Mohon tunggu...
Rohmadi Rohmadi
Rohmadi Rohmadi Mohon Tunggu... Guru - Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Saya merupakan salah satu guru yang mengajar di intansi SMPN 11 OKU tepatnya di Desa karya Jaya Kecamatan Sinar Peninjauan Kaabupaten Ogan Komering Ulu . saya memegang materi Pendidikan Agama islam saya sangat senang dengan tantangan baru seperti dalam penggunaan IT dan selalu mencoba agar dapat menggunakannya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Hasil belajar Siswa Melalui Media Visual Pada Materi Iman kepala Malaikat

20 Januari 2025   08:30 Diperbarui: 19 Januari 2025   08:13 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL PADA MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT

Introduction

Pendidikan  merupakan pilar utama dalam  membangun karakter dan kualitas generasi muda. Di dalam proses belajar mengajar, keberhasilan pembelajaran tidak hanya bergantung pada kemampuan siswa dalam memahami materi, tetapi juga pada metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu tantangan utama dalam pendidikan adalah rendahnya hasil belajar siswa, yang seringkali disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dan tidak interaktif.

Di SMPN 11 OKU, hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kelas VII mengalami kesulitan dalam memahami materi Fungsi Iman kepada Malaikat dalam Aktivitas Kehidupan. Sebagian besar siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran menjadi faktor utama yang memengaruhi hasil belajar mereka. Materi ini penting karena berfungsi sebagai dasar pembentukan keimanan dan akhlak siswa, yang seharusnya tidak hanya dipahami secara teoritis, tetapi juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu solusi yang diyakini efektif untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan media visual. Media visual, seperti gambar, infografis, dan video, mampu membuat materi lebih konkret, menarik, dan mudah dipahami. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep abstrak. Dalam konteks pendidikan agama Islam, penggunaan media visual memungkinkan siswa untuk lebih mudah mengaitkan materi pembelajaran dengan aktivitas sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fungsi Iman kepada Malaikat melalui penggunaan media visual. Diharapkan, metode ini dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 11 OKU, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Method

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 11 OKU sebanyak 28 orang. Penelitian berlangsung selama satu bulan, dari 21 Desember 2024 hingga 23 Januari 2025. Tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Pada tahap perencanaan, guru menyusun rencana pembelajaran menggunakan media visual, seperti gambar, infografis, dan video yang relevan dengan materi. Guru juga menyiapkan instrumen penelitian, termasuk lembar observasi dan tes evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, media visual digunakan untuk menjelaskan materi dan melibatkan siswa dalam diskusi kelompok. Observasi dilakukan untuk mengamati keterlibatan siswa selama pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk membandingkan hasil belajar antara siklus pertama dan kedua.

Results and Discussion

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fungsi Iman kepada Malaikat. Berikut adalah temuan utama dari penelitian ini:

  1. Siklus I Pada siklus pertama, ketuntasan belajar siswa mencapai 82%, dengan rata-rata nilai 76,59. Media visual dasar seperti gambar dan infografis membantu siswa lebih mudah memahami materi. Observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias saat menggunakan media visual dibandingkan metode ceramah konvensional. Namun, terdapat lima siswa yang belum mencapai KKM (nilai minimal 70). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun media visual efektif, masih diperlukan upaya tambahan untuk meningkatkan pemahaman seluruh siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun