukses (pict:dok.pribadi)

 

Malaikat Kecil Telah Hadir di HaribaanNya.  

Bagi Ibunda nya,   Gia adalah salah satu bunga terindah yang ada dalam  rangkaian yang dia miliki,  wajar kemudiaan Allah mengambil yang terindah dari miliknya. Doa sang Bunda "semoga ini menjadi kifarat bagi saya secara pribadi dan untuk seluruh keluarga Gia." Amiin . . .

Ketika pada akhirnya Apah atau Aang dan Mamah menumpuk bermacam sesal terkait apapun tentang Gia, disana titik lemah yang ada pada kita sebagai makhluq bernama manusia memang senyatanya lemah.

Hanya doa pasrah yang bisa kita angkat kelangitnya Allah bagai makhluk hina dina bahkan seperti binatang terluka parah :

Hasbunallah wa ni'mal wakiil . . . ni'mal maula wan nimman nashiir  

Gia sesungguhnya bukan siapa -- siapa kita, bukan anaknya Bunda, bukan adik kalian dan siapa dia . . . dia sang Malaikat cilik yang begitu dekat sekali dengan kita meskipun kita belum berkenalan dengannya. 

Lewat buku berwarna pink ini kita akan mengenalnya sedemikian dekat pada Gia,  dan penulisnya Irma Irawati mempersembahkan keta'dzimannya pada sang guru di pondok Darussalam.

Ciburial,  14 Januari 2018 M / 27 Rabi'ul Akhir 1439 M

( Saat angin ngagelebug )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun