LK 3.1 Menyusun Best Practices
Nama       : Riza Jauhariyah
No UKG Â Â Â Â : 201901105308
NIM Â Â Â Â Â Â Â Â : 2200103922020007
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran PPL Sit in 4
Lokasi : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN TANGGULREJO -- MANYAR - GRESIK
Lingkup Pendidikan : PAUD
Kelompok : B (5-6 Tahun)
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan kemampuan mengurutkan pola warna ABCD  melalui  kegiatan bermain maze pola
Penulis : Riza Jauhariyah, S.Pd
Tanggal : 22 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini :Â
Kondisi yang menjadi Latar Belakang :
- Kurangnya kemampuan anak dalam mengurutkan pola warna abcd kelompok B. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kemampuan numerasi pada anak kelompok B, dari 14 anak  di kelas, 8 anak  yang masih kesulitan mengurutkan pola warna ABCD. Dengan kata lain hanya 42 % anak yang sudah memiliki kemampuan mengurutkan pola. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengurutkan pola warna ABCD yaitu menggunakan media maze pola
- Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi
Praktik ini penting dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran :
- Media dan alat/ bahan pembelajaran lebih inovatif tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik. Media maze pola sangat menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran tidak membosankan.
- Dengan menggunakan media maze pola anak dapat mengurutkan pola warna (merah, kuning,hijau,biru)ABCD
- Metode demonstrasi  dan metode pemberian tugas sehingga pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
- Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan
Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
- Berdiskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai modul ajar  yang dibuat agar lebih baik
- Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
- Mencari berbagai referensi, baik media maupun metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah
- Membuat kegiatan pembelajaran yang bervariatif untuk menarik minat belajar anak
- Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,Â
Tantangan :
- Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan mampu menarik minat anak
- Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran
- Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat
Orang yang terlibat :
- Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
- Guru sebagai fasilitator.
- Kepala sekolah dan rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini
- Anggota keluarga yang membantu dalam pengambilan video
- Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah
- Pemilihan media bahan alam yang dipilih sesuai dengan karakteristik anak
- Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik terkait kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
- Menggunakan model dan metode pembelajaran inovatif
Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:
- Menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yang mengacu pada pendekatan sanintifik, TPACK dan HOTs
- Melakukan pendekatan kepada peserta didik, sehingga mampu melibatkan peran aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
- Memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (bermain sambil belajar)
Sumber daya :
- Kemampuan TPACK guru dalam mengoperasikan LCD dan pemilihan video pembelajaran yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan pendahuluan
- Bahan ajar dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi
- Biaya yang digunakan untuk print out bahan ajar, pembuatan media maze pola, serta bahan yang digunakan untuk membuat siomay ikan bandeng
- Dukungan dari kepala sekolah dan rekan-rekan sejawat
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :
Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengurutkan pola warna ABCD  di TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN TANGGULREJO.  Presentase keberhasilan meningkat  menjadi 92% dan 7 anak sudah terlihat kemunculan pencapaian pembelajarannya dan 1 anak yang belum terlihat kemunculan pencapaian pembelajarannya dikarenakan tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran.
Media maze pola ternyata efektif dalam mengatasi permasalahan numerasi anak dalam mengurutkan pola warna ABCD. Dengan cara bermain anak lebih mudah memahami materi. Selain itu, benda konkret yang digunakan untuk mengurutkan pola warna ABCD terbukti efektif daripada menggunakan LKA yang hanya memuat gambar-gambar. Keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada.
Adapun yang menjadi faktor keberhasilan adalah media maze pola yang saya gunakan ini menarik perhatian anak dalam kegiatan mengurutkan pola warna ABCD
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok B)
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama       : Riza Jauhariyah
Instansi     : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN
Prodi        : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Menyusun
RPP 4
 Jumat, 18
November 2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Pukul 10.00
Membuat Bahan Ajar
 Jumat, 18
November 2022
Dirumah
Guru
Pukul 10.00
Membuat Media
 Sabtu, 19
November 2022
Dirumah
Guru
Pukul 08.00
Membuat LKPD
 Jumat, 18
November 2022
Dirumah
Guru
Pukul 10.00
Membuat Instrumen Penilaian
 Jumat, 18
November 2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Pukul 10.00
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama       : Riza Jauhariyah
Instansi     : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN
Prodi        : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Pembuatan skenario video RPP 1
Senin, 21 Nopember
2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Pukul 11.00
Rekaman video
Selasa, Â 22 Nopember
2022
Di Sekolah
Guru dan teman sejawat
Pukul 07.30
Editing video
Rabu,23 Nopember
2022
Dirumah
Guru
Pukul 11.00
Finalisasi video
Kamis, 24 Nopember
2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Menyesuaikan
RTL-3 (Menyusun Best Practise)
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan
Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.
Nama       : Riza Jauhariyah
Instansi     : TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN
Prodi        : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Koordinasi persiapan Best Practise
Jumat, 25 Nopember
2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Pukul 11.00
Pelaksanaan Best Practise
Sabtu, 26 Nopember 2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Pukul 08.00
Pembuatan laporan Best Practise
Senin, 28 Nopember 2022
Dirumah
Guru, Guru Pamong dan Dosen
Pukul 11.00
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H