Mohon tunggu...
Warisan Literasi Mama
Warisan Literasi Mama Mohon Tunggu... Freelancer - Meneruskan Warisan Budaya Literasi dan Intelektual Almarhumah Mama Rohmah Tercinta

Mama Rohmah Sugiarti adalah ex-writerpreneure, freelance writer, communications consultant, yogini, dan seorang ibu yang sholehah dan terbaik bagi kami anak-anaknya. Semoga Mama selalu disayang Allah. Alfatihah.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Puisi Pamflet Butet di Puncak Peringatan Bulan Bung Karno, Semua Kena?

25 Juni 2023   00:59 Diperbarui: 25 Juni 2023   18:17 762
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Megawati Soekarnoputri bersama dengan musisi Sri Krishna Encik dan Butet Kartaredjasa - Sumber Foto: dokumentasi PDIP

Puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) dirayakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat dengan meriah. Tentu saja karena ini merupakan tahun politik terutama menjelang digelarnya pesta demokrasi Pemilu 2024, maka acara yang seharusnya bernuansa nasionalis ini pun tak luput dari kepentingan kampanye politik. 

Dukungan terhadap bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP yaitu Ganjar Pranowo digaungkan dengan lantang. Tidak hanya dalam orasi politik saja, melainkan juga dalam hiburan-hiburan yang sajikan. Sebut saja seniman Sri Krishna Encik yang tampil membawakan lagu "Ganjar Siji Ganjar Kabeh". Yang menarik adalah sebelum Sri Krishna tampil, budayawan Bambang Ekoloyo Butet Kartaredjasa didaulat untuk membacakan puisinya terlebih dahulu. Puisi budayawan yang akrab dipanggil Butet ini pun segera viral menjadi pembicaraan khalayak. 

Pasalnya Butet yang terkenal kritis terhadap pemerintahan khususnya di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, tiba-tiba dianggap vulgar dan tendensius. Secara terang-terangan puisi Butet berisi nyinyiran terhadap bacapres yang diprediksi akan berlaga pada Pilpres 2024 mendatang.

"Di sini semangat meneruskan, di sana maunya perubahan. Oh begitulah sebuah persaingan," ujar Butet membacakan puisinya yang menggambarkan persaingan antara bacapres dari kalangan pro pemerintahan dan bacapres dari oposisi dan pesaingnya.

Tanpa canggung Butet mengadopsi diksi-diksi olok-olok yang sering dijadikan bahan nyinyiran antara para influencer di sosial media. Misalnya permasalahan perdebatan sengit mengenai banjir dimana satu kelompok menyebutkan sebagai sekedar 'air yang parkir'.

"Di sini nyebutnya banjir, di sana nyebutnya air yang markir. Ya begitulah kalau otaknya pandir," lanjut Butet membacakan puisinya.

Lebih tendensius lagi Butet tak segan untuk mengangkat perdebatan dua kubu lebih aktual seperti permasalahan tuduhan penjegalan yang melibatkan peran KPK.

"Pepes ikan dengan sambel terong, semakin nikmat tambah daging empal. Orangnya diteropong KPK karena nyolong, eh lha, kok koar-koar mau dijegal," baca Butet.

Jika bait-bait di atas ditafsirkan oleh banyak kalangan sebagai sindiran Butet untuk Anies Baswedan saja, Butet pun juga membidik bacapres yang lainnya. Secara terang-terangan Butet juga memaparkan ciri-ciri capres pilihan Jokowi sekaligus mengkontradiksikan dengan jejak sejarah bakal lawannya yang sekaligus lawannya di Pilpres kemarin.  

"Jagoan Pak Jokowi rambutnya putih, gigih bekerja sampai jungkir balik. Hati seluruh rakyat Indonesia pasti akan sedih jika kelak ada presiden hobinya kok menculik," baca Butet dengan rima.

Banyak kalangan menyayangkan keberpihakan Butet pada puisi pamfletnya tersebut. Namun, apakah benar dalam puisi itu Butet secara terang-terangan telah berpihak kepada bacapres dari golongan yang memiliki hajat pada pergelaran Bulan Bung Karno tersebut?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun