Mohon tunggu...
Rosa Pebrina W
Rosa Pebrina W Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ "Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 3: Aksi Nyata - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

30 Desember 2023   15:36 Diperbarui: 30 Desember 2023   15:54 1246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada topik sebelumnya saya telah mempelajari konsep dasar perspektif sosiokultural dalam pendidikan yaitu tentang Status Sosial Ekonomi (SES) dan Cultural Historical Activity Theory (CHAT) yang memberikan pengaruh terhadap keberagaman peserta didik di dalam kelas. Pada topik kali ini saya mempelajari tentang memahami perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia.

         Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

"Yang saya pikirkan tentang topik "perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik" dalam kehidupan peserta didik menjadi perhatian dan sebagai salah sau pertimbangan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Dimana pada tahap mulai dari diri ini saya diminta untuk menonton tayangan video. Dari video yang saya tonton terlihat bahwa faktor ekonomi sangat berpengaruh dalam menunjang pendidikan selain itu peran pemerintah dalam menanggulangi hal tersebut juga memberikan dampak terhadap pendidikan yang lebih baik kedepannya."

        Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

"Pada bagian eksplorasi konsep yang saya pelajari dari topik ini adalah aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa dengan anak memiliki peranan yang penting dalam membetuk perspektif anak dalam memandang dunia pendidikan. Selain interaksi, aktivitas sehari-hari yang berbeda menurut status sosial ekonomi serta sejauh mana mereka dipekerjakan secara berbeda juga menjadi topik yang diperdebatkan bahwa perbedaan sosialisasi tersebut juga akan menghasilkan sikap, nilai, dan keterampilan kognitif serta linguistic yang digunakan anak anak saat mereka tumbuh juga akan berbeda dimana hal ini akan mereka jadikan sebagai sarana atau alat untuk berkembang."

        Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

"Pada ruang kolaborasi ini saya dan rekan rekan saya berbagi pemikiran terkait pandangan pandangan kami tentang Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan dan pandangan kami tentang kesiapan mengajar dengan dengan memperhatikan Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik. Setelah itu dari pandangan tersebut kami mendiskusikan persamaan dan perbedaan dari pandangan pandangan yang telah kami paparkan. Melalui kegiatan ini saya memahami lebih dalam terkait Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik melalui perbedaan pandangan yang kami paparkan."

         Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

"Pada kegiatan demonsrasi kontekstual saya dan rekan saya menampilkan hasil pandangan kami yang telah kami buat dalam bentuk PPT di depan kelas kemudian kami juga menilai hasil tampilan kelompok lainnya. Melalui kegiatan ini memberikan tambahan ilmu lagi kepada saya sendiri terkait pentingnya guru memiliki pengetahuan dalam menilai peserta didik dari sudut pandang sosial, budaya , ekonomi dan politik agar guru dapat mengambil tindakan bagaimana harus memperlakukan peserta didik dengan latar belakang yang unik yang diakibatkan karena pengaruh sosial, budaya, ekonomi bahkan politik peserta didik tersebut."

         Elaborasi Pemahaman:

  • Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

"Melalui topik ini lah saya mempelajari tentang bagaimana menerapkan perspektif sosial, budaya , dan ekonomi peserta didik yang beragam dalam proses pembelajaran di kelas. Seperti kata ahli yang menyatakan bahwa manusia diciptakan oleh masyarakat dimana mereka tinggal dan hal itu menjadi faktor penentu dalam pembentukan kepribadian maupun karakteristik anak tersebut."

  • Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

"Hal baru yang saya peroleh adalah setiap siswa itu berbeda, dan memiliki ciri khas sesuai dengan  latar belakang sosial budaya dan ekonomi dimana hal itu dapat dikembangkan menjadi hal yang lebih positif melalui pendidikan yang mereka peroleh di bangku sekolah."

  • Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

"Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana cara saya sebagai seorang guru menempatkan diri di dalam kelas dengan berbagai karakteristik peserta didik yang beragam, sehingga saya mampu mengendalikan kelas dengan baik."

           

           Koneksi Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

"Menurut saya topik pembahasan kali ini sangat memiliki kaitan dengan mata kuliah lain yang saya pelajari yaitu sebagai berikut:

Filosofi Pendidikan Indonesia: Dasar pendidikan anak menurut KHD berkaitan dengan kodrat alam dan kodrat zaman dimana dalam prosesnya pendidikan itu harus berpihak kepada peserta didik. Oleh sebab itu agar pendidikan dapat berjalan sesuai pemikiran KHD hendaknya memiliki pemahaman kepada peserta didik terlebih dahulu karena seperti yang kita ketahui bahwa peserta didik itu memiliki latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik yang beraneka ragam

Pemahaamn Peserta Didik dan Pembelajarannya: Dalam melaksanakan proses pembelajaran hendaknya guru memahami karakteristik peserta didik terlebih dahulu agar proses pembelajaran tersebut dapat di sesuai dengan perkembangan kognitif anak dan juga sesuai dengan budaya setiap anak yang berbeda-beda

Pembelajaran Berdiferensiasi: Perspektif sosiokultural mengacu kepada keberagaman peserta didik yang dipengaruhi oleh sosial budaya dan ekonomi. melalui keberagaman inilah dalam proses pembelajaran dibutuhkan pembelajaran yang berdiferensiasi dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam

Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1: Keberagaman karakteristik peserta didik juga berkaibat kepada tingkat kemampuan mereka yang berbeda juga oleh sebab itu dalam merancang proses pembelajaran dan asesmen harus mengacu kepada tingkat kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik."

        

         Aksi Nyata:

  • Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

"Manfaat dari mempelajari ini sebagai kesiapan saya menjadi guru adalah dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik dapat membantu saya dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan nyaman serta relevan dan memiliki dampak positif terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik."

  • Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

"Kesiapan saya saat ini adalah masih pada skala 7, saya masih perlu banyak belajar serta masih perlu banyak melakukan praktek agar saya mampu menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik saya tanpa adanya perlakuan berbeda beda karena perbedaan latar belakang yang dimiliki oleh peserta didik."

Sekian paparan dari saya, enjoy reading, thankyou..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun