Mohon tunggu...
Rizal Febrian Nur Arizal
Rizal Febrian Nur Arizal Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Saya adalah Ultramen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model PBL dan Media Papan Bilangan Pecahan Kelas III

23 September 2024   14:49 Diperbarui: 23 September 2024   14:54 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kata Pengantar

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang fundamental dalam pendidikan. Kemampuan berhitung dan memahami konsep matematika sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk menyelesaikan masalah sederhana maupun kompleks. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika, terutama pada konsep-konsep abstrak seperti pecahan.

Tantangan dalam Pembelajaran Matematika

  • Konsep Abstrak: Konsep pecahan merupakan salah satu konsep yang cukup abstrak bagi siswa kelas III. Mereka perlu memahami bagian-bagian dari keseluruhan, perbandingan, dan representasi visual dari pecahan.
  • Metode Pembelajaran Konvensional: Metode pembelajaran konvensional yang terlalu terpusat pada guru seringkali membuat siswa menjadi pasif dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
  • Motivasi Belajar: Rendahnya motivasi belajar matematika dapat menghambat pencapaian hasil belajar yang optimal

Model PBL dan Media Papan Bilangan Pecahan sebagai Solusi

Model Problem Based Learning (PBL)

Model PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa diajak untuk belajar melalui pemecahan masalah yang autentik dan relevan dengan kehidupan mereka. Dalam model PBL, siswa akan:

  • Mengidentifikasi masalah: Siswa diajak untuk mengidentifikasi masalah yang terkait dengan konsep pecahan.
  • Menganalisis masalah: Siswa menganalisis masalah secara mendalam untuk menemukan informasi yang relevan.
  • Merancang solusi: Siswa bekerja sama dalam merancang solusi untuk masalah tersebut.
  • Menguji solusi: Siswa menguji solusi yang telah dirancang dan melakukan refleksi.

Media Papan Bilangan Pecahan

Media papan bilangan pecahan merupakan alat peraga yang sangat efektif untuk membantu siswa memahami konsep pecahan secara visual. Dengan menggunakan media ini, siswa dapat:

  • Memvisualisasikan pecahan: Siswa dapat melihat secara langsung bagaimana bagian-bagian dari keseluruhan membentuk pecahan.
  • Membandingkan pecahan: Siswa dapat membandingkan ukuran pecahan yang berbeda.
  • Melakukan operasi hitung pecahan: Siswa dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan secara konkret.

Kombinasi PBL dan Media Papan Bilangan Pecahan

Dengan menggabungkan model PBL dan media papan bilangan pecahan, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III, khususnya pada materi pecahan. Kombinasi ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Meningkatkan motivasi belajar: Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar karena terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan merasa bahwa materi yang dipelajari relevan dengan kehidupan mereka.
  • Memperkuat pemahaman konsep: Melalui pemecahan masalah dan penggunaan media visual, siswa akan lebih memahami konsep pecahan secara mendalam.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah: Siswa dilatih untuk berpikir kritis dalam menganalisis masalah dan merancang solusi.
  • Memfasilitasi pembelajaran kooperatif: Siswa belajar untuk bekerja sama dengan teman sebayanya dalam memecahkan masalah.

kendala

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun