Mohon tunggu...
romadhona diah
romadhona diah Mohon Tunggu... Guru - pencinta alam

Menulis itu bagaikan mengukir pada batu prasasti versi soft file.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Catatan Pengajar Praktik Lokakarya 3

28 November 2023   23:11 Diperbarui: 28 November 2023   23:36 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ikan asin sambel terasi

Makannya di pinggir sawah

Pembelajaran berdiferensiasi

Memenuhi kebutuhan siswa

Salam hangat dari pengajar Praktik angkatan 9 Tangsel. Kembali saya berbagi cerita tentang aktivitas lokakarya kelas A  Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 Tangsel.  Adapun temanya adalah  Peran Pemimpin dalam Pembelajaran. Dimana CGP mempraktikkan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosi. 

Sebagai bangsa yang mencintai dan menghormati negaranya sebelum memulai kegiatan, kami menyanyikan lagu ” Indonesia Raya” dan “Mars Guru Penggerak”. Dalam pembelajaran berdiferensiasi tentunya guru kreatif merancang pembelajaran  agar pembelajaran tersebut menyenangkan dan mengundang siswa untuk belajar sesuai  salah satu baris yang ada pada syair di dalam lagu ini.

Mars Guru Penggerak

Bulatkan tekad kuatkan hati

Negri ini memanggilmu kawan

Belajar bergerak berbagi untuk negri

Guru penggerak majukan pendidikan

Guru penggerak menghamba pada murid

Kreatif rancang pembelajaran

Hargai potensi tingkatkan prestasi

Lahirkan profil pelajar Pancasila

Belajar bergerak berbagi untuk negeri

Kita menjalin kolaborasi

Belajar bergerak berbagi untuk negeri

Demi bakti pada Ibu Pertiwi

Setelah menyanyikan kedua lagu tersebut Pengajar Praktik menyampaikan tujuan kegiatan lokakarya ketiga . Adapun tujuan  adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Indikator keberhasilan dari kegiatan lokakarya 3 adalah jika CGP dapat :

1.  CGP dapat merefleksikan dari  mempraktikkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai pemahamannya.

2.  CGP dapat merefleksikan  dari praktik mindfulness dan integrasi 5 KSE dalam praktik mengajar.

3.  CGP dapat melakukan strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan

 kompetensi sosial emosional.

Kegiatan Lokakarya 3 dilaksanakan di YPK Ora et Labora BSD dan kelas A masih dengan 2 PP yang sama yaitu saya dan bu Reni. Kali ini kehadiran CGP tidak seluruhnya hadir karena  satu orang CGP berhalangan hadir. Kelas yang seharusnya dihadiri 10 CGP terasa ada yang kurang jika 1 tidak hadir  karena masing-masing CGP mempunyai potensi dalam menghidupkan suasana kelas. .Namun ketidakhadiran salah satu rekan  CGP tidaklah mengurangi semangat dan keseruan kelas A pada lokakarya 3 ini.  Pada lokakarya  3 peserta yang hadir adalah Bu Roro dari SMP , Bu Iyan dari SDN, Bu Tri dari SDK, Bu Zahra dan  Bu Julia dari SKH, Pak Helmi dari SMK, Pak Ayman dari SMP, Bu Sisca darin SDN, dan Pak Arif dari SMPN. 

Pelaksanaan lokakarya 3 kelas A yang difasilitasi oleh 2 Pengajar Praktik  yaitu Romadhona dan Reni Setiati, dilaksanakan di YPK Ora et Labora BSD pada hari Sabtu, 18 November 2023 . Kegiatan ini dimulai pukul 8.00  s/d 15.00 WIB.

Berikut aktivitas Lokakarya 3. 

1.  PEMBUKAAN

     Saat pembukaan kami menyapa hangat CGP, berdoa, dan melakukan ice breaking berupa tepuk lingkaran.  Selama 15 menit 

     kemudian membacakan penjelasan tujuan & kesepakatan belajar melalui ppt.

 2. SIMULASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

     Kami menjelaskan aturan simulasi dengan pembagian peran guru, observer, dan murid. Simulasi pembelajaran berdiferensiasi 

     dilakukan oleh bu Zahra dari SBK dan Pak Arif untuk jenjang SMP yang mengajarkan matematika. Dari dua praktik simulasi

     pembelajaran berdiferensiasi dengan jenjang yang berbeda memberikan gambaran dan pembelajaran  tentang berdiferensiasi

    sesuai pemahaman masing-masing. Selanjutnya PP melakukan  refleksi terbimbing hasil simulasi mengajar dan penerapan

    pembelajaran berdiferensiasi dengan membuat lingkaran dan 4 kata dari pernyataan ternyata pembelajaran berdiferensiasi

    itu….Masing-masing CGP membuat kalimat dengan 4 kata.

dokpri
dokpri

 3.  ISTIRAHAT

      Coffee break selama 15 menit.

 4.  MINDFULNESS DAN REFLEKSI

     PP mencontohkan terlebih dahulu mindfulness teknik STOP dilanjutkan oleh CGP secara bergantian mulai dari mindfulness STOP,

     mindfull seeing, dan mindfull listening. CGP mempraktikkan baik di dalam kelas kelas dengan kondisi kelas yang nyaman, ber ac,

    tersedia infocus, sound, dan di luar kelas dengan kondisi banyak terdengar suara kendaraan, tidak ber ac seolah-olah sedang di

    berada di lingkungan sekolah yang sarananya terbatas. Di luar kelas CGP mempraktikkan mindful listening dan seeing.

    Praktik mindful listening

    Praktik mindful listening 2

    Refleksi mindfulness

    Refleksi mindfulness bu Sisca

5. PRAKTIK INTEGRASI 5 KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN

     CGP melakukan kerja kelompok membuat RPP dengan integrasi kompetensi sosial 

     Emosional. Setelah berdiskusi salah satu perwakilan dari kelompok melakukan  

     simulasi pembelajaran berdiferensiasi dan KSE. CGP yang melakukan simulasi

    adalah bu Roro dari SMP dan Bu Sisca dari SD. Sedangkan observernya pak

     Helmi dan bu Lia.

     Selesai simulasi dan penilaian observer, PP melakukan refleksi dengan membuat 4 kata tentang pembelajaran berdiferensiasi dan 

     KSE dan didokumentasikan ke dalam  sticky note.

6.  MERANCANG STRATEGI BERBAGI PENGALAMAN BELAJAR DENGAN REKAN SEJAWAT

     CGP merancang strategi berbagi pengalaman belajar dengan membuat mapping dan salah satu kelompok mempresentasikan ke

     depan. CGP yang mempresentasikan strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat adalah pak Helmi, bu Iyan, dan

     Sisca.

 7.  PENUTUP

      Pada sesi ini sebelumnya CGP melakukan refleksi dengan menjawab 3 pertanyaan terkait pembelajaran hari ini baik perasaan,  hal

      yang didapati dan rencana ke depannya. PP melakukan penguatan tentang keterkaitan pembelajaran berdiferensiasi dengan SNP

     dan aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran berdiferensiasi, serta  mengucapkan banyak terima kasih atas sharing,

     antusias dan keaktifan CGP pada lokakarya 3.

Burung pelikan berteman  itik

dan si cantik Cendrawasih

Demikian catatan Pengajar Praktik

Sampai jumpa terima kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun