Mohon tunggu...
Riza Jauhariyah
Riza Jauhariyah Mohon Tunggu... Guru - Guru di TKM NU 6 Roudlotut Tholibin

Hobi saya membuat kue, menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

LK 3.1 Best Practice dan RTL

11 Desember 2022   13:46 Diperbarui: 11 Desember 2022   14:32 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Nama             : Riza Jauhariyah

No UKG         : 201901105308

NIM                 : 2200103922020007

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran PPL Sit in 4

Lokasi : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN TANGGULREJO -- MANYAR - GRESIK

Lingkup Pendidikan : PAUD

Kelompok : B (5-6 Tahun)

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan kemampuan mengurutkan pola warna ABCD  melalui  kegiatan bermain maze pola

Penulis : Riza Jauhariyah, S.Pd

Tanggal : 22 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini : 

Kondisi yang menjadi Latar Belakang :

  • Kurangnya kemampuan anak dalam mengurutkan pola warna abcd kelompok B. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kemampuan numerasi pada anak kelompok B, dari 14 anak  di kelas, 8 anak  yang masih kesulitan mengurutkan pola warna ABCD. Dengan kata lain hanya 42 % anak yang sudah memiliki kemampuan mengurutkan pola. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengurutkan pola warna ABCD yaitu menggunakan media maze pola
  • Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi

Praktik ini penting dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran :

  • Media dan alat/ bahan pembelajaran lebih inovatif tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik. Media maze pola sangat menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran tidak membosankan.

    • Dengan menggunakan media maze pola anak dapat mengurutkan pola warna (merah, kuning,hijau,biru)ABCD
  • Metode demonstrasi  dan metode pemberian tugas sehingga pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan

Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :

  • Berdiskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai modul ajar  yang dibuat agar lebih baik
  • Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
  • Mencari berbagai referensi, baik media maupun metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah
  • Membuat kegiatan pembelajaran yang bervariatif untuk menarik minat belajar anak
  • Tantangan : 

    Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, 

  • Tantangan :

    • Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan mampu menarik minat anak
    • Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran
    • Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat
  • Orang yang terlibat :

    • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
    • Guru sebagai fasilitator.
    • Kepala sekolah dan rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini
    • Anggota keluarga yang membantu dalam pengambilan video
  • Aksi : 

    Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah

  • Pemilihan media bahan alam yang dipilih sesuai dengan karakteristik anak
  • Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik terkait kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  • Menggunakan model dan metode pembelajaran inovatif

Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

  • Menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yang mengacu pada pendekatan sanintifik, TPACK dan HOTs
  • Melakukan pendekatan kepada peserta didik, sehingga mampu melibatkan peran aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
  • Memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (bermain sambil belajar)

Sumber daya :

  • Kemampuan TPACK guru dalam mengoperasikan LCD dan pemilihan video pembelajaran yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan pendahuluan
  • Bahan ajar dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi
  • Biaya yang digunakan untuk print out bahan ajar, pembuatan media maze pola, serta bahan yang digunakan untuk membuat siomay ikan bandeng
  • Dukungan dari kepala sekolah dan rekan-rekan sejawat

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :

Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengurutkan pola warna ABCD  di TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN TANGGULREJO.  Presentase keberhasilan meningkat  menjadi 92% dan 7 anak sudah terlihat kemunculan pencapaian pembelajarannya dan 1 anak yang belum terlihat kemunculan pencapaian pembelajarannya dikarenakan tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran.

Media maze pola ternyata efektif dalam mengatasi permasalahan numerasi anak dalam mengurutkan pola warna ABCD. Dengan cara bermain anak lebih mudah memahami materi. Selain itu, benda konkret yang digunakan untuk mengurutkan pola warna ABCD terbukti efektif daripada menggunakan LKA yang hanya memuat gambar-gambar. Keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada.

Adapun yang menjadi faktor keberhasilan adalah media maze pola yang saya gunakan ini menarik perhatian anak dalam kegiatan mengurutkan pola warna ABCD

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok B)

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.

Nama             : Riza Jauhariyah

Instansi         : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN

Prodi               : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Menyusun

RPP 4

 Jumat, 18

November 2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Pukul 10.00

Membuat Bahan Ajar

 Jumat, 18

November 2022

Dirumah

Guru

Pukul 10.00

Membuat Media

 Sabtu, 19

November 2022

Dirumah

Guru

Pukul 08.00

Membuat LKPD

 Jumat, 18

November 2022

Dirumah

Guru

Pukul 10.00

Membuat Instrumen Penilaian

 Jumat, 18

November 2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Pukul 10.00

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.

Nama             : Riza Jauhariyah

Instansi         : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN

Prodi               : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Pembuatan skenario video RPP 1

Senin, 21 Nopember

2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Pukul 11.00

Rekaman video

Selasa,  22 Nopember

2022

Di Sekolah

Guru dan teman sejawat

Pukul 07.30

Editing video

Rabu,23 Nopember

2022

Dirumah

Guru

Pukul 11.00

Finalisasi video

Kamis, 24 Nopember

2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Menyesuaikan

RTL-3 (Menyusun Best Practise)

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan

Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

Nama             : Riza Jauhariyah

Instansi         : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN

Prodi               : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Koordinasi persiapan Best Practise

Jumat, 25 Nopember

2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Pukul 11.00

Pelaksanaan Best Practise

Sabtu, 26 Nopember 2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Pukul 08.00

Pembuatan laporan Best Practise

Senin, 28 Nopember 2022

Dirumah

Guru, Guru Pamong dan Dosen

Pukul 11.00

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun