Mohon tunggu...
ROMI INUNG VANIANTO
ROMI INUNG VANIANTO Mohon Tunggu... Guru - SD NEGERI DUWET 02 BAKI SUKOHARJO JAWA TENGAH

santai, traveling, menikmati

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

5 Desember 2022   08:56 Diperbarui: 5 Desember 2022   09:20 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Romi Inung Vanianto

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SD Negeri Duwet 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah.

Selamat bertemu lagi dengan saya Romi Inung Vanianto Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SD Negeri Duwet 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah, pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

  • Facts( Peristiwa)
  • Feelings ( Perasaan)
  • Findings ( Pembelajaran)
  • Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:

1. Facts (Peristiwa)

Minggu ke 3 bulan November, tanggal 23 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan .

Saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan, saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Tanggal 24 november 2022 diadakan forum diskusi lewat LMS, dsini kita saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat teman lain. Tanggal 26 november 2022 saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi dengan fasilitator saya yaitu Ibu Dwi Susilaningsih tentang Visi Guru Penggerak dengan 3 kelompok.

Saya di kelompok 1 bersama bu Fitri, bu Maya, bu Ida, dan pak Budi bersama anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati setiap kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuata tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok. hasil diskusi tersebut harus dipresentasikan pada tanggal 28 november 2022.

Pada tanggal 27 november saya mengikuti kegiatan lokakarya 1 di SMK N 1 Sukoharjo dari jam 08.00 sd jam 16.00 WIB. dalam lokakarya tersebut saya mendapat pembelajaran tentang menggerakkan komunitas praktisi . Kita juga belajar permainan atau game untuk menghidupkan suasana . Dan pada tanggal 28 november kembali kita vcon dengan Fasilitator untuk mempresentasikan hasil diskusi tiap kelompok. Pada tanggal 29-30 november kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya .

Tanggal 2 Desember kita vcon dengan Instruktur Bp Suhud Rois dalam elaborasi pemahaman sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kita berkarya.

2. Feelings ( Perasaan )

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semnagat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari inkuiri apresiatif. Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Terwujudnya Siswa Beriman dan Bertaqwa, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Kuat Berlandaskan Nilai Budaya Bangsa " ,dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu " Mewujudkan budaya membaca sebagai kegiatan literasi di kelas", selain itu saya juga akan membuat dokumentasi pembelajaran maupun media yang menarik lainnya untuk menyenangkan murid.

Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman . Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakuakn kolaborasi dengan rekan sejawat dan piak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.

Terima Kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun