Oleh : Romi Padli
Mahasiswa Pascasarjana
Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Islam adalah agama yang rahmatan lilalamin. Dalam arti yang luas Islam adalah jalan keselamatan bagi manusia.Â
Banyak teori yang pernah di kemukakan oleh ahli-ahli bisnis dan ekonomi tentang marketing. Hal ini tentu membuat kita sebagai seorang muslim yang sadar akan kehadiran ilmu-ilmu tersebut tidak menjadikan kita menyerah dalam menggali potensi keilmuan yang ada.
Sebagai seorang muslim, kita dapat menjelajahi lebih jauh ajaran, petunjuk dan sumber daya yang sangat perlu dan mendasar dalam Islam.
Sebab banyak sekali ilmu-ilmu yang telah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari bahwa ilmu tersebut merupakan konsep yang telah diajarkan baginda nabi kita Muhammad Salalallahu 'alaihiwasalam.
Dalam perkembangannya ilmu-ilmu yang ada pada saat ini merupakan perluasan dan perkembangan dari ilmu-ilmu yang ada sebelumnya.
Ilmu marketing misalnya, dalam ilmu marketing kita mengenal banyak variabel-variabel yang digunakan untuk  mengkonsep ulang aktivitas menjual dan membeli suatu barang dengan cara tradisioanl dan modern.
Dalam dunia marketing ada teori yang mengungkapkan tentng persaingan bisnis dalam dunia usaha. Oleh sebab itulah persaingan bisnis pada dunia usaha menuntut manusia untuk berpikir cerdas dalam mengembangkan usahanya.
Padahal kalau kita berpirkir cerdas persaingan bisnis adalah konsep prilaku manusia yang terus berkembang pada dunia modern yang dijadikan dasar dalam pemilihan usaha yang tertentu.
Dalam bisnis setiap perusahaan akan mengeluarkan produk yang mempunyai keunggulan masing-masing dalam bidangnya.
Kita ambil contoh misalnya produk elektronik dan teknologi, banyak keunggulan yang dapat kita nikmati untuk memudahkan hidup kita dalam menjalani aktivitasnya sebagai perkembagan ilmu teknologi.