Mohon tunggu...
roifanyusuf
roifanyusuf Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka baca-baca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Hukum Peraturan dalam kehidupan Sehari hari di Lingkungan SD

4 Januari 2025   12:57 Diperbarui: 4 Januari 2025   12:57 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama : Roifan Yusuf 

Judul : PENTINGNYA HUKUM PERATURAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGKAT SD

Pendahuluan

Hukum dan peraturan merupakan elemen yang mengatur berbagai kegiatan kehidupan manusia, termasuk dalam konteks pendidikan di lingkungan sekolah. Di tingkat Sekolah Dasar (SD), penerapan hukum dan peraturan memiliki peranan yang sangat penting, tidak hanya sebagai pedoman bagi siswa, tetapi juga sebagai instrumen untuk menciptakan suasana belajar yang aman, tertib, dan kondusif. Pada usia ini, anak-anak berada dalam fase perkembangan yang krusial, di mana mereka mulai belajar tentang norma, etika, dan tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan hukum serta peraturan di sekolah menjadi sangat penting.

Peraturan yang jelas dan tegas di sekolah membantu membentuk karakter dan disiplin siswa. Dengan adanya aturan yang mengatur perilaku, siswa diajarkan untuk menghormati hak orang lain,bersikap sopan santun,bertanggung jawab atas tindakan mereka, dan memahami konsekuensi dari setiap perilaku yang mereka tunjukkan. Misalnya, peraturan mengenai tata tertib di kelas, seperti larangan berisik saat guru mengajar atau kewajiban untuk mengerjakan tugas tepat waktu, tidak hanya mendidik siswa untuk patuh, tetapi juga mengajarkan mereka tentang pentingnya kerja sama dan saling menghargai dalam lingkungan belajar.

Selain itu, hukum dan peraturan di sekolah juga berfungsi sebagai alat untuk mencegah terjadinya perselisihan. Dengan adanya pedoman yang jelas, siswa dapat memahami batasan-batasan yang ada, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya pelanggaran yang dapat mengganggu proses belajar mengajar. Misalnya, peraturan mengenai larangan bullying dan tindakan kekerasan lainnya sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi semua siswa. Ketika siswa merasa aman, mereka akan lebih fokus dalam belajar.

Lebih jauh lagi, penerapan hukum dan peraturan di sekolah juga melibatkan peran serta orang tua. Kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam menegakkan peraturan akan memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Ketika orang tua mendukung peraturan yang ada, anak-anak akan lebih memahami pentingnya disiplin dan tanggung jawab, baik di sekolah maupun di rumah. Hal ini menciptakan sinergi yang positif dalam mendidik generasi muda untuk menjadi individu yang bertanggung jawab dan beretika.

Pembahasan

Pentingnya hukum dan peraturan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah tingkat SD dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya adalah pembentukan karakter siswa. Di usia dini, anak-anak berada dalam fase perkembangan yang krusial, di mana mereka mulai belajar tentang nilai-nilai moral dan etika. Hukum dan peraturan yang diterapkan di sekolah berfungsi sebagai panduan bagi siswa untuk memahami pentingnya kejujuran, dan rasa hormat terhadap orang lain. Misalnya, peraturan yang melarang berbohong dan mencuri mengajarkan siswa untuk menghargai diri sendiri dan orang lain, serta memahami konsekuensi dari tindakan mereka. Dengan mematuhi peraturan tersebut, siswa tidak hanya belajar untuk berperilaku baik, tetapi juga membangun karakter yang kuat yang akan membekali mereka untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Selain itu, hukum dan peraturan di sekolah juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk belajar. Lingkungan sekolah yang aman sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar, dan peraturan yang jelas mengenai perilaku siswa, seperti larangan bullying dan kekerasan, membantu menciptakan suasana yang nyaman bagi semua siswa. Ketika siswa merasa aman, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Lingkungan yang aman juga mendorong interaksi positif antara siswa, sehingga membangun hubungan sosial yang sehat dan saling menghormati di antara mereka.

Peran orang tua juga sangat penting dalam mendukung penerapan hukum dan peraturan di sekolah. Kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam menegakkan peraturan akan memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Ketika orang tua mendukung peraturan yang ada, anak-anak akan lebih memahami pentingnya disiplin dan tanggung jawab, baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sekolah, seperti program pengawasan dan dukungan terhadap kegiatan ekstrakurikuler, dapat memperkuat lingkungan pendidikan yang positif dan mendukung perkembangan siswa.

Kesimpulan

 hukum dan peraturan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah tingkat SD. Penerapan hukum dan peraturan tidak hanya berfungsi sebagai pedoman bagi siswa, tetapi juga sebagai alat untuk membentuk karakter, menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, serta mengembangkan disiplin. Melalui pemahaman dan penerapan peraturan, siswa belajar tentang nilai-nilai moral dan etika, serta pentingnya tanggung jawab dan saling menghormati. Selain itu, dukungan dari orang tua dan masyarakat sangat krusial dalam menegakkan peraturan yang ada, sehingga menciptakan sinergi yang positif dalam pendidikan. Dengan demikian, pendidikan yang menekankan pada hukum dan peraturan di tingkat SD tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan, mempersiapkan generasi muda untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk terus mendukung dan menerapkan hukum serta peraturan yang ada di lingkungan sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan yang optimal.

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2009). Didaktik dan Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Supriyadi, D. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 45-56.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Sekretariat Negara.

Wibowo, A. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun