Mohon tunggu...
Robert Leonel
Robert Leonel Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Pelajar SMA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Game Online terhadap Kesehatan Remaja SMA Assisi Samarinda

21 Oktober 2024   10:18 Diperbarui: 21 Oktober 2024   10:18 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.1 Penelitian Terdahulu
     Untuk Mengetahui apakah penelitian sudah dilakukan sebelumnya atau tidak

1.2 Latar Belakang
      Dalam beberapa tahun terakhir, game online telah menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer di kalangan remaja, termasuk di kalangan siswa SMA Assisi Samarinda.
      Fenomena ini memunculkan berbagai perdebatan mengenai dampak positif dan negatif dari game online terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial remaja.

1.3 Rumusan Masalah


1. Bagaimana pengaruh game online      terhadap kesehatan mental remaja di SMA Assisi Samarinda?

1.4 Pertanyaan Penelitian

* Bagaimana pengaruh durasi bermain game online terhadap kesehatan mental remaja di SMA Assisi Samarinda?

* Apakah terdapat hubungan antara jenis game yang dimainkan dan tingkat kecemasan atau depresi siswa?

* Bagaimana pengaruh game online terhadap kualitas interaksi sosial di kalangan siswa SMA Assisi Samarinda?

1.5 Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan
* Untuk mengetahui dampak penggunaan game online terhadap kesehatan remaja SMA Assisi Samarinda

Manfaat
* Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui cara membagi waktu penggunaan game online yang baik dengan tidak memberikan dampak negatif

1.6 Landasan Teori
*Dampak dari bermain game online yang berlebihan

1.7 Hipotesis
Hipotesis Utama:
* H1: Terdapat pengaruh signifikan antara waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dan kesehatan mental remaja di SMA Assisi Samarinda. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain, semakin tinggi tingkat kecemasan dan depresi.

Hipotesis Sub-Kategori:
* H2: Remaja yang bermain game online secara moderat memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bermain secara berlebihan.

Hipotesis Negatif:
* H3: Terdapat pengaruh negatif antara penggunaan game online yang berlebihan dengan kualitas tidur remaja, yang dapat mengakibatkan penurunan produktivitas akademis.

1.8 Metode Penelitian
       Metode penelitian yang saya pilih adalah dengan membuat kuisoner tentang game online dan melakukan wawancara kepada siswa tentang dampaknya game online

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun