Ikan asin sambel terasi
Makannya di pinggir sawah
Pembelajaran berdiferensiasi
Memenuhi kebutuhan siswa
Salam hangat dari pengajar Praktik angkatan 9 Tangsel. Kembali saya berbagi cerita tentang aktivitas lokakarya kelas A Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 Tangsel. Adapun temanya adalah Peran Pemimpin dalam Pembelajaran. Dimana CGP mempraktikkan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosi.
Sebagai bangsa yang mencintai dan menghormati negaranya sebelum memulai kegiatan, kami menyanyikan lagu ” Indonesia Raya” dan “Mars Guru Penggerak”. Dalam pembelajaran berdiferensiasi tentunya guru kreatif merancang pembelajaran agar pembelajaran tersebut menyenangkan dan mengundang siswa untuk belajar sesuai salah satu baris yang ada pada syair di dalam lagu ini.
Mars Guru Penggerak
Bulatkan tekad kuatkan hati
Negri ini memanggilmu kawan
Belajar bergerak berbagi untuk negri
Guru penggerak majukan pendidikan
Guru penggerak menghamba pada murid
Kreatif rancang pembelajaran
Hargai potensi tingkatkan prestasi
Lahirkan profil pelajar Pancasila
Belajar bergerak berbagi untuk negeri
Kita menjalin kolaborasi
Belajar bergerak berbagi untuk negeri
Demi bakti pada Ibu Pertiwi
Setelah menyanyikan kedua lagu tersebut Pengajar Praktik menyampaikan tujuan kegiatan lokakarya ketiga . Adapun tujuan adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
Indikator keberhasilan dari kegiatan lokakarya 3 adalah jika CGP dapat :
1. CGP dapat merefleksikan dari mempraktikkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai pemahamannya.
2. CGP dapat merefleksikan dari praktik mindfulness dan integrasi 5 KSE dalam praktik mengajar.
3. CGP dapat melakukan strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan
kompetensi sosial emosional.
Kegiatan Lokakarya 3 dilaksanakan di YPK Ora et Labora BSD dan kelas A masih dengan 2 PP yang sama yaitu saya dan bu Reni. Kali ini kehadiran CGP tidak seluruhnya hadir karena satu orang CGP berhalangan hadir. Kelas yang seharusnya dihadiri 10 CGP terasa ada yang kurang jika 1 tidak hadir karena masing-masing CGP mempunyai potensi dalam menghidupkan suasana kelas. .Namun ketidakhadiran salah satu rekan CGP tidaklah mengurangi semangat dan keseruan kelas A pada lokakarya 3 ini. Pada lokakarya 3 peserta yang hadir adalah Bu Roro dari SMP , Bu Iyan dari SDN, Bu Tri dari SDK, Bu Zahra dan Bu Julia dari SKH, Pak Helmi dari SMK, Pak Ayman dari SMP, Bu Sisca darin SDN, dan Pak Arif dari SMPN.
Pelaksanaan lokakarya 3 kelas A yang difasilitasi oleh 2 Pengajar Praktik yaitu Romadhona dan Reni Setiati, dilaksanakan di YPK Ora et Labora BSD pada hari Sabtu, 18 November 2023 . Kegiatan ini dimulai pukul 8.00 s/d 15.00 WIB.
Berikut aktivitas Lokakarya 3.
1. PEMBUKAAN
Saat pembukaan kami menyapa hangat CGP, berdoa, dan melakukan ice breaking berupa tepuk lingkaran. Selama 15 menit
kemudian membacakan penjelasan tujuan & kesepakatan belajar melalui ppt.
2. SIMULASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Kami menjelaskan aturan simulasi dengan pembagian peran guru, observer, dan murid. Simulasi pembelajaran berdiferensiasi
dilakukan oleh bu Zahra dari SBK dan Pak Arif untuk jenjang SMP yang mengajarkan matematika. Dari dua praktik simulasi
pembelajaran berdiferensiasi dengan jenjang yang berbeda memberikan gambaran dan pembelajaran tentang berdiferensiasi
sesuai pemahaman masing-masing. Selanjutnya PP melakukan refleksi terbimbing hasil simulasi mengajar dan penerapan
pembelajaran berdiferensiasi dengan membuat lingkaran dan 4 kata dari pernyataan ternyata pembelajaran berdiferensiasi
itu….Masing-masing CGP membuat kalimat dengan 4 kata.
3. ISTIRAHAT
Coffee break selama 15 menit.
4. MINDFULNESS DAN REFLEKSI
PP mencontohkan terlebih dahulu mindfulness teknik STOP dilanjutkan oleh CGP secara bergantian mulai dari mindfulness STOP,
mindfull seeing, dan mindfull listening. CGP mempraktikkan baik di dalam kelas kelas dengan kondisi kelas yang nyaman, ber ac,
tersedia infocus, sound, dan di luar kelas dengan kondisi banyak terdengar suara kendaraan, tidak ber ac seolah-olah sedang di
berada di lingkungan sekolah yang sarananya terbatas. Di luar kelas CGP mempraktikkan mindful listening dan seeing.
5. PRAKTIK INTEGRASI 5 KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN
CGP melakukan kerja kelompok membuat RPP dengan integrasi kompetensi sosial
Emosional. Setelah berdiskusi salah satu perwakilan dari kelompok melakukan
simulasi pembelajaran berdiferensiasi dan KSE. CGP yang melakukan simulasi
adalah bu Roro dari SMP dan Bu Sisca dari SD. Sedangkan observernya pak
Helmi dan bu Lia.
Selesai simulasi dan penilaian observer, PP melakukan refleksi dengan membuat 4 kata tentang pembelajaran berdiferensiasi dan
KSE dan didokumentasikan ke dalam sticky note.
6. MERANCANG STRATEGI BERBAGI PENGALAMAN BELAJAR DENGAN REKAN SEJAWAT
CGP merancang strategi berbagi pengalaman belajar dengan membuat mapping dan salah satu kelompok mempresentasikan ke
depan. CGP yang mempresentasikan strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat adalah pak Helmi, bu Iyan, dan
Sisca.
7. PENUTUP
Pada sesi ini sebelumnya CGP melakukan refleksi dengan menjawab 3 pertanyaan terkait pembelajaran hari ini baik perasaan, hal
yang didapati dan rencana ke depannya. PP melakukan penguatan tentang keterkaitan pembelajaran berdiferensiasi dengan SNP
dan aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran berdiferensiasi, serta mengucapkan banyak terima kasih atas sharing,
antusias dan keaktifan CGP pada lokakarya 3.
Burung pelikan berteman itik
dan si cantik Cendrawasih
Demikian catatan Pengajar Praktik
Sampai jumpa terima kasih