Mohon tunggu...
romadhona diah
romadhona diah Mohon Tunggu... Guru - pencinta alam

Menulis itu bagaikan mengukir pada batu prasasti versi soft file.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Catatan Pengajar Praktik Lokakarya Keenam

19 April 2024   14:57 Diperbarui: 19 April 2024   15:01 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bikin sop buah pake buah naga

Rasanya maknyus dan seger

Biarpun puasa seperti tidak bertenaga

Lokakarya 6 tetap semangat anti mager


Beras pulen dibikin bubur

Nasi goreng enaknya yang pera

Meskipun sudah kepingin libur

Lokakarya 6 kita bikin gembira


Buka puasa dijajanin bubur

Rasanya enak apalagi gratis

Biarpun udah pengen libur

Lokakarya 6 kita bikin romantis

Hai  hai  hai  ....halo halo halo....

Salam hangat dari salah satu Pengajar Praktik angkatan 9 Tangsel. Kembali saya berbagi cerita tentang aktivitas lokakarya kelas A Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 Tangsel dengan Pengajar Praktik Romadhona Diah M. dan Reni Setiati . 

Adapun tema lokakarya 6 adalah:  Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah

Seperti biasa peserta lokakarya 6 ini masih dengan formasi yang sama yaitu : Saya dan bu  Reni sebagai PP, Pak Sulaiman, Bu Iyan, Pak Helmi, Bu Sisca, Bu Tri, Bu Roro, Bu Zahra, Bu Lia, Pak Arif, dan Pak Yafi sebagai CGP dan team monev dari BGP Bu Virgo.  

Adapun produk yang dihasilkan  dari lokakarya 6 adalah:

Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan  

   Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada BAGJA 

Hasil identifikasi kekuatan diri 

Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran

Tujuan belajar yang akan dicapai adalah:

Peserta menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah

Peserta dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang mendukung program 

   sekolah 

Peserta dapat menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung

   program sekolah

Lokakarya 6 berlangsung dalam suasana Ramadhan ( 30 Maret 2024) yang mana rasa ngantuk di pagi hari masih menjadi kebiasaan apalagi menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Agar terjalin koneksi semua peserta, PP yang sebagai role model dengan senyumnya yang lebar menyapa peserta satu persatu menanyakan kabar dan perasaan peserta lokakarya 6 ini. Jawaban masing-masing peserta sesuai dengan harapan. Semuanya mengatakan senang.  Salah satunya  Bu Iyan mengatakan senang sekali karena sudah menyelesaikan materi-materi seluruh modul di ruang pembelajaran online sehingga bisa melanjutkan rutinas sebelumnya yang sempat terhenti karena fokus pada materi pembelajaran di LMS. Sedangkan Pak Sulaiman senang karena bisa melanjutkan kembali hobi memancing dan olahraga bersama teman-temannya yang selama ini tersita fokus menuntaskan tagihan-tagihan tugas di LMS. 

Setelah terjalin koneksi, sesi berikutnya PP (Pengajar Praktik) meminta salah satu peserta memimpin doa untuk lancarnya kegiatan ini kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Guru Penggerak yang dipimpin oleh salah satu CGP. Selanjutnya ice breaking tembak telunjuk oleh Bu Lia.  Suasana pun mencair.  PP menyampaikan susunan aktivitas pembelajaran lokakarya 6 sebagai berikut:

  1. Pembukaan

  2. Doa

  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Guru Penggerak

  4. Kesepakatan Kelas

  5. Berbagi Tujuan  Program sekolah

  6. Membuat Rencana Program Sekolah

  7. Dimana Saya Sekarang

  8. Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan

  9. Rencana Penguatan Kompetensi Diri

  10. Tindak Lanjut dan Penutup

Kemudian dilanjut dengan kesepakatan kelas yaitu:

  1. Hadir tepat waktu

  2. Semua peserta partisipasi aktif dalam diskusi

  3. Menghargai pendapat peserta lain ( semua pendapat dan pertanyaan berharga)

  4. Aktifkan mode diam selama proses pembelajaran berlangsung

  5. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan tempat lokakarya

  6. Mengembalikan perlengkapan yang disediakan ke tempat perlengkapan.

PP menanyakan adakah tambahan ? Jika sepakat PP mengajak tepuk tangan Tukul sebanyak jumlah kesepakatan. Dengan demikian kesepakatan kelas ini resmi berlaku sampai akhir pembelajaran . 

Berbagi Tujuan Program Sekolah  (60')

PP meminta peserta untuk duduk berkelompok sesuai PP masing-masing kemudian meminta peserta memvisualisasikan tujuan program sekolah selama 30 menit kemudian presentasi berbagi tujuan program sekolah secara bergantian. 

Untuk membantu Calon Guru Penggerak dalam memvisualisasikan tujuan program sekolah, CGP (Calon Guru Penggerak)  membayangkan satu tahun ke depan :

- Murid seperti apa yang dibayangkan ?

- Kepala sekolah dan guru-gurunya akan seperti apa ?

- Lingkungan belajar sekolahnya seperti apa ?

- Warga sekolahnya (termasuk orang tua) akan seperti apa ?

Memvisualisasikan Tujuan Program 1 Tahun. Dok Pri.
Memvisualisasikan Tujuan Program 1 Tahun. Dok Pri.

Program NgoBras. Dok Pri.
Program NgoBras. Dok Pri.

Program Patekos.Dok. Pri.
Program Patekos.Dok. Pri.

GeJum. Dok. Pri.
GeJum. Dok. Pri.

Dok. Pri.
Dok. Pri.

Libas. Dok. Pri.
Libas. Dok. Pri.

Program Konseling Teman Sebaya. Dok. Pri.
Program Konseling Teman Sebaya. Dok. Pri.

Digital Literasi . Dok. Pri.
Digital Literasi . Dok. Pri.

Literasi sabtu. Dok. Pri.
Literasi sabtu. Dok. Pri.

Presentasi dan Berbagi Tujuan Program Sekolah. Dok. Pri.
Presentasi dan Berbagi Tujuan Program Sekolah. Dok. Pri.

Dok. Pri
Dok. Pri

Dok. Pri.
Dok. Pri.

Dok. Pri
Dok. Pri

Presentasi Program. Dok. Pri.
Presentasi Program. Dok. Pri.

Presentasi Tujuan Program. dok.pri.
Presentasi Tujuan Program. dok.pri.

Presentasi Literasi Sabtu. Dok.pri.
Presentasi Literasi Sabtu. Dok.pri.

MENYUSUN RENCANA PROGRAM SEKOLAH ( 90')

CGP menyusun rencana dengan menggunakan power point maksimal 9 slide  bagaimana agar tujuan tercapai. Ini adalah tahapan dari J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada tahapan BAGJA. Tahapan ini sangat menarik dan menantang karena Calon Guru Penggerak membuat rencana program atau kegiatan yang komprehensif untuk waktu satu tahun ke depan. 

Dengan bantuan slide, Pengajar Praktik  menjelaskan komponen- komponen pada rencana program.

   1. Judul Program atau Kegiatan Judul Program/Kegiatan 

  2. Latar Belakang tentang konsep-konsep yang mendasari dan mempromosikan 

      suara, pilihan dan kepemilikan murid  sesuai karakteristik  dan aset sekolah,

      kesenjangan / kebutuhan di lapangan melalui survey/ interview dengan siswa.

3. Tujuan Program  harus secara jelas menyatakan visi dan tujuan dari 

     program/kegiatan yang dilakukan.

4. Capaian, Langkah. 

5. Struktur Program dan Mitra

6. Pernyataan tentang kapasitas yang dimiliki kelas/ sekolah  seperti sumber daya

    yang dimiliki sekolah yang dapat digunakan dalam mencapai program tersebut

      dengan implementasikan asset-based thinking.

 7.  Rencana Evaluasi yang akan dilakukan. Misalnya wawancara/survey/refleksi 

      murid, dsb.

 8.  Kemungkinan Tantangan. CGP mengaitkan proses pengambilan keputusan dibuat 

      saat  mencoba mencari solusi atas tantangan tersebut yang sudah dipelajari  

      dalam modul 3.1.

Membuat rencana program sekolah yang berdampak positif pada siswa  tidak harus selesai saat itu juga namun bisa dilanjutkan di lain waktu yang nantinya akan diupload ke LMS dan di print ukuran A3 untuk dipamerkan pada lokakarya 7.

Membuat Rencana Program Sekolah yang Berdampak Positif pada Siswa. dok.pri.
Membuat Rencana Program Sekolah yang Berdampak Positif pada Siswa. dok.pri.

Sharing n caring 
Sharing n caring 

sharing n caring 
sharing n caring 

Saling memberi masukan. dok.pri.
Saling memberi masukan. dok.pri.

DIMANA SAYA SEKARANG?

Pada sesi ini PP kembali mengajak CGP flashback tentang  kompetensi diri sebagai guru penggerak   saat pendampingan individu 3 dan 6 tentang survey umpan balik 360 dari diri sendiri, kepala sekolah, 5 rekan sejawat, dan 5 siswa. Calon Guru Penggerak  dapat merefleksikan   kompetensi apa  yang menjadi kekuatan dan kompetensi apa yang perlu dikuatkan dengan waktu 20 menit.

Identifikasi Kekuatan Diri. dok.pri.
Identifikasi Kekuatan Diri. dok.pri.

Identifikasi Kekuatan Diri
Identifikasi Kekuatan Diri

BERBAGI CERITA POSISI DIRI (15') 

Pengajar Praktik meminta peserta untuk saling berbagi secara berpasangan kekuatan diri dan kompetensi yang perlu dikuatkan untuk mendukung program sekolah masing masing untuk saling menceritakan hasil posisi diri yang sudah dituliskan tadi. Masing-masing diberi waktu 5 menit

AMBIL PELAJARAN, LAKUKAN PERBAIKAN! ( 45')

Sebuah pepatah mengatakan bahwa guru yang baik adalah pengalaman.  Dari pengalaman tersebut ada pembelajaran  yang kita dapati. Jika kita belajar dari pengalaman, maka pengalaman akan menjadi bermakna. Oleh karena itu memaknai pengalaman kita dengan refleksi diri agar pengalaman tersebut  dapat menjadi  guru yang terbaik

Pengajar Praktik menjelaskan sesi berikutnya adalah "Ambil pelajaran dan dan lakukan perbaikan. Sebelum  menyusun rencana penguatan kompetensi diri, berdiskusi dan merefleksikan pembelajaran,  PP dengan bantuan slide menjelaskan siklus terkait Rencana, Aksi dan Refleksi.

Siklus Rencana, Aksi, Refleksi.
Siklus Rencana, Aksi, Refleksi.

Siklus ini menggambarkan proses yang terus menerus: 

a. Rencana adalah langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian 

    diwujudkan dalam aksi.

b. Aksi: Bergerak atau tindakan melakukan sesuatu

c. Refleksi (Ambil pelajaran): proses merenungkan dan memetik pembelajaran 

    terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa 

    yang akan datang.

 

Proses refleksi penting untuk  membuat rencana dan menerapkan aksi yang lebih baik lagi. Merenungkan apa yang sudah berjalan dengan baik, merenungkan apa yang perlu ditingkatkan, merencanakan kembali perbaikan apa yang dapat dilakukan agar terjadi perbaikan pada masa yang akan datang

Setelah menjelaskan, PP membagikan spidol dan sticky note untuk merefleksikan pada masing-masing pleno yang sudah disiapkan di dinding.

Dok.Pri
Dok.Pri

Dok Pri
Dok Pri

Dok.Pri. 
Dok.Pri. 

RENCANA PENGUATAN KOMPETENSI DIRI (60')

Sebelumnya CGP  sudah memetakan posisi diri dan kompetensi yang masih perlu dikuatkan untuk mendukung tercapainya rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid. PP memberikan waktu 50 menit dalam  menyusun rencana penguatan kompetensi diri CGP untuk mendukung tercapainya program sekolah. Sebelumnya PP telah mengingatkan CGP untuk membawa rencana penguatan diri pada saat lokakarya orientasi. Dalam menyusun rencana penguatan kompetensi Calon Guru Penggerak dapat berdiskusi saling memberi masukkan satu sama lain. 

LK Rencana Penguatan Kompetensi Diri salah satu Calon Guru Penggerak 

LK Rencana Penguatan Kompetensi Diri salah satu Calon Guru Penggerak. Dok Pri. 
LK Rencana Penguatan Kompetensi Diri salah satu Calon Guru Penggerak. Dok Pri. 

TINDAK LANJUT DAN PENUTUP ( 30')

Setiap peserta menulis 1 kata kunci hari ini saya sudah belajar...

Setelah membaca masing-masing kata kunci Calon Guru Penggerak, PP memilih  dua  orang  perwakilan dari kelompok PP. Dari kelompok PP Bu Reni yaitu Pak Yafi menjelaskan kata kunci dari pembelajaran yang didapat hari ini adalah 'Ikhlas"  Artinya pada hari ini Pak Yafi ikhlas meninggalkan keluarganya, istrinya yang sedang hamil besar untuk mengikuti lokakarya 6 dimana sebagai calon guru penggerak yang merupakan role model bagi rekan-rekan sejawatnya dalam mengembangpan potensi diri dan orang lain harus selalu belajar menambah wawasan demi mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Sedangkan perwakilan CGP dari saya yaitu Bu Sisca menjelaskan maksud dari kata kunci hari ini saya belajar perubahan adalah Bu Sisca selalu berusaha melakukan perubahan dari kompetensi  guru penggerak yang sebelumnya harus dikuatkan menjadi lebih kuat. 

dokpri
dokpri

KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT (10 ')

Pengajar Praktik kemudian menyampaikan tindak lanjut untuk lokakarya ketujuh yaitu: 

1. Melengkapi rencana program sekolah dalam bentuk power point maksimal sembilan slide dan dicetak ukuran A3 (satu kertas

    ukuran A3 berisi 9 slide) dan  akan digunakan untuk pameran hasil program di lokakarya tujuh. 

2. Foto/poster salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan dan yang paling berkesan.

3. Tiap satu kelompok Pengajar Praktik (berisi 5  calon guru penggerak) pilih 1 orang 

    CGP untuk berbagi pada lokakarya tujuh. 

Akhir kegiatan PP memberikan penguatan bahwa selesai mengikuti Pendidikan Guru Penggerak bukanlah akhir dari belajar melainkan keberlanjutan dari pembelajaran yaitu melakukan siklus yang berulang dalam suatu  rencana, aksi,  dan refleksi untuk hasil yang lebih baik lagi. 

PP meminta CGP untuk memberikan penilaian pada LMS sebagai refleksi diri untuk belajar lebih baik lagi. Selanjutnya kami foto bersama.

Seperti biasa PP berpantun ria untuk mengakhiri pembelajaran hari ini. 

Jika ada jarum yang patah 

Janganlah disimpan di dalam peti

Jika ada salah kata

Janganlah disimpan di dalam hati.

Salam sejahtera buat kita semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun