Koneksi Antar MateriÂ
Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Pembelajaran
Ronisalasa
CGP Angk. 7 Kabupaten Gowa
Â
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan metari yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media.
Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar
1. Pengalaman/materi pembelajaran yang baru saja diperoleh
Pada modul 2.3 ini, saya mempelajari tentang supervisi akademik yang bertujuan sebagai upaya pengembangan kompetensi diri setiap pendidik di sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah coaching yang memiliki tiga prinsip yaitu; kemitraan, proses kreatif, dan memaksimalkan potensi. Kompetensi inti coaching yang harus dimiliki diantaranya; kehadiran penuh (presence), mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot. Percakapan berbasis coaching menggunakan alur TIRTA, akronim dari Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, dan TAnggung jawab. Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga tahapan dalam supervisi akademik yaitu; pra observasi, observasi, dan pasca observasi yang semuanya akan membantu mencapai tujuan.
2. Emosi-emosi yang dirasakan terkait pengalaman belajar